Pengaruh Penyebaran Berita Hoax Covid-19 pada WhatsApp dari Facebook terhadap Perilaku Masyarakat

Main Article Content

Regita Alfiana
Ahmad Junaidi

Abstract

The influence of the spread of Covid-19 hoax news has given rise to a lot of public opinion that can create dissent in society. These Covid-19 hoax news increasingly have a negative effect on the community and affect people's behavior. In this study, there are two variables, namely variable X the influence of spreading Covid-19 hoax news on WhatsApp from Facebook and variable Y of community behavior. The theoretical basis used in this research is media literacy theory, media exposure theory, public behavior theory, hoax concept, whatsapp, and facebook. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study was the WhatsApp user community and a questionnaire was distributed to 100 respondents who had been determined using the Slovin formula. The data obtained were analyzed using the technique of simple linear regression test, T test, validity test, reliability test, and normality test. The results of the analytical test found in this study are it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there is an influence on the spread of Covid-19 hoax news on WhatsApp from Facebook on people's behavior.


Pengaruh penyebaran berita hoax Covid-19 menimbulkan banyak opini publik yang dapat membuat perpecahan di masyarakat. Berita-berita hoax Covid-19 ini semakin menimbulkan efek negatif kepada masyarakat hingga mempengaruhi perilaku masyarakat. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X pengaruh penyebaran berita hoax Covid-19 pada WhatsApp dari Facebook dan variabel Y perilaku masyarakat. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adlaah teori literasi media, teori terpaan media, teori perilaku masyarakat, konsep hoax, whatsapp, dan facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat pengguna whatsapp dan dilakukan penyebaran kuisioner kepada 100 respinden yang telah ditentukan menggunakan rumus slovin. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknis uji regresi linear sederhana, uji T, uji validitas, uji reabilitas, dan uji normalitas. Hasil uji analisis yang ditemukan pada penelitian ini dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh penyebaran berita Hoax Covid-19 pada WhatsApp dari Facebook terhadap perilaku masyarakat. 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Regita Alfiana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.