Analisis Brand Identity di Jejaring Sosial Instagram (Studi Kasus Kopi Lain Hati PIK)

Main Article Content

Chandra Ronaldo
Wulan Purnama Sari Jaya Putra

Abstract

The growth of coffee consumption in Indonesia is driven by several factors, including the increasing population of the younger generation in Indonesia. This study aims to find out how the Instagram social network analysis in building the Kopi Lain Hati PIK brand identity. Brand identity is an element of a brand which consists of characters, colors, symbols that contain the value of a product in a company so that consumers can understand the product. Instagram is a social media platform that uses documentation, photos, and videos. This study uses a qualitative approach with descriptive case study research methods. Interviews were conducted with 3 (three) resource persons as seekers of appropriate information, Owner of Kopi Lain Hati PIK, Leader of Kopi Lain Hati PIK, and Barista Kopi Lain Hati PIK. The results of this study indicate that using the Instagram social media platform to build the identity brand of Kopi Lain Hati PIK, is the right and very appropriate way. Instagram is used by Kopi Lain Hati PIK so that it can be a helper in building the Kopi Lain Hati PIK brand and to increase sales of Kopi Lain Hati PIK, and Instagram also increases followers of Kopi Lain Hati PIK.

Pertumbuhan mengkonsumsi kopi di Indonesia didorong oleh beberapa faktor di antaranya meningkatnya populasi generasi muda di Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis jejaring sosial instagram dalam membangun brand identity Kopi Lain Hati PIK. brand identity merupakan sebuah elemen dari suatu merek yang di dalamnya terdiri dari karakter, warna, simbol yang mengandung nilai suatu produk pada sebuah perusahaan agar konsumen bisa memahami produk. Media sosial instagram merupakan platfrom yang menggunakan dokumentasi, foto, dan video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus deskriptif. Wawancara di lakukan dengan 3 (tiga) narasumber sebagai pencari informasi yang tepat Owner Kopi Lain Hati PIK, Leader Kopi Lain Hati PIK, dan Barista Kopi Lain Hati PIK. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan platfrom media sosial Instagram untuk membangun brand indetity Kopi Lain Hati PIK, merupakan cara yang tepat dan sangat tepat. Instagram digunakan Kopi Lain Hati PIK agar dapat menjadi pembantu dalam membangun brand Kopi Lain Hati PIK serta untuk meningkatkan penjualan Kopi Lain Hati PIK, dan Instagram juga meningkatkan followers Kopi Lain Hati PIK.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Chandra Ronaldo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari Jaya Putra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ayu, M. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Eko, S. (2019). Ternyata Ini di Balik Kesuksesan Kedai Kopi Kekinian Kopi Lain Hati. Tribun Bsnis. https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/11/27/di-balik-kesuksesan-kedai-kopi-kekinian-kopi-lain-hati?page=2

Fabiola, M. S., & Sari, W. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Brand Identity Produk Samsung Pada Kalangan Remaja Di Jakarta. Prologia, 2(1). https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2416

IRA. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas dan Modal Usaha Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Milenial di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha.

Nasution. (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Bober Cafe di Kota Bandung. Repository.Unpas.Ac.Id.

Petra, U. K., Nathania, C., Tjahjo, J. D. W., Goenawan, F., Komunikasi, P. I., Kristen, U., & Surabaya, P. (2019). Studi Komparatif : Brand Identity Innisfree dan Nature Republic dalam Video Iklan Pendahuluan. Jurnal E-Komunikasi.

Riyadi, H. (2019). Pengertian Instagram Beserta Sejarah dan Fungsi Instagram yang Wajib Diketahui Pengguna Internet. Nesabamedia. https://www.nesabamedia.com/pengertian-instagram/

Sandy. (2020). Nasionalisme pada Foto Olahraga ( Analisis Semiotika Foto Jurnal;istik Olahraga Sepak Bola pada Instagram Peksi Cahyo). Prologia.

Saretta, I. R. (2021). Brand Identity: Pengertian, Keuntungan, hingga Cara Membangunnya. Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/brand-identity-pengertian-keuntungan-hingga-cara-membangunnya

Setyanto, Y., & Anggarin, P. T. (2016). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan dengan Media. ResearchGate, 1. https://www.researchgate.net/publication/308408605_Media_Sosial_sebagai_Sarana_Komunikasi_Perusahaan_dengan_Media

Sukarelawati, Suci. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Yang Berkaitan Dengan Pola Asuh Orang Tua Universitas Pendidikan Indonesia