ARTIFICIAL INTELLIGENCE: SEBUAH USULAN SISTEM TRAINING KARYAWAN TANPA BATAS
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT (Times New Roman, 10pt, Italic )
Training is one of a company's efforts to train its employees through learning knowledge, skills, or abilities to achieve specific goals. The learning and training process is usually carried out offline, so it is considered less effective if applied to soft skills that do not require much practice. In addition, offline training is considered less efficient because it causes the trainer to repeat the same material at different times. Then, the company also needs to prepare a lot of costs for participants' departure, consumption, and residence during the training period. The utilization of e-learning by utilizing artificial intelligence (AI) systems can minimize this. E-learning with AI features, such as automatic provision of content, adjustment of employee learning styles, and employee freedom in choosing materials according to their needs, can be more effective and efficient, in terms of time, cost, and the resulting output. However, there are challenges for companies, example, the use of e-learning will require employees to study and explore information individually, so employees need to have a high learning spirit and companies need to control employees to learn the material and develop the skills needed actively. In addition, increasingly sophisticated technological developments will also challenge companies to continue updating systems and features using AI.
Keywords: Training, Artificial intelligence, E-learning
ABSTRAK
Training merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dengan melatih karyawannya melalui pembelajaran terhadap pengetahuan, keterampilan, atau kemampuan untuk mencapai tujuan tertentu. Proses pelaksanaan training biasanya dilakukan secara luring, sehingga dinilai kurang efektif dan efisien apabila diterapkan pada kemampuan soft skills yang tidak membutuhkan banyak praktik. Pelaksanaan training secara luring berdampak pada trainer harus berulang-ulang menjelaskan materi yang sama dengan waktu yang berbeda-beda sehingga kurang efisien dalam penggunaan waktu. Lalu, perusahaan juga perlu menyiapkan banyak biaya untuk keberangkatan, konsumsi, dan tempat tinggal peserta training. Penggunaan e-learning dengan memanfaatkan sistem artificial intelligence (AI) dinilai dapat meminimalkan hal tersebut. e-learning dengan fitur-fitur AI, seperti menyediakan konten secara otomatis, penyesuaian gaya belajar karyawan, dan kebebasan karyawan dalam memilih materi sesuai kebutuhannya, dapat lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu, biaya, hingga output yang dihasilkan. Di samping itu, terdapat hal yang menjadi tantangan bagi perusahaan, misalnya penggunaan e-learning akan mengharuskan karyawan untuk mempelajari dan menggali informasi secara individu, maka karyawan perlu memiliki semangat belajar yang tinggi dan perusahaan perlu mengontrol karyawan untuk dapat aktif mempelajari materi dan mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin canggih pun akan menjadi tantangan bagi perusahaan untuk terus memperbaharui sistem dan fitur penggunaan AI.
Kata Kunci: Training, Artificial Intelligence, E-learning
Article Details
References
Afiouni, R. (2019). Organizational Learning In The Rise Of Machine Learning. Fortieth International Conference On Information Systems. Https:/core.ac.uk/download/pdf/3011385554.pdf
Gomes, F. C. (2000). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Andi.
Hasbi, M., & Syarif, M. (2017). Penerapan metode bayesian network dalam aplikasi e-learning berbasis web . Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 07(02). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/justit.7.2.36-44
Kampus Merdeka Indonesia Jaya. (2021). Apa Itu Magang? | Merdeka Belajar. Kampus Merdeka. Https://Kampusmerdeka.Kemdikbud.Go.Id/Program/Magang/Detail
Kusumadewi, S. (2003). Artificial intelligence (teknik dan aplikasinya). Graha Ilmu.
Manullang, M. (2013). Manajemen sumber daya manusia. Citapustaka Media Perintis.
Matsa, P., & Kusumagullamajji, K. G. (2019). To study impact of artificial intelligence on human resource management. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 06(08). https://doi.org/https://www.irjet.net/archives/V6/i8/IRJET-V6I8226.pdf
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial intellegence dengan pembentukan nilai dan karakter di bidang pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148–154. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Munajatisari, R. R. (2014). Analisis efektivitas metode pelatihan klasikal dan e-Learning. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jab.v10i2.1463.%25p
People.com, P. (2022, September 29). Efficacy of virtual training & development. People.com. Retrieved November 18, 2022, from https://www.people.com.pk/3045-2/
Porwal, K., Metha, K. P., & Maharashtra, M. (2021). A study on use of AI in enhancing the effectiveness of learning and development programs in the organization. International Journal for Research in Engineering Application & Management (IJREAM), 07(02). https://doi.org/http://ijream.org/papers/IJREAMV07I0274071.pdf
Pradasari, N. I., & Atimi, R. L. (2019). Pemodelan bayesian network untuk prediksi penyakit saluran pernapasan. Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 12(02), 292–302. https://doi.org/https://scholar.google.com/scholar?q=+intitle:%27Pemodelan%20Bayesian%20Network%20untuk%20Prediksi%20Penyakit%20Saluran%20Pernapasan%27
Seraydarian, L. (2022, September 9). How we use ai in our daily lives. Plat.AI. Retrieved November 19, 2022, from https://plat.ai/blog/how-we-use-ai-in-our-daily-lives/
Sikula, A. E. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Erlangga.
Tuomi, I. (2018). The impact of artificial intelligence on learning, teaching, and education. European Union. https://doi.org/10.2760/12297
Wiliandari, Y. (2014). Rancangan pelatihan dan pengembangan SDM yang efektif. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 94–110. https://doi.org/https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/view/1460/7
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0 utilization of e-learning for educators in digital era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://doi.org/https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2543/2357