Komunikasi Ekspresif Media TikTok

Main Article Content

Yeni Lusiana
Sinta Paramita

Abstract

TikTok is an application that provides unique and interesting effects that can be used by all users of the TikTok application to easily create a video with a short duration. The TikTok application is in great demand from minors to parents. TikTok users who create content can express themselves with the gestures displayed so that their existence appears. This study aims to discuss how content that displays expressive communication through TikTok virtual media with samples used, namely new users and old users of the TikTok application who have used the 'Album Cover' and 'Emoji Imitation' features. In this study, researcher used a qualitative approach. The methods used are observation, interviews, documentation, and literature study. In conducting the development, the research subjects consisted of two old users and two new users who had created content. The research results obtained from this study are (1) TikTok users are interested in using this application because they follow trends and are not active. (2) TikTok users are uncertain when to use TikTok and messages are conveyed to TikTok users, namely using TikTok with positive things and being more confident in expressing themselves. (3) Users prefer the 'Album Cover' feature because they can freely display the gestures they make.


TikTok merupakan sebuah aplikasi yang memberikan efek yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi TikTok dengan mudah untuk membuat sebuah video dengan berdurasi pendek. Aplikasi TikTok banyak diminati mulai dari anak dibawah umur hingga orangtua. Pengguna TikTok yang membuat konten dapat mengekspresikan diri dengan gestur yang ditampilkan sehingga munculnya eksistensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas cara konten yang menampilkan komunikasi ekspresif melalui media virtual TikTok dengan sampel yang digunakan yaitu pengguna baru dan pengguna lama aplikasi TikTok yang pernah menggunakan fitur ‘Album Cover’ dan ‘Emoji Imitation’. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam melakukan pengembangan, subjek penelitian yang terdiri dari dua pengguna lama dan dua pengguna baru yang pernah membuat konten. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini yaitu (1) pengguna TikTok tertarik menggunakan aplikasi ini karena mengikuti trend dan sedang tidak ada aktivitas. (2) Pengguna TikTok tidak menentu waktunya untuk menggunakan TikTok dan pesan disampaikan untuk pengguna TikTok yaitu menggunakan TikTok dengan hal yang positif dan lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri. (3) Pengguna lebih menyukai fitur ‘Album Cover’ karena bisa leluasa menampilkan gestur yang dibuat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Yeni Lusiana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arventine, & Yuliarti. (2020). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Pada Remaja Di Madiun Sebagai Media Eksistensi Diri.

Karyaningsih, Ponco Dewi. (2018). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Samudra Biru 2.

Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, Vol 5 No 2, 280-288.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.