IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 15 KOTA BEKASI

Main Article Content

Rizdmah Fitriani
Diannita Regita Sari
Agustina Ekasari

Abstract

The teaching campus program is one of the Merdeka Learning Campus Merdeka (MBKM) programs that involve students to shape learning during the pandemic, especially for elementary school (SD) and junior high school (SMP) children as part of strengthening literacy and numeracy learning so that students become teacher partners in doing creativity and innovation in learning. This activity starts on August 2, 2021 until December 17, 2022, located at SMP Negeri 15 Bekasi City in Kranggan Permai, Jatisampurna District, Bekasi City, West Java where this school has 30 classrooms. The results obtained from the campus teaching program are helping schools in terms of teaching, adapting technology, and administration while students get a lot of experience that could not be obtained before on campus, namely about teaching methods, public speaking, and others. The establishment of a reading corner that has been carried out has succeeded in influencing the learning spirit of grade 7, 8, and 9 students because this program is effective in terms of the teaching process. It can be seen that students gain new knowledge that is not obtained in class and students find it easier to find references or sources to complete the tasks they get. Meanwhile, in terms of technological adaptation, judging from the reach of the internet, learning media using WhatsApp is the most effective way. Meanwhile, in terms of administration, students assist operator staff in managing student data in the dapodik and the main book. In addition, students also help in recording student scores.


Program kampus mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang melibatkan mahasiswa untuk membentuk pembelajaran di masa pandemik terutama untuk anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi sehingga mahasiswa menjadi partner guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Kegiatan ini dimulai pada 02 Agustus 2021 hingga 17 Desember 2022, berlokasi di SMP Negeri 15 Kota Bekasi di Kranggan Permai, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat di mana sekolah ini memiliki 30 ruang kelas. Hasil yang didapatkan dari program kampus mengajar adalah membantu sekolah dalam hal mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi sedangkan mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman yang tidak bisa didapatkan sebelumnya di kampus yaitu tentang metode mengajar, public speaking, dan lain-lain. Pembentukan pojok baca yang telah dilakukan berhasil mempengaruhi semangat belajar siswa kelas 7, 8, dan 9 karena program ini efektif dalam hal proses mengajar. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa mendapatkan pengetahuan baru yang tidak didapatkan dikelas dan para siswa lebih mudah dalam mencari referensi atau sumber untuk menyelesaikan tugas yang didapatkan. Sementara dalam hal adaptasi teknologi, dilihat dari jangkauan internet media pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp merupakan cara yang paling efektif. Sedangkan dalam hal administrasi, mahasiswa membantu staff operator dalam mengelola data siswa pada dapodik dan buku induk. Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam perekapan nilai siswa.

Article Details

Section
Artikel

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Kemendikbud. (2020). Buku Pegangan Mahasiswa Kampus Mengajar Perintis. Kemendikbud. (2020). Buku saku utama program kampus mengajar 2021.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/download/buku.saku.utama.kampus.mengajar_10.pdf.

Kemendikbud. (2021). Buku panduan kampus mengajar angkatan 2 tahun 2021. SubPokja Kampus Mengajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kemendikbud. (2021). Buku saku utama aktivitas mahasiswa program kampus mengajar 2021. Kemendikbud.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19: (Online learning in the middle of the COVID-19 pandemic). BIODIK, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Uno, H.B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Bumi Aksara.

Vokasi Kemdikbud (2021, 30 Maret). Pembelajaran tatap muka terbatas mulai juli 2021. https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/pembelajaran-tatap-muka-terbatas-mulai-juli-2021