PENTINGNYA ETIKA BERMEDIA SOSIAL TERHADAP KEARIFAN LOKAL DI KALANGAN GENERASI MUDA

Main Article Content

Andrea
Elizabeth
Felicia
Yuwono

Abstract

ABSTRACT


The writing of the research entitled "The Importance of Social Media Ethics for Local Wisdom Among the Younger Generation" is motivated by technological developments which have resulted in increased use of social media as a place to socialize that allows humans to interact with each other without restrictions and is done online. Ethics are norms or values that guide good or bad behavior. Ethics in social media play an important role in maintaining the integrity of local wisdom in our nation. The research was conducted with the aim of knowing how to use and maintain social media ethics wisely to maintain local wisdom among the younger generation with normative reviews and secondary data sourced from positive law (ius constitutum).


 


Keywords: Social media, ethics, local culture


 


ABSTRAK


Penulisan penelitian yang berjudul “Pentingnya Etika Bermedia Sosial Terhadap Kearifan Lokal di Kalangan Generasi Muda” dilatarbelakangi perkembangan teknologi yang mengakibatkan meningkatnya penggunaan Media sosial adalah sebuah tempat untuk bersosialisasi yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa batasan dan dilakukan secara online. Etika adalah norma atau nilai-nilai yang menjadi pegangan mengenai baik buruknya suatu perilaku. Etika dalam bermedia sosial menjadi peran penting dalam menjaga keutuhan kearifan lokal yang ada di bangsa kita. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana cara menggunakan dan menjaga etika media sosial dengan bijak untuk menjaga kearifan lokal di kalangan generasi muda serta kegunaan teoritis yang diartikan bahwa penelitian menjadi kontribusi untuk menambah sumber ilmu atau referensi dengan tinjauan normatif dan data sekunder yang bersumber dari hukum positif (ius constitutum).


 


Kata kunci: Media sosial, etika, kearifan lokal

Article Details

Section
Artikel

References

IAI An Nur Lampung. (2022, November 4). Pengertian etika menurut ahli. https://an-nur.ac.id/pengertian-etika-menurut-ahli/

Lavender, P. (2022, Juni 13). Pengertian Etika Menurut para Ahli, Fungsi, dan Contoh. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/499059/pengertian-etika-menurut-para-ahli-fungsi-dan-contoh

Rahmadina, P., Afriyeni, N., Sarry, S. M. (2018, Juni). Hubungan regulasi emosi dengan problematic internet use pada mahasiswa pengguna media sosial di universitas andalas. Jurnal RAP UNP, 9(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v9i1.10381

Rokhayah, S. (2021, Juli 26) Etika bermedia sosial. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekalongan/baca-artikel/14086/Etika-Bermedia-Sosial.html

Rustian, R. S. (2012, Maret 1). Apa itu sosial media. Universitas Pasundan. https://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/

Soekanto, S., & Mamudji, S. (2006). Penelitian hukum normatif suatu tinjauan singkat. Raja Grafindo Persada.

Stikes Banyuwangi. (2021, Oktober 26). 5 poin penting, Etika bermedia sosial wajib diketahui. https://stikesbanyuwangi.ac.id/etika-bermedia-sosial/

Undang-Undang No. 11 Tahun 2008.