RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN DENGAN ORIGAMI DAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI TK B ANGGUR (PAUD X SURABAYA)
Main Article Content
Abstract
Concentration of learning is needed by students in participating in learning so that they can understand the material given by the teacher. The existence of an innovative learning program design using folding paper (origami) and finger puppets is expected to increase learning concentration in TK B Anggur students. The results of the learning design trials that have been carried out are that students are more enthusiastic when learning which increases concentration during learning. For further development or improvement of the program, children with special needs may not be invited to interact with finger puppets too often because of distractions when learning to use finger puppets is applied, children with special needs always follow finger movements.
Konsentrasi belajar sangat diperlukan murid dalam mengikuti pembelajaran agar dapat memahami materi yang diberikan guru. Adanya inovasi rancangan program pembelajaran menggunakan kertas lipat (origami) dan boneka jari diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada murid TK B Anggur. Hasil uji coba rancangan pembelajaran yang telah dilakukan yaitu murid lebih antusias saat belajar yang meningkatkan konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Untuk pengembangan atau penyempurnaan program selanjutnya, pada murid ABK mungkin tidak terlalu sering diajak interaksi dengan boneka jari karena adanya distraksi saat pembelajaran menggunakan boneka jari diterapkan, salah satu murid ABK mengikuti gerakan-gerakan jari tangan.
Article Details
References
Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Lembaga Paud. Edukid, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19830
Chrestiany, S., & Hasibun, R. (2018). Implementasi media boneka ari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–5.
Diana, D., & Novira, P. (2019). Inovasi permaianan dukatif Melalui oneka jari sebagai alternatif bisnis usaha mahasiswa. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 1. https://doi.org/10.29406/br.v16i1.1404
Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami (Improving Children Fine Motor Ability through Origami Folding Activity). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284
Kusumaningrum, A. D. (2013). Efektifitas penggunaan kertas lipat (origami) dalam meningkatkan kreativitas pada anak. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 4, 10-15. https://adoc.pub/efektifitas-penggunaan-kertas-lipat-origami-dalam-meningkatk.html
Nugraha, S. P., & Muliatsih, D. (2013). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami . Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(3), 183–187. https://doi.org/https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7875/6884/14601
Setyani, M. R., & Ismah, I. (2018). Analisis tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika ditinjau dari hasir belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matemtik 2018, 01. https://doi.org/https://ecampus-fip.umj.ac.id/umj/AmbilLampiran?ref=13829&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain