Komunikasi Digital di Media Sosial dan E-Commerce dalam Menentukan Keputusan Pembelian Produk Lilin Aromaterapi
Main Article Content
Abstract
Digital communication in social media and e-commerce can influence and determine purchasing decisions for a product. Digital communication on social media and e-commerce also makes it easier for people to shop. This research raises about how digital communication in social media and e-commerce in purchasing decisions of aromatherapy candle products. The method used in this paper is a qualitative research method. Collecting data by interviewing resource persons and non-participant observation. Then for the theory used in this study is the theory of Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) and the concept of purchasing decisions. Based on the results of this study, it is known that digital communication on social media in determining purchasing decisions does not always go well, there are obstacles that occur in communicating on social media. Communication can only be done through chat, not face-to-face, requiring a strong and good signal or internet connection. There are several factors that determine purchasing decisions for a product, including good communication between sellers and buyers, speed in responding to messages or buyer questions. The trust given by online sellers is also one of the important factors in determining the purchase decision of a product.
Komunikasi digital di dalam media sosial maupun e-commerce dapat mempengaruhi dan menentukan keputusan pembelian suatu produk. Komunikasi digital di media sosial dan e-commerce juga memudahkan masyarakat untuk berbelanja. Penelitian ini mengangkat tentang bagaimana komunikasi digital di media sosial dan e-commerce dalam keputusan pembelian produk lilin aromaterapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara narasumber dan observasi non partisipan. Kemudian untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) dan konsep keputusan pembelian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa komunikasi digital di media sosial dalam menentukan keputusan pembelian tidak selalu berjalan dengan baik, terdapat hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi di media sosial. Komunikasi yang dilakukan hanya dapat melalui chatting, tidak melalui tatap muka, membutuhkan sinyal atau koneksi internet yang kuat dan baik. Terdapat beberapa faktor yang menentukan keputusan pembelian suatu produk, diantaranya adalah komunikasi yang baik antar penjual dan pembeli, kecepatan dalam merespon pesan atau pun pertanyaan pembeli. Kepercayaan yang diberikan oleh penjual online juga salah satu faktor yang penting dalam menentukan keputusan pembelian suatu produk.
Article Details
References
Accurate. (2015, Desember). Accurate. Retrieved from Accurate:
https://accurate.id/marketing-manajemen/testimoni-adalah/
Anwar, R. N. (2018, Januari 1). Pengaruh Kepercayaan dan Media Sosial terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen E-commerce Fashion Muslim Hijup di
Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, 79.
Janessa Pandi, Roswita Oktavianti: Komunikasi Digital di Media Sosial dan E-Commerce dalam
Menentukan Keputusan Pembelian Produk Lilin Aromaterapi
Chrisnatali, S. G. (2020, November 29). Komunikasi Digital pada Pembelajaran
Secara Daring dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Bonaza: Manajemen dan
Bisnis 1, 59.
Fatimah, S. (2017, Desember). Strategi Komunikasi Pemasaran E-commerce
Melalui Website Klikhotel.com. Jurnal Common, 1, 91.
Fatmawati, S. (2017). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention,
interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI
SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB. Uniska,
Handayani, N. D. (2021, Maret 01). Komunikasi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan
(Studi Korelasional tentang Pengaruh Komunikasi Pemasaran Produk
Brunbrun Paris terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara). Jurnal Komunika, 17, 3.
Kurniawan, P. (2017, Oktober). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai
Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11, 221.
Lestari, N. S. (2019). Pengaruh Profil Petani Pengelola Agrowisata terhadap Kapasitas
Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Digital di Kabupaten Bojonegoro dan
Malang, Provinsi Jawa Timur. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural
Development Research, 5, 67-68.
Purbohastuti, A. W. (2017, Oktober). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media
Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12, 215-216.
Rahardjo, M. (2010, Oktober Jumat). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Retrieved
from UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: https://www.uinmalang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html
Walukow, A. L. (2014, September). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan
Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder
Minahasa. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Menejemen Bisnis dan
Akuntansi, 2, 1739.
www.pendidikan.co.id. (2021, Agustus 22). pendidikan.co.id. Retrieved from
Pendidikan Web Site: https://pendidikan.co.id/pengertian-digital/