Pengaruh Daya Tarik Iklan di Instagram terhadap Minat Beli Produk di Cafe Janji Jiwa Jalan Dempo Palembang

Main Article Content

Tasya Lorenza Effendy
H. H. Daniel Tamburian

Abstract

In today's modern era, the development of social media is widely used by many companies, especially companies in the field of Food and Beverage, namely Janji Jiwa, which uses advertisements in digital form. Janji Jiwa consists of three, namely Kontak Jiwa which focuses on coffee drinks, Jiwa Toast which focuses on selling various kinds of toasted bread, and Jiwa Tea which focuses on selling non-coffee drinks. This study aims to determine the relationship and influence between the attractiveness of advertising on Instagram on interest in buying products at the Janji Jiwa Cafe. This research is a research that uses a quantitative approach through data collection methods carried out by distributing questionnaires. This study uses several theories, namely the theory of advertising attractiveness, social media, and buying interest. In this study, researcher distributed questionnaires to 91 respondents who visited and made transactions at the Janji Jiwa Cafe. Researcher used data analysis techniques, namely validity and reliability analysis, simple linear regression test, T test, coefficient of determination test. The results of the T test that was carried out were 8.074 > 1.990, for the results of the regression analysis test and the coefficient of determination showed the influence of the attractiveness of advertising on Instagram on the interest in buying products at the Janji Jiwa cafe by 42.3% and the rest was influenced by other variables not examined.


Di era modern saat ini perkembangan media social banyak dimanfaatkan oleh banyak perusahaan terutama perusahaan di bidang Food and Beverage yaitu Janji Jiwa yang menggunakan iklan dalam bentuk digital. Janji Jiwa terdiri dari tiga yaitu Janji Jiwa yang berfokus pada minuman Coffee, Jiwa Toast yang berfokus untuk menjual makanan roti panggang yang berisi aneka ragam, Jiwa tea yang berfokus menjual minuman non coffee. Tujuan peneliti untuk dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui hubungan dan pengaruh antara daya tarik iklan di Instagram terhadap minat beli produk di Cafe Janji Jiwa. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan datanya dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori daya tarik iklan, social media, dan minat beli. Di penelitian ini peneliti melakukan penyebaran kuisioner kepada 91 responden merupakan orang yang berkunjung serta melakukan transaksi di di Cafe Janji Jiwa. Peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu analisis validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji T, uji koefisien determinasi. Hasil dari uji T yang dilakukan bernilai 8,074 > 1,990, untuk hasil uji analisis regresi dan koefisien determinasi menunjukkan adanya pengaruh daya tarik iklan di Instagram terhadap minat beli produk di cafe Janji Jiwa sebesar 42,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Tasya Lorenza Effendy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

H. H. Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adiba. (2016). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Aurora Shop Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 4. ISSN: 2355-5408.

Hartono, Kefas Adi. (2016). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Selebriti Endorser Terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya Terhadap Brand Attitude Minuman Dalam Kemasan. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakata: Kencana Prenada Media Group.

Latief, Rusman. Yusiatie, Utud. (2017). Siaran Televisi NonDrama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Mustafa, Pinton Setya dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitiatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negri Malang.

Raharjo, Tri Weda. (2020). Respon Terhadap Merek Karena Pengaruh Gangguan Penayangan Iklan Di Youtube. Surabaya: Cv Jakad Media Publishing.

Veronika. (2016). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.