Analisis Semiotika Unsur Komunikasi Sosok Figur Soekarno Pada Film “Soekarno: Indonesia Merdeka”

Main Article Content

Andrean Eddy Subekti
Ahmad Junaidi

Abstract

The process of modernization is always moving dynamically and very quickly which affects human patterns, actions and behaviors that have an impact on the changing social structure in society. This leads to the growing flow of communication and information. One of the results of this development is film. Film is a medium of communication that can convey messages and other things to the audience. “Soekarno: Indonesia Merdeka” is one of the films that tells about Sukarno's struggle in delivering Indonesia to the gate of independence. This research aims to examine and analyze the elements of communication contained in the film “Soekarno: Indonesia Merdeka”. This research uses roland barthes semiotic theory that focuses on signs, the author tried to analyze the element of public communication on the figure of Sukarno and his speeches shown in the film “Soekarno: Indonesia Merdeka”. This research uses qualitative approach methods as well as the subject of this research focused on The Film “Soekarno: Indonesia Merdeka” and the object of this research is an element of communication attached to the figure of Sukarno. The authors use triangulation techniques to ensure the validity of the data.


Proses modernisasi selalu bergerak dinamis dan sangatlah cepat yang mempengaruhi pola. Tindakan dan tingkah laku manusia yang berdampak pada berubahnya struktur sosial yang ada di masyarakat. Hal tersebut mengakibatkan semakin berkembangnya arus komunikasi dan informasi. Salah satu hasil dari berkembangnya hal tersebut adalah Film. Film merupakan suatu media komunikasi yang dapat menyampaikan pesan dan hal-hal lain kepada penontonnya. Film “Soekarno: Indonesia Merdeka” merupakan salah satu film yang menceritakan tentang perjuangan Soekarno dalam menghantarkan Indonesia menuju pintu gerbang kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisa unsur komunikasi yang terkandung di dalam film “Soekarno: Indonesia Merdeka”. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang memusatkan perhatian pada tanda (sign), penulis mencoba menganalisis unsur komunikasi publik pada sosok Soekarno dan pidato-pidatonya yang ditampilkan pada film “Soekarno: Indonesia Merdeka”. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif serta subjek penelitian ini terfokus pada film “Soekarno: Indonesia Merdeka” dan objek penelitian ini adalah unsur komunikasi yang melekat pada sosok figur Soekarno. Penulis menggunakan Teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Andrean Eddy Subekti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bachri, B. S. (2010, April). Menyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, X(1), 46-62.

Gunawan, E. B., & Junaidi, A. (2020). Representasi Pendidikan Seks dalam Film Dua Garis Biru (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 4(1), 155. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6880

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/1133/