Musik Rap Sebagai Budaya Hip-Hop di Mata Generasi Milenial (Studi Kasus Pelaku dan Penikmat Kolektif Dreamfilled)

Main Article Content

Hansen Djulianto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Music is an art that organizes a collection of tones into a sound that has a very close meaning in life. Hip hop is a lifestyle commonly known as culture, Rap music is a genre of Hip hop music that has been circulating since the 70s. Hip hop is a dynamic mix consisting of MCing/Rapping, DJing, Graffiti, Breakdancing, still attached to the current era of the millennial generation. Dreamfilled is one of the rap music collectives dominated by millennials who have a real movement in Hip hop in making songs or following culture, this can be correlated with subculture and fashion theories, there are also supporting theories used namely perception, lifestyle, music and culture. The author uses a qualitative method and selects 5 informants, including 3 rappers from the collective The Dreamfilled, 1 male rap music lover and 1 female rap music lover. The conclusion of this research is that the millennial generation and rap music lovers in the Dreamfilled collective continue to follow the subculture and fashion of Hip hop which is still being developed today and becomes a lifestyle.

Musik merupakan suatu seni yang mengorganisasikan kumpulan nada nada menjadi suatu bunyi yang mempunyai arti sangat dekat dalam kehidupan. Hip hop merupakan gaya hidup yang biasa disebut dengan kultur, musik Rap merupakan salah satu genre musik Hip hop yang sudah beredar semenjak tahun 70an. Hip hop merupakan perpaduan dinamis yang terdiri dari MCing/Rapping, DJing, Graffiti, Breakdancing, masih melekat hingga era generasi milenial saat ini. Dreamfilled merupakan salah satu kolektif musik rap yang didominasi oleh generasi milenial yang memiliki gerakan nyata dalam Hip hop dalam membuat karya lagu maupun mengikuti kultur, ini dapat dikorelasikan dengan teori subkultur dan fashion, ada juga teori pendukung yang dipakai yakni persepsi, gaya hidup, musik dan budaya. Penulis menggunakan metode kualitatif dan memilih lima informan yang antara lain rapper dari kolektif The Dreamfilled, penikmat musik rap laki laki dan perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah generasi milenial pelaku dan penikmat musik rap di kolektif Dreamfilled ini tetap mengikuti subkultur dan fashion dari Hip hop yang masih terus dikembangkan hingga saat ini dan menjadi gaya hidup.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Hansen Djulianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Andhini, N. F. (2017). Metodologi, Subjek, Dan Objek Penelitian. Journal of Chemical

Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. (2019). No Title. 2019.

Eppy Yuliani ; Ardiana Yuli Puspitasari;, & Shabrina Ayu Ardini. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesiapan Pemekaran Wilayah Kabupaten Brebes. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kebudayaan DKI Jakarta, D. P. (2019). Hip hop, Seni Musik. Ensiklopedia.

Lubis, M. A. H. (2019). Musik Hip – Hop Dan Identitas Diri Komunitas Dwell Dan Exito. Jurnal Seni Musik, 8(1), 7–12.

Yanti, D. K., & Susanto, E. H. (2020). Analisis Ketertarikan Generasi milenial pada Longform Journalism Visual Interaktif Kompas. Koneksi, 3(2), 414.