Perubahan Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Rekan Bisnis Selama Masa Pandemi (Studi Kasus di PT Jassendo Mandiri Sentosa)

Main Article Content

Steven
Yugih Setyanto

Abstract

Communication is a basic activity that is needed and carried out by every human being. Through communication, humans can relate to each other both in daily life at home at work, in the market, in society, or wherever humans are. Interpersonal relationships where when we communicate, we not only convey the content of the message, but also determine the level of interpersonal relationships. So when we communicate we not only determine the content but also determine the relationship. The existence of the Covid-19 pandemic has made major changes in communication patterns that occur within the company as well as communication relationships with company clients. PT Jassendo Mandiri Sentosa is a fishery company founded on September 14, 2016 by Agustono. PT Jassendo Mandiri Sentosa is engaged in warehousing related to the sale and purchase of marine fauna, especially fish. The development of communication technology, especially the development of mass media can be seen from the diversity of media. This is used by most companies in running their business or business. Like wise with the communication patterns that occur at PT Jassendo Mandiri Sentosa. The pattern of communication carried out with clients or company business partners that was previously done face-to-face or directly was forced to turn online due to Covid-19 pandemic. The intention of this research to determine the pattern of interpersonal communication in business partner relationships during the pandemic that took place at PT Jassendo Mandiri Sentosa. This research using the theory of interpersonal communication. This research uses qualitative research methods and case studies at PT Jassendo Mandiri Sentosa. In collecting data, the researcher used interview, observation and documentation methods. Researchers processed and analyzed data using the Miles and Huberman model which consisted of data reduction, data display and conclusion drawing and tested the validity of the data using data triangulation techniques.


Komunikasi merupakan aktivitas dasar yang dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap manusia. Melalui komunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari - hari di rumah di tempat kerja, pasar, masyarakat, atau di manapun manusia berada. Hubungan interpersonal dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship. Adanya pandemi Covid-19 membuat perubahan besar dalam pola komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan maupun hubungan komunikasi dengan klien perusahaan. PT Jassendo Mandiri Sentosa merupakan salah satu perusahaan perikanan yang didirikan pada 14 september 2016 oleh Agustono. PT Jassendo Mandiri Sentosa bergerak di bidang pergudangan terkait penjualan dan pembelian fauna laut terutama ikan. Perkembangan teknologi komunikasi, khususnya perkembangan media massa terlihat dari keberagaman media. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan dalam menjalankan bisnis atau usahanya. Begitu pula dengan pola komunikasi yang terjadi di PT Jassendo Mandiri Sentosa. Pola komunikasi yang dilakukan dengan klien atau rekan bisnis perusahaan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka atau secara langsung terpaksa berubah mejadi online dikarenakan pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal dalam hubungan rekan bisnis selama masa pandemi yang berlangsung di PT Jassendo Mandiri Sentosa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi kasus pada PT Jassendo Mandiri Sentosa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan serta menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Steven, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke-1 ed.). (E. D. Lestari, Ed.) Sukabumi, Jawa barat: CV Jejak.

Afriyadi, F. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan dan Bawahan Karyawan PT Borneo Enterprsindo Samarinda. e-Journal Ilmu Komunikasi, 3 (1).

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi pendidikan, 10, 46-62.

Broto, H. D. (2016). Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Universitas Sanada Dharma Yogyakarta). Jurnal Universitas Sanada Dharma Yogyakarta, 23-24.

Meila Nur Syamsiani, F. (2019). Komunikasi Interpersonal dalam Menjalin Hubungan Baik Terhadap Klien pada Radio Music City 107,50 FM. Jurnal ilmiah Komunikasi, 11 (2).

Mugianto, A. R. (2017). Pegembangan Perencanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1 (4).

Putra, N. F. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah Di SMA Negeri 3 Samarinda Kelas XII. e-Journal Ilmu Komunikasi, 1 (3).

Semiawan, P. D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Metode Administrasi, 50. Jurnal Online.