Pengaruh Webinar Mahadana Asta Berjangka terhadap Minat Masyarakat Bergabung di Bisnis Trading Internasional

Main Article Content

Gabrielle
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Webinars are seminar activities conducted online, using certain internet-based websites or applications. Interest is defined of liking or pleasure and being interested in an object or activity without orders from other people. Mahadana Asta Futures is including the oldest brokerage firms in Indonesia that has been certified by CoFTRA. In this era of the covid-19 pandemic, many people want to know about trading because during this pandemic, many people have their economy hampered. With that, Mahadana held a webinar through the Zoom application to meet the public's need for trading. This study uses a quantitative research approach with survey research methods using questionnaires as a method of collecting data distributed to respondents who are participants of the Zoom webinar. Based on resarchist research, it’s found that there is a big significant effect of the existence of the webinar on public interest in joining the international trading business.


Webinar adalah seminar yang biasanya dilakukan oleh sebagian orang menggunakan sebuah aplikasi yang rata-rata orang di Indonesia menggunakan aplikasi Zoom untuk medianya. Minat diartikan suka atau senang dan tertarik terhadap sebuah objek atau aktivitas tanpa perintah dari orang lain. Mahadana Asta Berjangka termasuk perusahaan pialang tertua di Indonesia yang telah mendapatkan legalitas oleh Bappebti. Pada era pandemi ini, tentunya para masyarakat yang ingin mengetahui tentang trading dikarenakan terhambatnya perekonomiannya masyarakat. Dengan itu pihak Mahadana menyelenggarakan webinar melalui aplikasi Zoom untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan trading. Penelitian ini peneliti teliti dengan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei menggunakan kuisioner sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan data yang peneliti sebar kepada responden yang menjadi peserta Zoom webinar. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan dari webinar terhadap minat masyarakat untuk bergabung kedalam bisnis trading internasional yang didapat dari hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,725.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Gabrielle, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kriyantono, R. (2007). Pemberdayaan konsumen televisi melalui keterampilan media literacy dan penegakan regulasi penyiaran. Jurnal Penelitian Komunikasi, Media Massa Dan Teknologi Informasi, 10(21).

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Prof. Dr. Alo Liliweri, M. S. (2017). Komunikasi Antar-Personal. info:yt8RbGn84twJ:scholar.google.com/

PT Mahadana Asta Berjangka. (2017). Tentang Mahadana. 2017. https://www.mahadana.co.id/tentang-kami/

Tjendra, I. J., Suwasono, A. A., & Cahyadi, J. (2016). Perancangan Buku Panduan Dasar Trading Untuk Pemula. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 9.