HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DAN COPING STRESS PADA GURU SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Cinta Nadira Zakira
Niken Widi Astuti

Abstract

The teaching profession is considered a job that often causes high levels of stress. Because only teachers at the elementary school level teach in almost all fields of study, this situation is a stressor for elementary school teachers. Work stress is defined as a source of stress in the context of the work environment, encouraging individuals to respond with physiological, psychological and behavioral reactions. In dealing with stressors, efforts are needed which are known as coping. In stressful situations, the term used is coping stress. The aim of this study was to investigate the correlation between work stress and stress coping in elementary school teachers. This research uses quantitative methods by collecting data through online purposive sampling techniques, involving 246 participants. The instruments used are Parker's Job Stress to measure work stress and The Brief COPE to measure coping stress. The results of this research shows that there's a positive and significant correlation with the level of work stress and the coping stress strategies with the elementary school teachers.


 


Profesi guru dianggap sebagai pekerjaan yang sering menimbulkan tingkat stres yang tinggi. Dikarenakan hanya guru pada tingkat sekolah dasar yang mengajar di hampir semua bidang studi, keadaan ini menjadi salah satu pemicu stres bagi para guru sekolah dasar. Stres kerja diartikan sebagai sumber stres dalam konteks lingkungan kerja, mendorong individu untuk merespons dengan reaksi fisiologis, psikologis, dan perilaku. Dalam menghadapi stressor diperlukan upaya yang dikenal sebagai coping. Dalam situasi stres, istilah yang digunakan adalah coping stress. Penelitian ini ditujukan untuk menyelidiki hubungan antara stres kerja dan coping stress pada guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui teknik purposive sampling secara online, melibatkan 246 partisipan. Instrumen yang digunakan adalah Parker’s Job Stress untuk mengukur stres kerja dan The Brief COPE untuk mengukur coping stress. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara tingkat stres kerja dengan penggunaan strategi coping stress pada guru sekolah dasar.

Article Details

Section
Artikel

References

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 6(2), 106-112. https://doi.org/10.21009/JPPP.062.08.

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stres kerja. Syria Studies.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing coping strategies: A theoretically based approach. Journal of personality and social psychology, 56(2), 267-283. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.56.2.267.

Fomba, B. K., Talla, D. N. D. F., & Ningaye, P. (2023). Institutional quality and education quality in developing countries: Effects and transmission channels. Journal of the Knowledge Economy, 14(1), 86-115. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00869-9.

Gobel, R. S., Rattu, J. A., & Akili, R. H. (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada perawat di ruang icu dan ugd rsud datoe binangkang kabupaten bolaang mongondow. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v4i2.12881.

Harmsen, R., Helms-Lorenz, M., Maulana, R., & Veen, K. V. (2018). The relationship between beginning teachers’ stress causes, stress responses, teaching behaviour and attrition. Teachers and Teaching, 24(6), 626-643. https://doi.org/10.1080/13540602.2018.1465404.

Indra, R., Lian, G. C., Putri, J. A. I., Valencia, L., Santoso, Y. E. S. U., & Yosua, I. (2021). Gambaran stres kerja dan koping guru sma saat pembelajaran daring selama pandemi. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 1(1), 63-86. https://doi.org/10.35814/mindset.v1i01.2577.

Leonardi, F. N., & Astuti, N. W. (2023). Hubungan stres kerja dengan kesejahteraan psikologis guru. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(2), 26-37. https://doi.org/10.24912/provitae.v16i2.26700.

Mallapiang, F. (2022). Pengaruh peran ganda terhadap kejadian stres kerja pada guru wanita selama masa pandemi covid 19. Jurnal Sipakalebbi, 6(1), 38-51. https://doi.org/10.24252/sipakallebbi.v6i1.28983.

Nisa, F. K. (2021). Gambaran stres kerja guru sekolah dasar di kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara Jawa Tengah pada masa pandemi covid-19 tahun 2021. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Pertiwi, N. Y., & Wardani, I. Y. (2019). Tingkat stres kerja dan strategi koping guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(2), 155-164. https://doi.org/10.32583/pskm.9.2.2019.155-164.

Putri, M. Y., Wahyuni, I., & Lestantyo, D. (2018). Hubungan antara motivasi dan manajemen stres dengan stres kerja pada guru sma santo yakobus jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5), 587-593. https://doi.org/10.14710/jkm.v6i5.22098.

Rosanna, S. F., Hartanti, R. I., & Indrayani, R. (2021). Hubungan antara faktor individu dan kejenuhan dengan stres kerja pada guru sekolah dasar sederajat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 17(2), 111-118. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i2.24783.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). John Wiley & Sons.

Sari, H. F. R., Ekawarna, & Sulistiyo, U. (2022). Pengaruh stres kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1204-1211. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2113.

Xhelilaj, L. K., Petani, R., & Ntalla, M. (2021). Relationship between teacher’s burnout, occupational stress, coping, gender and age. Journal of Educational and Social Research, 11(4), 266. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0094.