Analisis Komunikasi Pemasaran E-Commerce pada Brecht Indonesia

Main Article Content

Ibanez Vienoza Ngan
Wulan Purnama Sari

Abstract

The development of marketing communication today is not only done conventionally. Marketers are now also using new media such as the Internet as an alternative to approach potential customers. In carrying out marketing communications, companies must know what the needs of consumers are. The title of this research is "E-commerce Marketing Communication Analysis at Brecht Indonesia". In this study, the author wants to find out what marketing communications are carried out by Brecht Indonesia in Shopee and Tokopedia E-commerce. Brecht Indonesia itself started marketing its products through Shopee and Tokopedia E-commerce by carrying out various promotional methods, this became something interesting for research writers. E-commerce is one of the means for companies to be able to sell their products at affordable prices and of course consumers can easily shop. The type of E-commerce used by Brecht Indonesia is Consumer to Consumer. The method used in this research is a case study method and data collection techniques used are interviews with resource persons, observation and documentation. The validity of the data using triangulation techniques, techniques triangulation can be interpreted as re-checking. The author uses triangulation of sources where the author will explore the truth from observations and interviews will be conducted by the author on the internal parties of Brecht Indonesia. The author also uses the theory of communication where the theory used is sales promotion. Sales promotion can be defined as a type of short-term incentive shown to encourage the purchase of products or services such as providing free samples, coupons, to other product bonuses. The results of the study say that Brecht already has a good relationship with consumers, it can be seen from the comments column on e-commerce and discussion columns as well as assessments from consumers. Brecht Indonesia conducted marketing communications that received positive feedback and led to an increase in sales in e-commerce.

Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Pemasar kini juga menggunakan media baru seperti Internet. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran perusahaan harus mengetahui apa saja kebutuhan dari para konsumen. Judul dari penelitian ini adalah Analisis Komunikasi Pemasaran E-commerce Pada Brecht Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis ingin mencari tahu komunikasi pemasaran apa saja yang dilakukan Brecht Indonesia di E-commerce Shopee dan Tokopedia. Brecht Indonesia sendiri memulai memasarkan produknya lewat E-commerce Shopee dan Tokopedia dengan melakukan berbagai cara promosi, hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk penulis teliti. E-commerce adalah salah satu sarana perusahaan untuk dapat menjual produknya dengan harga yang terjangkau dan tentunya dapat mempermudah konsumen untuk berbelanja. Jenis E-commerce yang digunakan oleh Brecht Indonesia yaitu Consumer to Consumer. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan narasumber, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik triangulasi untuk keabsahan data, triangulasi teknik dapat diartikan sebagai pengecekan ulang. Penulis menggunakan triangulasi sumber dimana penulis akan menggali kebenaran dari hasil observasi dan wawancara yang akan dilakukan penulis terhadap pihak internal Brecht Indonesia. Penulis juga menggunakan teori buaran komunikasi dimana teori yang dipakai adalah sales promotion. Promosi penjualan dapat diartikan sebagai jenis insentif jangka pendek yang ditunjukan untuk mendorong pembelian produk atau jasa seperti memberikan sample gratis, kupon, hingga bonus produk lainnya. Hasil penelitian mengatakan bahwa Brecht sudah memiliki hubungan yang baik dengan konsumen, dapat dilihat dari kolom komentar pada e-commerce kolom diskusi serta penilaian dari konsumen. Brecht Indonesia melakukan komunikasi pemasaran yang mendapatkan feedback positif dan membuat terjadinya peningkatan penjualan di e-commerce.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ibanez Vienoza Ngan, Universitas Tarumanagara

Falkutas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Falkutas Ilmu Komunikas

References

Kotler, P. (2012). Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and Control (9 ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M

udassir, R. (2019). Ini 10 e-Commerce yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia.

Rahardjo, S., & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta: kencana.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, J. P., & Setyanto, Y. (2020). Proses Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial (Studi pada Komunitas Penggemar Hot Wheels di Instagram). Prologia, 5(1), 52–59.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Bandung: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wong, J. (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.