PENGARUH SELEBRITIS, TOKOH POLITIK & PERILAKU MEMILIH DALAM PEMILU PADA PEMILIH PEMULA

Main Article Content

Meike Kurniawati

Abstract

In the Indonesian General Election, February 14, 2024, the number of new voters for the general election until June 2022 were 578,139 out of a total of 190,022,169 people. New voters have a significant role because of several reasons: the large amount, and also their future determination because most of as  a young generation (millennial & Z generation). New voters usually not gets enough politic education, and also not have preferences. In politic marketing, if someone not have preferences, they tend to ask their references group. Reference groups, may consist of celebrity & political figures. The aim of this study  is to determine whether celebrity & Political figures’s influence the new voter’s choosing behaviour. The data obtained from 278 new voters. processed using simple regression. Celebrities & political figures has significantly influence in  New Voter’s Choosing Behaviour 14.3%  and  19.2 % in sequence.


Pada Pemilihan Umum Indonesia, 14 Februari 2024, data jumlah pemilih pemula hingga Juni 2022 sebanyak 578.139 dari total 190.022.169 orang. Pemilih pemula memiliki peran yang penting karena beberapa alasan : jumlah yang besar, dan sebagai penentu masa depan mereka karena sebagian besar adalah generasi muda (generasi milenial & Z). Pemilih pemula biasanya belum mendapat pendidikan politik yang cukup, dan belum memiliki / menentukan pilihan. Dalam pemasaran politik, seseorang yang belum / tidak memiliki preferensi, biasanya cenderung akan mencari informasi dari kelompok referensi. Kelompok referensi, dapat terdiri dari selebritas & tokoh politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh selebriti & tokoh politik terhadap perilaku memilih pemilih pemula. Data diperoleh dari 278 responden, analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan selebriti & tokoh politik berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Memilih Pemilih Pemula sebesar 14,3% dan 19,2%.

Article Details

Section
Artikel

References

Antwi, B. R. (2018). How Do Voters Decide? A Study of The Determinants of Voting Behavior in Ghana. Thesis. Wright State University.

Budiman, A. (2014). Kelompok acuan dalam political marketing. Banjarmasin Pos. 30 Juli.

Darmawan, I. (2015). Keterlibatan Selebriti dalam Pemilu di Indonesia Pasca Orde Baru. Sosiohumaniora, 17(3), 236-242. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v17i3.8341

Firmansyah. (2008). Marketing politik: Antara pemahaman dan realitas. Obor.

Morin, D. (2012). Celebrity and politics: Effects of endorser credibility and sex on voter attitudes, perceptions, and behaviors. Social Science Journal 49(1): 413-420

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. Pearson Education Limited

Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Salemba Empat.

Sialen, E., Kurniawati., M & Wijaya, E. (2018). Peran Kelompok Acuan Terhadap Perilaku Konsumtif Produk Fashion Pada Mahasiswa. Skripsi. Universitas Tarumanagara

Street, J. (2004). Celebrity Politicians: Popular Culture and Political Representation. The British Journal of Politics and International Relations, 6(4), 435–452. https://doi.org/10.1111/j.1467-856X.2004.00149.x

Subandi, H. B. & Ubaid, A. (2020). Selebritis Menjadi Politisi: Studi tentang Bagaimana Selebritis Menang atau Kalah dalam Pemilu Legislatif. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5, 21-45.

Turner, G. (2004). Understanding Celebrity. SAGE Publications

Undang-Undang No. 10 tahun 2008 Tentang Pemilih Pemula

Wardhani, P. S. N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57-62.