Studi Semiotika Pada Mural Di Jalan (Analisis Roland Barthes Pada Mural Yang Dihapus Setelah Viral)

Main Article Content

Bernica Irnadianis Ifada
Suzy S. Azeharie

Abstract

Mural is an art in the form of street art which is a medium of communication that is often used by the public to convey messages, hopes, and community criticisms to those in power. The Covid-19 pandemic is spreading rapidly around the world. The government makes policies and strategies to stop the spread of Covid-19. However, this resulted in many people being disappointed and dissatisfied. This dissatisfaction was shown by several people by making murals. This study will examine how the meaning of murals on the street are deleted after they go viral. The purpose of this study was to find out the meaning of the murals on the street was deleted after they go viral. The theory used in this research is the public sphere, the semiotics of Rolland Barthes, and the silent group. This research uses a descriptive qualitative research approach with the semiotic analysis method of Roland Barthes. The research data were obtained from observations, documentation studies, and literature studies. The conclusion of this study is that in public spaces, murals are used as social criticism. However, this mural often causes a lot of noise and the officers or officers reactively delete the messages as a form of silence.

 

Mural merupakan seni yang berbentuk street art yang menjadi media komunikasi yang kerap digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pesan, harapan dan kritik masyarakat kepada pihak yang memiliki kekuasaan. Pandemi Covid-19 menyebar dengan cepat keseluruh dunia. Pemerintah membuat kebijakan dan strategi dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Namun mengakibatkan banyak masyarakat yang kecewa dan merasa tidak puas. Ketidakpuasan itu ditunjukan beberapa masyarakat dengan membuat mural. Penelitian ini akan meneliti bagaimana makna pada mural di jalan yang dihapus setelah viral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pada mural di jalan yang dihapus setelah viral. Teori yang digunakan peneliti adalah ruang publik, semiotika Roland Barthes, dan kelompok bungkam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Data penelitian diperoleh dari pengamatan, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah di ruang publik, mural digunakan sebagai kritik sosial. Namun mural ini kerap menimbulkan banyak kegaduhan lalu petugas atau aparat secara reaktif menghapus pesan-pesan itu sebagai bentuk pembungkaman.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Bernica Irnadianis Ifada, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

BBC. (2021). Diakses dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-58345226.

Covid19.go.id. (2021). Diakses dari https://covid19.go.id/.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Indonesia.go.id. (2021). Diakses dari https://indonesia.go.id/profil/agama.

Kompas. (2020). Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/07/13/09361841/survei-litbang-

kompas-878-responden-tak-puas-pada-kinerja-menteri-tangani?page=all.

Lokadata. (2021). Diakses dari https://lokadata.id/artikel/hampir-separuh-orang-indonesia-piara-kucing-asia-pilih-anjing.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masyarakat berpenghasilan rendah. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7), 639-648.

Sarosa, Samiaji (2017). Penelitian Kualitatif : Dasar-Dasar. Jakarta : Indeks Jakarta.

Simarmata, S. (2014). Media baru, ruang publik baru, dan transformasi komunikasi politik di Indonesia. Jurnal Interact, 3(2), 18-36.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. (Penerbit Suaka Media (Ed.)).

West, Richard & Lynn H. Turner.. (2010). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Empat.