Humas Kreatif dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner di Instagram

Main Article Content

Febby Susanti
Sinta Paramita

Abstract

Instagram become the main option to increase their business sales and also increase the product awareness to the society. In this research, i am going to do research more about the strategy of creative public relations that has been used by one of the culinary business named Menantea, their instagram account named @menantea.toko. This research is going to use the theory of creative communications and related to public relations. Public relations has play an important role at maintaining a good relationship with public, also increase the effectiveness in communications. This research is using qualitative method, case study. Data collected by interview. The result of interview related with six creative public relations’ strategies that have been used by Menantea, such as create a creative contents that are useful, like quiz etc, create a relationship through conversation about Menantea or other topics, give the best service in answering customer’s complaint, through hotline or direct message, build a trust as Jerome Polin has a positive image in public, give a informations as the strategy of soft selling 6) give a chance for followers to give opinions to Menantea.

Instagram menjadi pilihan utama pembisnis dalam meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti lebih jauh mengenai strategi humas kreatif yang digunakan bisnis kuliner Menantea dalam instagramnya @Menantea.toko. Menantea adalah toko minuman khas teh dan buah yang dimiliki oleh influencer kakak beradik yaitu Jerome Polin dan Jehian. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi kreatif yang dikaitkan dengan public relations. Pendekatan penelitian ini adalah dengan kualitatif, metode penelitian menggunakan studi kasus, dan sifat penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil dari wawancara terkait enam strategi humas kreatif yang dilakukan Menantea diantaranya memberikan konten hiburan yang bermanfaat seperti kuis dan tebak kata, membangun hubungan melalui percakapan tentang Menantea atau topik acak lain, memberikan pelayanan terbaik dalam membalas keluh kesah customer melalui hotline khusus menantea dan direct message Instagram, membangun kepercayaan melalui Jerome Polin yang memiliki citra positif di mata masyarakat, memberikan informasi dengan strategi soft selling, memberikan celah followers untuk memberi saran secara transparan terkait Menantea.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Febby Susanti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

CNN Indonesia .(2017, Januari 18). "Gaya Hidup Masyarakat Menjadikan Bisnis Kuliner Menjanjikan".

Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.). California: Sage Publishing.

Liputan6. (2014, Januari 13) "5 Media Sosial Terbaik Buat Berbisnis".

Normawati, Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Let’S Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia) Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indo). Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.