Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Modelano

Main Article Content

Michelle Kuant
Rezi Erdiansyah

Abstract

Modelano is a brand that markets various types of products in Indonesia and abroad. One of the strategies in the marketing sector is the Modelano brand which is used to increase marketing and of course increase profits. Researchers are interested in knowing how much influence electronic word of mouth and brand trust have on purchasing decisions for Modelano brand products. The consumers targeted by the researchers in this study are Instagram followers of @modelano899. The theories and concepts used are, e-WoM (electronic word of mouth), as a theoretical reference and brand trust as a theoretical reference, and purchasing decisions as a research concept. The research method in this study uses a quantitative research approach and uses a survey method to as many as 100 respondents as the sample in this study and uses a research instrument in the form of a questionnaire. Based on the results of the study, there is a positive and significant effect of the electronic word of mouth (X1) and brand trust (X2) variables simultaneously (simultaneously) on the Modelano product purchasing decision variable (Y). Electronic word of mouth and brand trust have an influence on consumer buying decisions for Modelano products by 51.7%.


Modelano merupakan salah satu brand lokal yang memasarkan berbagai jenis produk di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu strategi pemasaran dilakukan Modelano yang digunakan untuk meningkatkan pemasaran dan tentunya meningkatkan keuntungan. Peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh electronic word of mouth dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk Modelano Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-WOM dan brand trust pada keputusan pembelian konsumen Modelano. Konsumen yang dituju oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pengikut Instagram dari @modelano899. Teori dan konsep yang digunakan adalah, e-WoM (electronic word of mouth), sebagai acuan teori dan brand trust sebagai acuan teori, serta keputusan pembelian sebagai konsep penelitian. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif serta survei terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuesioner sebagai intsrumen peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel electronic word of mouth (X1) dan brand trust (X2) secara simultan (bersamaan) terhadap variabel keputusan pembelian  produk Modelano (Y).

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Michelle Kuant, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Semuel, H., dan Lianto, A. S. (2014). Analisis eWOM, Brand Image, Brand trust Dan Minat Beli Produk Smartphone Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8 (2).

Sindunata, I, dan Wahyudi, B. A. (2020). Pengaruh e-WoM (Electronic-Word-Of-Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Di Agoda.com. Jurnal Manacemen Perhotelan Universitas Kristen Petra Surabaya

Wati Susilawati, W. W. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand trust Serta Implikasinya Terhadap Brand Loyalty (Produk Dodol PT. Herlina Cipta Pratama). Jurnal Wacana Ekonomi.