Komunikasi Digital di Media Sosial dan E-Commerce dalam Menentukan Keputusan Pembelian Produk Lilin Aromaterapi

Janessa Pandi, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 19

Abstract

Digital communication in social media and e-commerce can influence and determine purchasing decisions for a product. Digital communication on social media and e-commerce also makes it easier for people to shop. This research raises about how digital communication in social media and e-commerce in purchasing decisions of aromatherapy candle products. The method used in this paper is a qualitative research method. Collecting data by interviewing resource persons and non-participant observation. Then for the theory used in this study is the theory of Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) and the concept of purchasing decisions. Based on the results of this study, it is known that digital communication on social media in determining purchasing decisions does not always go well, there are obstacles that occur in communicating on social media. Communication can only be done through chat, not face-to-face, requiring a strong and good signal or internet connection. There are several factors that determine purchasing decisions for a product, including good communication between sellers and buyers, speed in responding to messages or buyer questions. The trust given by online sellers is also one of the important factors in determining the purchase decision of a product. 

Komunikasi digital di dalam media sosial maupun e-commerce dapat mempengaruhi dan menentukan keputusan pembelian suatu produk. Komunikasi digital di media sosial dan e-commerce juga memudahkan masyarakat untuk berbelanja. Penelitian ini mengangkat tentang bagaimana komunikasi digital di media sosial dan e-commerce dalam keputusan pembelian produk lilin aromaterapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara narasumber dan observasi non partisipan. Kemudian untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) dan konsep keputusan pembelian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa komunikasi digital di media sosial dalam menentukan keputusan pembelian tidak selalu berjalan dengan baik, terdapat hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi di media sosial. Komunikasi yang dilakukan hanya dapat melalui chatting, tidak melalui tatap muka, membutuhkan sinyal atau koneksi internet yang kuat dan baik. Terdapat beberapa faktor yang menentukan keputusan pembelian suatu produk, diantaranya adalah komunikasi yang baik antar penjual dan pembeli, kecepatan dalam merespon pesan atau pun pertanyaan pembeli. Kepercayaan yang diberikan oleh penjual online juga salah satu faktor yang penting dalam menentukan keputusan pembelian suatu produk. 

Keywords

aromatherapy candles; e-commerce; digital communication; social media

References

Accurate. (2015, Desember). Accurate. Retrieved from Accurate:

https://accurate.id/marketing-manajemen/testimoni-adalah/

Anwar, R. N. (2018, Januari 1). Pengaruh Kepercayaan dan Media Sosial terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen E-commerce Fashion Muslim Hijup di

Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, 79.

Janessa Pandi, Roswita Oktavianti: Komunikasi Digital di Media Sosial dan E-Commerce dalam

Menentukan Keputusan Pembelian Produk Lilin Aromaterapi

Chrisnatali, S. G. (2020, November 29). Komunikasi Digital pada Pembelajaran

Secara Daring dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Bonaza: Manajemen dan

Bisnis 1, 59.

Fatimah, S. (2017, Desember). Strategi Komunikasi Pemasaran E-commerce

Melalui Website Klikhotel.com. Jurnal Common, 1, 91.

Fatmawati, S. (2017). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention,

interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI

SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB. Uniska,

Handayani, N. D. (2021, Maret 01). Komunikasi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan

(Studi Korelasional tentang Pengaruh Komunikasi Pemasaran Produk

Brunbrun Paris terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mahasiswa Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara). Jurnal Komunika, 17, 3.

Kurniawan, P. (2017, Oktober). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai

Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11, 221.

Lestari, N. S. (2019). Pengaruh Profil Petani Pengelola Agrowisata terhadap Kapasitas

Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Digital di Kabupaten Bojonegoro dan

Malang, Provinsi Jawa Timur. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural

Development Research, 5, 67-68.

Purbohastuti, A. W. (2017, Oktober). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media

Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12, 215-216.

Rahardjo, M. (2010, Oktober Jumat). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Retrieved

from UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: https://www.uinmalang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html

Walukow, A. L. (2014, September). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan

Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder

Minahasa. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Menejemen Bisnis dan

Akuntansi, 2, 1739.

www.pendidikan.co.id. (2021, Agustus 22). pendidikan.co.id. Retrieved from

Pendidikan Web Site: https://pendidikan.co.id/pengertian-digital/

Copyright (c) 2022 Kiwari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.