Analisis Content Marketing Melalui Media Sosial (Studi Kasus Instagram Fayt Official)

Main Article Content

Alicia Veironie
Wulan Purnama Sari

Abstract

Information technology in the digital era has a very large influence on society in carrying out its activities, for example related to business, education, entertainment, etc. Because people's activities today can not be separated from social media, because by utilizing social media can facilitate various aspects of life. The development of internet progress is very dynamic, so the various technologies and features available to users are always changing, for example the emergence of various social media. An example of a brand that uses Instagram as a social media platform to promote its brand is FAYT Official. This study aims to determine the marketing communication strategy carried out by FAYT Official in Instagram social media using qualitative research methods and using a case study approach and content marketing theory. The subject of this research is FAYT Official. While the object of this research is the marketing communication strategy activities carried out by FAYT Official on Instagram social media. The author uses the data validity test in qualitative research including test, credibility, transferability, dependability, and confirmability. Data from the results of the study were obtained through observations on Instagram FAYT Official and conducted interviews with brand managers and directors of FAYT and the author also did documentation.


Teknologi informasi pada era digital memberikan pengaruh yang sangat besar pada masyarakat dalam melakukan kegiatannya, misalnya terkait dengan bisnis, Pendidikan, hiburan, dll. Sebab aktivitas masyarakat saat ini tidak bisa dilepaskan dari media sosial, karena dengan memanfaatkan media sosial dapat mempermudah berbagai aspek kehidupan. Perkembangan kemajuan internet sangat dinamis tersebut maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan, misalnya munculnya beragam media sosial. Contoh brand yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai wadah untuk mempromosikan brand nya yaitu FAYT Official. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh FAYT Official dalam media sosial Instagram dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus dan teori content marketing. Subjek dalam penelitian ini adalah FAYT Official. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kegiatan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan FAYT Official dalam media sosial Instagram. Penulis menggunakan Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji,credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Data dari hasil penelitian diperoleh melalui observasi pada Instagram FAYT Official dan melakukan wawancara dengan brand manager serta direktur dair FAYT dan penulis juga melakukan dokumentasi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alicia Veironie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kotler dan Kevin. (2012). Manajemen Pemasaran. 800. https://books.google.com/books/about/Marketing_Management.html?id=eMZRYgEACAAJ

Pandrianto, Nigar, dan Sukendro, Gregorius Genep. (2018) Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi Vol. 10, No. 2. Hal 167 – 176

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kusuma, Wahyunanda. (2019). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia? https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1573–1582. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42872

Yazdanifard, Rashad dan Angel Wong An, Kee. (2015). The Review of Content Marketing as a New Trend in Marketing Practices. International Journal of Management, Accounting and Economics, Vol. 2, No. 9. Center for Southern: New Hampshire University