Peran Brand Ambassador di Holywings untuk Meningkatkan Citra Perusahaan Holywings melalui Instagram @holywingsindonesia

Main Article Content

Jonathan Batubara
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Communication technology is growing every day and one that is growing very rapidly is new media such as social media. In its development, there are many innovations that are currently used, one of which is Instagram being used as a medium for modern business to market products, Holywings is one of the Brand that has used Instagram for this purpose. This study aims to determine the role of Brand ambassadors in improving Holywings' corporate image through their Instagram @holywingsindonesia. This research is A case study research using a qualitative descriptive approach that focuses on observing cases and understanding how the Holywings Brand ambassador and its content affect and improve the company's image through @holywingsindonesia. The results of the study show that Holywings Brand ambassadors have a central role in improving Holywings' corporate image through Instagram, for several reasons: (1) good marketing communication strategies; (2) fulfill all the ideal characteristics of a Brand ambassador, namely by prioritizing transparency, conformity of content to the target audience, increasing credibility, utilizing attractiveness, and utilizing power; (3) Holywings Brand ambassador also succeeded in taking a role in improving Holywings brand image through all dimensions of the company's without exception; also (4) increase positive brand associations.


Perkembangan zaman yang semakin modern cenderung mengarah kepada keadaan yang semakin maju dan pertumbuhan era digital yang sangat pesat. Teknologi komunikasi semakin berkembang setiap harinya dan salah satu yang berkembang dengan sangat pesat yaitu new media seperti media sosial. Dalam perkembangannya terdapat banyak inovasi yang digunakan saat ini salah satunya adalah Instagram dimanfaatkan sebagai media para pebisnis modern dalam memasarkan produk seperti halnya brand Holywings. Namun, ditengah persaingan bisnis yang semakin tinggi perusahaan bersaing dengan kekreatifan mereka dalam penggunaan new media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Brand ambassador dalam meningkatkan citra perusahaan Holywings melalui Instagram @holywingsindonesia. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berfokus deskripsi dan pengamatan bagaimana Brand ambassador Holywings dan kontennya berhasil memengaruhi serta meningkatkan citra perusahaan melalui @holywingsindonesia. Hasil penelitian menunjukan jika Brand ambassador Holywings memiliki peran sentral dalam meningkatkan citra perusahaan Holywings melalui Instagram, karena beberapa hal: (1) strategi komunikasi pemasaran yang baik; (2) memenuhi seluruh karakteristik ideal dari seorang Brand ambassador yaitu dengan mengedepankan transparansi, kesesuaian konten dengan target audiens, peningkatan kredibilitas, pemanfaatkan daya tarik, dan memanfaatkan power berupa charisma yang kuat; (3) brand ambassador Holywings berhasil mengambil peran dalam meningkatkan citra brand Holywings melalui seluruh dimensi citra brand.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Jonathan Batubara, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Administrasi, J. B., Idris, I., Sari, R. A., Akuntansi, P. S., Studi, P., Industri, T., & Costing, M. F. (2017). Kompetitor Menggunakan Metode Full Costing. 05, 54–59.

Fakhma, N. dan O. (2016). Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata di Malang Raya (Studi pada Admin Akun Instagram @instanusantaramalang). Skripsi, 1–41.

Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Prologia, 4(1), 147. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6456

Permatasari, N., & Trijayanto, D. (2017). Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram Motive of Existence in Hashtag Usage (#OOTD) in Sosial Media Instagram. Promedia, 2, 252–273.

Pustaka, K., Pemikiran, K., & Hipotesis, D. A. N. (n.d.). No Title 老师板书. 96.

Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 77–91. https://doi.org/10.26593/jab.v8i1.418.

Tenny, S., Brannan, G. D., Brannan, J. M., & Sharts-Hopko, N. C. (2020). Qualitative study. StatPearls Publishing.

Ulfa, R., & Marta, R. F. (2017). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Yayasan Nurul Ibad Jakarta Timur. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(02). https://doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.835