GAMBARAN PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK ASUH DI PANTI X

Main Article Content

Devita Virgitasari
Niken Widi Astuti
Willy Tasdin

Abstract

ABSTRACT


Discipline behavior is compliance to implement a system that requires a person to comply with decisions, orders, and regulations that apply in a place (Naim, 2012). The application of discipline in orphanages is very different from others, considering that there are more children in orphanages than the caregivers. In orphanages, children are required to be more independent in carrying out scheduled activities in order to maintain order so that activities continue to run systematically. The purpose of this study was to describe the discipline behavior of children at Panti X. The research method used a qualitative descriptive approach by taking samples through interviews with two caregivers and two children. The results showed that children were not consistent in carrying out discipline behavior. This is proven through the many violations committed. The conclusion that the researchers got was that the violation of the rules by children was caused by boredom and the desire for pleasure. Things that can improve the discipline of children are the existence of punishment and rewards.


 


ABSTRAK


Perilaku disiplin merupakan kepatuhan untuk melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan seseorang untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku di suatu tempat (Naim, 2012). Penerapan disiplin yang dilakukan di panti asuhan sangat berbeda dengan yang lain, mengingat lebih banyaknya jumlah anak asuh dibandingkan dengan jumlah pengasuh. Di panti asuhan, anak dituntut untuk lebih mandiri dalam  mengikuti kegiatan yang sudah terjadwal guna menjaga ketertiban agar kegiatan tetap berjalan dengan sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku disiplin pada anak asuh di Panti X. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel melalui wawancara terhadap dua pengasuh dan dua anak asuh. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa anak asuh belum konsisten dalam berperilaku disiplin. Hal ini dibuktikan melalui masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan. Adapun kesimpulan yang peneliti dapatkan adalah pelanggaran aturan yang dilakukan anak asuh disebabkan oleh rasa bosan dan keinginan untuk mendapat kesenangan. Hal yang dapat meningkatkan kedisiplinan anak asuh adalah adanya hukuman dan penghargaan.

Article Details

Section
Artikel

References

Afrianita, N. (2021). Penanaman karakter disiplin kepada anak (Studi deskriptif pada anak usia 9-12 tahun di Dompet Yatim dan Dhuafa Lubang Buaya) [Skripsi]. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia. Diunduh dari http://repository.unj.ac.id/17392/

Alfian, B. E. N., Siswanto, & Ilyas. (2013). Upaya menerapkan tata tertib untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh panti di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran Kabupaten Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 2(1), 8-16. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id /sju/index.php/jnfc/article/download/2794/2590/

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Fiara, A., Nurhasanah, & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1-6.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Karuniawan, I. I. (2018). Penanaman nilai-nilai disiplin pada anak-anak di Panti Asuhan Al-Maa'uun Kober Kabupaten Banyumas [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri, Purwokerto, Indonesia.

Mu'arif, S. (2007). Pengaruh intensitas sanksi terhadap kedisiplinan anak asuh Panti Asuhan Nurul Huda Melaya-Bali [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia. Diunduh dari http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1170/1/BAB%201,%20BAB

%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Naim, N. (2012). Character building optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan ilmu dan pembentukan karakter bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurhaliza, M., Kurniawan, F., & Irwan, M. (2020). Pengaruh implementasi bimbingan sosial terhadap perilaku disiplin anak binaan Panti Asuhan Yayasan Pembangunan Didikan Islam. Jurnal Education for All, 9(2), 1-10. Diunduh dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.p

hp/efa/article/view/21850/14695

Shochib, M. (2010). Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Unaradjan, D. (2003). Manajemen disiplin. Jakarta: PT. Grasindo.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

​​Wulansari, I., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Upaya pengasuh dalam membantu menerapkan perilaku disiplin pada anak (Studi kasus di Panti Asuhan Salib Putih Salatiga). Satya Widya, 34(1), 50-61. Diunduh dari https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p50-61