Upaya Departemen Marketing Communication dalam Membangun Engagement (Studi Kasus pada Instagram @musllimahdailycom)

Main Article Content

Rizka Amalia
Yugih Setyanto
Nigar Pandrianto

Abstract

Muslimahdaily.com makes Instagram a means to communicate with the public. This research was conducted with the aim of finding out what efforts the Marketing Communication team has made in building engagement on Instagram, knowing the content strategy of the Marketing Communication team in building Instagram engagement, knowing the content preferences of @Muslimahdailycom followers. The theory used in this research is communication, computer mediated communication (CMC), social media. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data obtained by conducting observations, interviews, documentation. The results obtained through the research are First, to interact. Second, collaborate with influencers. Third, the type of content that @Muslimahdailycom followers like the most is Islamic content.

 

Muslimahdaily.com menjadikan Instagram sebagai sarana untuk beromunikasi dengan publiknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan team Marketing Communication dalam membangun engagement di Instagram, mengetahui strategi konten team Marketing Communication dalam membangun engagement Instagram, mengetahui preferensi konten followers@Muslimahdailycom. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, computer mediated communication (CMC), media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil yang diperoleh melalui penelitian adalah Pertama, melakukan interaksi. Kedua, melakukan kerjasama dengan influencer. Ketiga, jenis konten yang paling disukai oleh followers @Muslimahdailycom adalah konten islami.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Rizka Amalia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Nigar Pandrianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289.

Barus, K. (2020). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Meningkat, Power Commerce

Asia Tangkap Peluang, Luncurkan Halal Plaza. 05 Mei 2020

<https://www.industry.co.id/read/65748/jumlah-penduduk-musliimindonesia-meningkat-powercommerce-asia-tangkap-peluang-luncurkan-halalplaza>, diunduh tanggal 24 Agustus 2021.

Kotller, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mahendra, Bimo. (2017). Eksistensi sosial media remaja dalam Instagram (sebuah

perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi. 16(1). 151-160.

Naim, N, (2016). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta