MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA/I DI SD NEGERI SUKAKERTA 03
Main Article Content
Abstract
Education is an important part of human life. The changes from the traditional era to the era of globalization that are so rapid in the last 20 years have resulted in changes in human behavior such as the order in society and cultural changes that occur in society itself. The era of the industrial revolution 4.0 has the main goal of achieving assignments for literacy and numeracy materials. Motivation is the basic impulse in a person to do something or move someone to act in order to achieve the desired goal. In carrying out this activity, the participants involved were students of SD Negeri Sukakerta 03. The results obtained from the application of contextual teaching and learning, ice-breaking, and student center methods can be said to be effective and have a positive effect on increasing student motivation at SD Negeri Sukakerta 03. The limitation of our program is the need for teacher creativity in creating a comfortable atmosphere when learning. This creativity is still rarely owned by teachers, so it is hoped that teachers always look for the latest references regarding the right learning methods to be applied.
Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan manusia yang penting. Adanya perubahan dari zaman tradisional ke era globalisasi yang begitu pesat di 20 tahun terakhir mengakibatkan perubahan perilaku manusia seperti tatanan dalam masyarakat dan perubahan budaya yang terjadi di masyarakat itu sendiri. Era revolusi industri 4.0 memiliki tujuan utama dalam mencapai penugasan terhadap materi literasi dan numerasi. motivasi adalah dorongan dasar pada diri seseorang untuk melakukan suatu hal atau menggerakkan seseorang untuk bertindak demi mencapai tujuan yang diinginkannya. Pada pelaksanaan kegiatan ini partisipan yang terlibat adalah siswa/i SD Negeri Sukakerta 03. Hasil yang diperoleh dari penerapan pembelajaran contextual teaching and learning, ice breaking, dan metode student center dapat dikatakan efektif dan berpengaruh positif pada peningkatan motivasi siswa di SD Negeri Sukakerta 03. keterbatasan pada program kami yaitu diperlukannya kreativitas guru dalam menciptakan suasana yang nyaman ketika pembelajaran. Kreativitas ini masih jarang dimiliki oleh guru sehingga diharapkan agar guru selalu mencari referensi terbaru terkait metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan.
Article Details
References
Afandi, F., Jafar, M. I., & Adnan. K. (2021). Hubungan kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 423–430.
Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran ipa untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95-108.