Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Industri Miyak Sawit di Bangka (Studi Kasus PT. Mitra Agro Sembada)

Main Article Content

Alvin Alvin
Sinta Paramita

Abstract

Processing and plantation of oil palm is one of the important indicators of the Indonesian economy. It is also a job-generating industry. PT Mitra Agro Sembada is a company in the palm oil industry which is relatively new, so marketing communication plays an important role for. This marketing team will help develop the company to create excellence. This study aims to determine the marketing communication strategy of PT. Mitra Agro Sembada. The research was conducted with a qualitative descriptive approach and case study methodology. Information obtained by interview, documentation and observation techniques based on the 4P marketing mix (product, place, promotion, price) from Kotler. The results of this study are (1) PT MAS uses promotion by communicating with customers directly. PT.MAS provides an understanding of products by creating substandard quality so that consumers are interested in their products. (2) PT.MAS uses the 4P strategy in its marketing, namely the products distributed are all components of palm oil, the price is determined based on the tender, the place used is in Bangka Desa Labu, the promotion used is person to person promotion. (3) PT. Mitra Agro Sembada by using a marketing communication strategy in production has increased quite a bit based on the Daily Production Report obtained by the researcher.

Pengolahan serta perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu indikator penting perekonomian Indonesia. Ia juga merupakan industri yang menghasilkan lapangan pekerjaan. PT Mitra Agro Sembada merupakan perusahaan di industri kelapa sawit yang tergolong baru berdiri sehingga komunikasi pemasaran berperan penting bagi. Tim pemasaran ini akan membantu mengembangkan perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran PT. Mitra Agro Sembada. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metodologi studi kasus. Informasi didapatkan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi berdasarkan bauran pemasaran 4P (product, place, promotion, price) dari Kotler. Hasil dari penelitian ini adalah (1) PT MAS menggunakan promosi dengan berkomunikasi dengan customer secara langsung. PT.MAS memberikan pemahaman terkait produk dengan menciptakan mutu yang dibawah standart sehingga konsumen tertarik dengan produknya. (2) PT.MAS menggunakan strategi 4P dalam pemasarannya yaitu produk yang didistribusikan adalah semua komponen dari kelapa sawit, harga yang ditentukan berdasarkan tender, tempat yang digunakan adalah di Bangka Desa Labu, Promosi yang digunakan adalah Promosi person to person. (3) PT.Mitra Agro Sembada dengan menggunakan strategi komunikasi pemasarannya secara produksi cukup meningkat berdasarkan dengan Laporan Harian Produksi yang di dapat peneliti.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alvin Alvin, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Awwaabiin, S. (2021). Metode Kualitatif: Pengertian menurut ahli, jenis jenis, dan karakteristiknya

Indonesia Investment. (2017). Minyak Kelapa Sawit.

Kennedy, J. E., & Soemanarga, D. R. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia).

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13th ed). Jakarta: Erlangga.

Moleong, L.J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pahan, I. (2008). Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen agribisnis dari hulu hingga hilir. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Poerwanto., & Sukirno,L.Z. (2014). Komunikasi Bisnis: Prespektif Konseptualdan Kultural. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Soemanagara, R. D. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapa. Bandung: Alfabet. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 8 – 85.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Sukotjo, I. (2002). Pengantar Bisnis Modern, (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Edisi ketiga. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.