Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat "Adaptasi Kebiasaan Baru Cegah Covid-19 di Fasilitas Olahraga" dalam Media YouTube

Main Article Content

Fujimori Fujimori
Gregorius Genep Sukrendo

Abstract

This research has a purpose for measuring the level of effectiveness of public service ads 'Adaptation to New habits Prevent Covid-19 in the Sports Facilities’ on media youtube. Public service advertising is created and displayed dikanal Youtube Directorate of Health Promotion and Community Empowerment Ministry of Health of the Republic of Indonesia of ‘Public Service Ads Adaptation to New Habits Prevent Covid-19 in the Sports Facilities’ until now it has been watched more than 20 thousand spectators. This quantitative research has an aim of observing the current behavior and consists of one variable (univariate) using the EPIC Model theory to measure the effectiveness of advertising. Researchers collected data by distributing 100 questionnaires to respondents aged 15 years and over, using YouTube and domiciled on the island of Java. Data was collected to measure the 4 dimensions of the EPIC Model, namely Empathy, Persuasion, Impact, and Communication. After calculating the average score, the empathy dimension got an epic rate of 4, persuasion 3.9, impact 3.88, and communication 4.16. This result state that the public service advertisement "Adaptation of New Habits to Prevent Covid-19 in Sports Facilities" on YouTube is in the effective category.


Penelitian ini memiliki tujuan buat mengukur taraf efektivitas iklan layanan masyarakat ’Adaptasi kebiasaan Baru Cegah Covid-19 di Fasilitas Olahraga’ pada media youtube. Iklan layanan masyarakat yang dibuat dan ditampilkan dikanal Youtube Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia berjudul ‘Iklan Layanan Masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru Cegah Covid-19 di Fasilitas Olahraga’ hingga saat ini telah ditonton lebih dari 20 ribu penonton.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan mengamati perilaku yg sedang terjadi serta terdiri dari satu variabel (univariat) menggunakan teori EPIC contoh buat mengukur efektivitas iklan. Peneliti mengumpulkan data dengan cara berbagi 100 kuisioner kepada responden yang berumur 15 tahun keatas ,memakai youtube dan berdomisili pada pulau Jawa. Data dikumpulkan untuk mengukur dimensi dmensi EPIC contoh yang meliputi dimensi ikut merasakan, Persuasi, Impact, dan Komunikasi. setelah dilakukan perhitungan skor rata rata, dimensi ikut merasakan mendapatkan epic rate sebanyak 4, persuasion 3,9, impact 3,88, dan communication 4,16. sesuai hasil tersebut bisa dikatakan bahwa iklan’Adaptasi kebiasaan Baru Cegah Covid-19 difasilitas Olahraga’ dalam youtube masuk pada kategori efektif.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fujimori Fujimori, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukrendo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kemenkominfo. (2013). 29 Agustus 2021.Pengguna internet di Indonesia 63 juta orang.

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+pengguna+internet+di+indonesia+63+juta+orang/0/berita_satker

Pujianto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rudianto, Bayu Aji, B., Aulia Nurdini, R., & Fadilah. (2018). Perancangan animasi multimedia iklan layanan masyarakat tentang proses pembuatan e-ktp. 3(1),31–38.

Sari, Melizza Purnama. (2012). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia Depok Terhadap Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi “Jangan Buru-Buru”). Skripsi Ilmu Komunikasi. Depok: Universitas Indonesia.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.