Pengaruh Strategi Komunikasi Sepatu Compass di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Minat Beli Masyarakat

Main Article Content

Alfa Josef Raphael
Farid Rusdi

Abstract

Since the COVID-19 pandemic began in March 2020, many business industries were affected and had to die because they could not survive and adapt to a fairly sudden situation. Knowing the facts, one of the local shoe brands in Indonesia, namely Compass Shoes produced by PT Kompas Mas, also felt the impact of the COVID-19 pandemic. All stock products were forced to be released online, which previously used to be launched offline and queued at certain places to get Compass Shoes. Compass shoes can be obtained online at Tokopedia's online e-commerce since the pandemic took place. The method that the author uses in this research is a quantitative approach. The purpose of this study was to determine the effect of social media in relation to the marketing communication strategy of Compass Shoes during the COVID-19 pandemic on people’s buying interest.  The population of this study are followers of @sepatucompass on Instagram aged 17-30 years. This study uses a questionnaire survey to collect the required data or information. Researchers used a Likert scale and sampling using the SPSS application. Based on the results of research and discussion, the results of the influence of the Compass Shoes strategy during the COVID-19 pandemic tend to be positive. This can be seen from the results of the study, which showed that the feedback from the average respondents to the questionnaire knew and had an interest in Compass Shoes. The conclusion of this study is that from the results of the linear regression coefficient test the results show that the variable (X), namely the influence of communication strategies has an effect on Compass Shoes during the COVID-19 pandemic on the increase in people's buying interest (Y) as much as 0.563 from the results of calculations using the SPSS method.


Pandemi COVID-19 bermula sejak bulan Maret 2020, banyak industri yang terdampak dan terpaksa gugur karena tidak dapat bertahan dan beradaptasi dengan situasi yang terbilang cukup mendadak. Mengetahui fakta yang ada, salah satu brand sepatu lokal di Indonesia yaitu Sepatu Compass yang diproduksi oleh PT Kompas Mas, juga begitu merasakan dampak yang diberikan oleh masa pandemi COVID-19. Semua stok produk terpaksa harus dirilis secara daring, yang pada sebelumnya biasa diluncurkan secara offline dan mengantri di tempat tertentu untuk mendapatkan Sepatu Compass. Sepatu Compass bisa didapatkan secara daring di e-commerce online Tokopedia sejak pandemi berlangsung. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial dalam hubungannya terhadap strategi komunikasi pemasaran Sepatu Compass di masa pandemi COVID-19 pada minat beli masyarakat. Populasi dari penelitian ini adalah follower dari @sepatucompass di instagram yang berusia 17-30 tahun. Penelitian ini menggunakan survei kuesioner dalam mengumpulkan data atau informasi yang dibutuhkan. Peneliti menggunakan skala Likert dan penarikan sampel menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, hasil dari pengaruh strategi Sepatu Compass di masa pandemi COVID-19 cenderung positif. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian, yang menunjukan bahwa umpan balik dari rata-rata responden kuesioner mengetahui serta memiliki ketertarikan terhadap Sepatu Compass.   Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari hasil uji koefisien regresi linear menyatakan hasil bahwa variabel (X), yaitu pengaruh strategi komunikasi memberi pengaruh pada Sepatu Compass selama masa pandemi COVID-19 terhadap kenaikan minat beli masyarakat (Y) sebanyak 0,563 dari hasil penghitungan menggunakan metode SPSS.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alfa Josef Raphael, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kotler, Philip, Amstrong, Garry (1996). Priciple of Marketing, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip. (1997). Marketing Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Salmaa. (2021). Angket Penelitian: Pengertian, Prinsip, Jenis, Langkah-langkah, dan Contohnya. Diakses dari penerbitdeepublish.com/angket-penelitian/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Diakses dari raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Yoebrilianti, Anggit. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli ProdukFashion dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator. Universitas Serang Raya, Vol 8, No. 1.