Pengaruh Boyband BTS Sebagai Brand Image Mcdonald’s terhadap Keputusan Pembelian Produk

Main Article Content

Griselda Griselda
Ahmad Junaidi

Abstract

In this increasingly modern era, people will find it very easy to find information through the mass media. This allows the emergence of other cultures, one of which is South Korean culture. Seeing the enthusiasm of the community makes companies compete to attract attention by using celebrities or k-pop idols to work together which of course to build a strong brand image. Judging from this phenomenon, a marketing strategy is needed to maintain competitiveness between companies, as well as what Mc'Donald is doing is collaborating with the rising BTS boyband by presenting a new menu, namely BTS meal. The purpose of this research is to see if there is any influence of the boyband BTS as Mc'Donald's brand image in purchasing decisions. The theory in this research is brand image and purchasing decisions. For the method the author uses a quantitative approach research with a questionnaire method distributed to 100 respondents taken from the ARMY population who bought BTS meal with male or female classification and aged 17-35 years. For the results of data processing that has been carried out by the author, namely a simple linear regression test, the results of the influence of BTS as McDonald's brand image in purchasing decisions are 62.1%.

Di era yang semakin modern ini, masyarakat akan sangat mudah mencari informasi melalui media masa. hal tersebut yang memungkinkan munculnya budaya-budaya lain salah satunya budaya korea selatan. Melihat antusias dari masyarakat membuat perusahaan bersaing untuk menarik perhatian dengan menggunakan selebriti atau idol k-pop untuk bekerja sama yang tentunya untuk membangun brand image yang kuat. Dilihat dari fenomena tersebut maka diperlukannya strategi pemasaran untuk mempertahakan daya saing antar perusahaan, begitu juga yang di lakukan oleh Mc’Donald adalah berkolaborasi dengan boyband BTS yang sedang naik daun dengan menghadirkan menu baru yaitu BTS meal. Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk melihat adakah pengaruh boyband BTS sebagai brand image Mc’Donald dalam keputusan pembelian. Teori yang digunakan adalah teori brand image dan keputusan pembelian. Untuk metode penulis menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner yang disebar ke 100 responden diambil dari populasi ARMY yang membeli BTS meal dengan klasifikasi pria atau wanita dan berumur 17-35 tahun. Untuk hasil olah data yang telah di laksanakan yaitu uji regresi linear sederhana memperoleh hasil adanya pengaruh BTS sebagai brand image McDonald’s dalam keputusan pembelian sebesar 62,1%.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Griselda Griselda, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alsa, Asmadi. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Susilawati, N. A., & Astri, N. (2014). Pengaruh Identitas Sosial terhadap Gaya Hidup Penggemar K-Pop (Korean Pop) (Studi Pada Komunitas K-Pop UIN Bandung/KUIN B). Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Uma Sekaran. (2010). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.