Media Sosial dan Word of Mouth dalam Menentukan Keputusan Konsumen Memilih Jasa Modifikasi Motor

Billy Wirawan, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 33 | views: 20

Abstract

The process of communication that exists in the Kevin Speed between Kevin Speed and konsumenya happens online. This study raised the issue of social media and word of mouth in the decision of consumers to choose services modifications. The researchers used two concepts in the conduct of research, namely social media and word of mouth. Word of mouth is a marketing activity that is conducted through individual to individual, either orally, in writing or using electronic communications that connect the internet based on the experiences about a product and services. The definition of consumer decision defining the decision as a choice or action of the two alternative options or more. In conducting the study, researchers used a qualitative approach with case study method workshop Kevin Speed, Jakarta Barat. The subject of this research is companies that serve the automotive services modification of the motor and the object of this research is the consumer's decision to choose the services of the modifications in the workshop Kevin Speed. In collecting the data the researcher used interview and observation techniques. The results of this research is to make the consumers know how to modify the motor that is true and also consumer help services modification motor in the conduct of marketing through word of mouth in the decision. In this study, researchers also found the results of the consumer both referenced by his friend and see social media services modification of the motor before making a decision.


Proses komunikasi yang terjalin di dalam Kevin Speed antara Kevin Speed dan konsumenya terjadi secara online. Penelitian ini mengangkat persoalan mengenai media sosial dan word of mouth dalam menentukan keputusan konsumen memilih jasa modifikasi. Peneliti menggunakan dua konsep dalam melakukan penelitian, yaitu media sosial dan word of mouth. Word of mouth adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui individu ke individu baik secara lisan, tertulis atau menggunakan komunikasi elektronik yang terhubung internet dengan didasari oleh pengalaman tentang suatu produk dan jasa. Definisi keputusan konsumen mendefinisikan keputusan sebagai sebuah pilihan atau tindakan dari dua pilihan alternatif atau lebih. Dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus workshop Kevin Speed Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah perusahaan otomotif yang melayani jasa modifikasi motor dan objek penelitian ini adalah keputusan konsumen memilih jasa modifikasi dalam workshop Kevin Speed. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah membuat konsumen mengetahui cara memodifikasi motor yang benar dan konsumen juga membantu jasa modifikasi motor dalam melakukan pemasaran melalui word of mouth dalam menentukan keputusan. Dalam penelitian ini peneliti juga menemukan hasil konsumen kedua direferensikan oleh temannya dan melihat media sosial jasa modifikasi motor sebelum menentukan keputusan.

Keywords

determining consumer; social media; word of mouth

Full Text:

PDF

References

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus - Metode Penelitian Kualitatif. April 2015, 31–46. https://doi.org/10.31227/osf.io/f8vwb

Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Word Of mouth dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Coffee Broker. Prologia, 3(1), 39. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6138

Hassanin, A. (2014). Objek dan Subjek penelitian Metodologi Penelitian. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 41–60.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda). Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 13–25. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/189

Yudi. (2013). Analisis Food and Beverages Costing Dengan Pendekatan Matriks kaitannya dengan Strategi Pemasaran Pada Olla Restorant Hotel Granada Johor Bahru Malaysia. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699

Copyright (c) 2022 Kiwari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.