Peran Homeless Media dalam Melakukan Penyebaran Informasi di Media Sosial Instagram (Studi pada Opini.id)

Main Article Content

Frances Alexander
Ahmad Junaidi

Abstract

The background of this study is that researchers want to examine how the phenomenon of homeless media in spreading information and news on Instagram social media to audiences, because the development of media that brings this era into a new media era that changes people's consumption patterns of information becomes much easier coupled with the number of people who are already literate of social media. The purpose of this research is to find out an information wrapped in creative content and then disseminated to a wide audience. The results of this study show that homeless media is purely the work of digital journalism creatively in providing content on social media packaged so attractively using existing content. Opini.id as one of the homeless media in Indonesia always provides credible and accurate information, updating comprehensive news articles into a simple and interactive news content so that it is easy to consume lightly.

Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena homeless media dalam melakukan penyebaran informasi dan berita di media sosial Instagram terhadap khalayak, dikarenakan perkembangan media yang telah mengubah pola konsumsi masyarakat akan informasi menjadi jauh lebih mudah ditambah dengan banyaknya masyarakat yang sudah melek akan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi yang dibungkus dengan konten kreatif lalu disebarluaskan ke khalayak luas. Metode dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa homeless media merupakan murni kerja jurnalisme digital secara kreatif dalam memberikan konten di media sosial lalu di kemas sedemikian menarik menggunakan audiovisual dan program yang ada. Opini.id sebagai salah satu homeless media di Indonesia menyediakan informasi yang kredibel dan akurat, memperbarui berita artikel yang komprehensif menjadi sebuah konten berita yang sederhana dan interaktif agar mudah dikonsumsi secara ringan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Frances Alexander, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ashari, M., Ilmu, F., Politik, I., Indonesia, U., Iasth, G., Salemba, U. I., Salemba, J.,

& No, R. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai

Penyebaran Pesan. 4(1), 1–16.

Ekarina. (2020). Transformasi Bisnis Media di Era Digital Terus Bergulir.

Katadata.Co.Id.

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5fcfc332efab0/transformasi-bisnis-mediadi-era-digital-terus-bergulir

Rahardjo, H. M., & Si, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN

KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA oleh.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D