Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kreativitas Murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di Masa Pandemi

Main Article Content

Fauziah Rizkiani
Daniel Tamburian

Abstract

TikTok is one of the most popular applications and is loved by the people of Indonesia, especially teenagers during this pandemic. The TikTok application allows users to create short videos ranging from 15 seconds to three minutes which is also accompanied by a wide selection of music, various filters, and several other creative features. With a short video duration, users are encouraged to be creative. The creativity that can be issued is also very diverse, ranging from the materials used, the selection of video effects and also other available features. This study uses a quantitative approach and uses an online survey method by distributing questionnaires in the form of google form which is supported by data processing of the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) version 26 program. In this study, simple linear regression analysis was carried out, t test and coefficient test were used. The results of this study indicate that there is a significant effect between the use of the TikTok application on the creativity of students at SMA Yuppentek 1 Tangerang, and the results of a simple linear regression test with a constant value of 7135 and a regression coefficient of 0.544, with the t-test results showing a t-count value of 6.028 > t table 1987, and the results of the correlation coefficient test show a correlation value of r of 0.544.

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling popular serta banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya para remaja di masa pandemi ini. Aplikasi TikTok memungkinkan penggunanya dapat membuat video pendek yang mulai dari 15 detik hingga tiga menit yang juga disertai dengan berbagai pilihan musik, filter yang beragam, serta beberapa fitur kreatif lainnya. Dengan durasi video yang singkat, pengguna didorong untuk berkreasi. Kreativitas yang bisa dikeluarkan pun sangat beragam, mulai dari bahan yang digunakan, pemilihan efek video dan juga fitur-fitur lain yang tersedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei online dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form yang didukung dengan pengolahan data program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 26. Dalam penelitian ini dilakukan analisis regresi linier sederhana, Uji t dan uji koefisien digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok terhadap kreativitas siswa di SMA Yuppentek 1 Tangerang, dan hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai konstanta 7.135 dan koefisien regresi sebesar 0,544, dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 6.028 > t tabel 1.987, dan hasil uji koefisien korelasi menunjukkan nilai korelasi r sebesar 0,544.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fauziah Rizkiani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas

Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika

UNAND, 8(1), 179–188.

Kesuma, S., & Tamburian, D. (2021). Resepsi Remaja terhadap Konten

@BotakTikTok di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5(1), 182–186.

Puslitbangkesos, T. P. (2019). Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan

Pasca Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga.

Rachmawati, Y. (n.d.). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak - Yeni Rachmawati - Google Buku. Retrieved November 27, 2021, from

Rosi, D., Dadang Suparman, H., Pdi, S., & Sukabumi, P. (2020). Pengaruh Gaya

Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.

Pratama Abadi Industri Sukabumi (Studi Kasus Departemen Stockfit P2).

Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1), 102–119.

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru

Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi,

(2), 207–214.

Wulandari, K., & Famela, F. (2019). Brand Image Grab Terhadap Loyalitas

Pelanggan Dalam Pandangan Islam. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 15(2),

–282.