Pengaruh Persepsi Kredibilitas Vivanews terhadap Keputusan Pemilihan Portal Media Daring

Darren Kusnadi, Farid Rusdi
| Abstract views: 15 | views: 7

Abstract

This study aims to determine the effect of Vivanews's perceived credibility on the online media portal selection decision. The sample selected using the purpose sampling method with 100 respondents who are followers of Instagram Viva.co.id. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires using a Likert scale of 1-4. The theory used in this research is the theory of, media credibility, and the theory of consumer behavior and decisions to choose media. This research uses quantitative to determine the effect of the credibility variables as the X variable and the decision to choose the media as the Y variable. The data obtained and analyzed by conducting validation tests, reliability tests, T tests, R tests, normality tests. This research shows that the perception of credibility has an influence on the decision to choose the media by 14%. In the T-test, it can be seen that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an corelation between Vivanews credibility on the decision to choose an online media portal.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kredibilitas vivanews terhadap keputusan pemilihan portal media daring. Sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan pengikut Instagram Viva.co.id. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan cara yang umum dilakukan yaitu penyebaran kuesioner menggunakan skala likert 1-4. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori, Kredibilitas media, dan teori Perilaku konsumen dan keputusan memilih media. Penilitian ini menggunakan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh dari variabel – variabel kredibilitas sebagai variabel X dan Keputusan memilih media sebagai variabel Y. Data yang diperoleh dan di analisis dengan melakukan uji validasi, uji reliabilitas, uji T, Uji R, Uji Normalitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kredibilitas memiliki pengaruh terhadap keputusan memilih media sebesar 14%. dalam Uji T dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa adanya pengaruh antara kredibilitas Vivanews terhadap keputusan pemilihan portal media daring.

Keywords

credibility; decision to choose an online media; Vivanews

Full Text:

PDF

References

Abidin, S., Rara Cindoswari, A., & Gea, S. (2017). Kredibilitas Media Dalam

Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus Kota Batam Survei

Koran Harian Batam Pos , Tribun Batam , Sindo Batam , Haluan Kepri , dan

Pos Metro Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Pendahuluan Kehadiran medi. (1), 72–89.

Indah Pratiwi, P. (2019). Pengaruh Persepsi Kredibilitas Media terhadap Keputusan

Generasi Milenial di DKI Jakarta dalam Memilih Kompas.com. Journal of

Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. Retrieved from

http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf

Rizqi, A. D. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Makananku

Sehat Dan Bergizi Kelas IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV

semester II Di SDN 063 Kebon Gedang Jl. Kebon Gedang Kec. Ba. Universitas

Paudan.

Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang

Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi

Banten. Jurnal Fondasi, 2(2), 182–190

Copyright (c) 2022 Kiwari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.