Peran Aplikasi Tiktok Sebagai Media Komunikasi Ekspresif Penyintas Covid- 19

Main Article Content

Verrell Valiant
Sinta Paramita

Abstract

The COVID-19 virus is sweeping the world and bringing a very big change to the survival of the community. The World Health Organization (WHO) announced that the COVID-19 Virus as a type of virus that spreads and is epidemic throughout the world because rapid spread. Communication is an instrument of social interaction used to know and predict the attitudes of others, as well as to knowing one's own existence in creating balance in the midst of society. Social media is a group of -based applications internet that is built on the ideological and technological foundations of Web 2.0 allows the creation of user-generated content exchange. If you browse social media, one of the social media that is currently trending is TikTok.  TikTok is a good influence during this pandemic. Public using the TikTok Application as a medium of expressive communication with create various kinds of content that is both entertaining and educate. People also use the TikTok application as a place spread information related to many things, especially COVID-19. This research aims to find out how the role of the TikTok application as a media expressive communication to COVID-19 survivors. This study uses qualitative approach with case study method. Data collection is carried out using in-depth interviews with two sources who have exposed to the COVID-19 virus and have the TikTok app and create content on the application. Research results show TikTok can improve expressive communication of the community and can also increase immunity to COVID-19 survivors.


Virus Covid-19 sedang melanda dunia dan membawa perubahan yang sangat besar terhadap keberlangsungan hidup masyarakat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa Virus COVID-19 ini sebagai jenis virus yang menyebar dan mewabah di seluruh dunia karena penyebarannya yang cepat. Komunikasi merupakan instrumen dari interaksi sosial yang digunakan untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain, serta untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan di tengahtengah masyarakat. Media sosial merupakan sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun diatas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 yang memungkinkan penciptaan pertukaran user-generated content. Jika menelusuri media sosial, salah satu media sosial yang sedang tren saat ini ialah TikTok. TikTok membawa pengaruh baik pada masa pandemi ini. Masyarakat menggunakan Aplikasi TikTok sebagai media sarana komunikasi ekspresif dengan menciptakan berbagai macam konten yang bersifat menghibur maupun mengedukasi. Masyarakat juga menggunakan aplikasi TikTok sebagai tempat menyebarkan informasi terkait banyak hal terutama Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran aplikasi TikTok sebagai media komunikasi ekspresif terhadap penyintas Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam dengan dua narasumber yang pernah terpapar virus Covid-19 dan memiliki aplikasi TikTok serta membuat konten pada aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan TikTok dapat meningkatkan komunikasi ekspresif masyarakat dan juga dapat meningkatkan imun terhadap penyintas Covid-19.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Verrell Valiant, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Cangara, Hafied. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. (2021). Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. Diambil darihttps://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

Katadata.co.id. (2021). COVID-19: Berita Update Virus COVID-19 Indonesia Terkini: Kasus Baru COVID-19 Bertambah 246, terbanyak dari Jabar Dan Jakarta. Berita Terkini Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Diambil darihttps://katadata.co.id/tags/Covid-19.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Cetakan Keduabelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmayanti, Intan. (2020). Pengguna Tiktok Di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y.