Pengaruh Karakteristik Konten terhadap Minat Beli di Kalangan Remaja (Studi Kasus Bento Cake di Akun @_onebites)

Main Article Content

Syfa Muthiah
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

@_onebites is an Instagram account that sells Bento Cake products and contains information about Bento Cake. The existence of this account is to provide the needs of buyers regarding various kinds of Bento Cake innovations. Bento Cake products have been around since 2020 on the @onebites Instagram account. The content submitted by @onebites in the form of photos, videos, and captions becomes a benchmark for consumers to determine whether or not they are interested in buying Bento Products Cake. The purpose of this research is to find out how much influence the characteristics of Instagram content have on buying interest in Bento Cake. This study uses several theories: marketing communication, sor theory media social, instagram content characteristics, and buying interest. This study uses quantitative methods, using survey methods. The population in this study are Instagram users, and the sample used is Bento Cake buyers on the @_onebites account. Data collection techniques were used in this study by distributing questionnaires to 100 respondents. The data obtained were then analyzed by validation, reliability, normality (t), ®️ test, and simple regression analysis. From this study, through the T-test results, there is an at-count value of 14.547 and a significant (Sig) of 0.000. The results of this study indicate that there is a significant influence between the characteristics of content Instagram On buying interest. The most influential dimension is content on the Instagram content characteristics variable. In the buying interest variable, the most influential dimension is referential interest. 


@__onebites merupakan akun Instagram yang menjual produk Bento Cake serta memiliki konten informasi mengenai BentoCake. Adanya akun tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembeli mengenai berbagai macam inovasi Bento Cake. Produk Bento Cake sudah ada sejak tahun 2020 di akun Instagram @__onebites. Konten yang ditampilkan di Instagram @__onebites berupa foto, video, dan caption menarik untuk diteliti hubungannya dengan minat beli dari konsumen @__onebites. Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik konten instagram terhadap minat beli Bento Cake. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu komunikasi pemasaran, teori s-o-r, media sosial, karakteristik konten instagram dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Instagram dan sampel yang digunakan adalah pembeli Bento Cake di akun @__onebites. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji (t), uji (R) dan analisis regresi sederhana. Dari penelitian ini melalui hasil Uji T yang terdapat nilai t hitung sebesar 14.547 dan signifikan (Sig) sebesar 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik konten Instagram terhadap minat beli. Dimensi yang paling berpengaruh adalah konten pada variabel karateristik konten Instagram, pada variabel minat beli, dimensi yang paling terpengaruh adalah minat refrensial.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Syfa Muthiah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Desiani, R. (2019). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram @TOKOKOPITUKU Terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Komuniasi. Universitas Multimedia Nusantara.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Maoyan et al. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science, Vol 5(1), 92-97.