ETIKA DAN PRILAKU MASYARAKAT INDONESIA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Afif Farhan
Cindy

Abstract

 


ABSTRACT


Humans are social creatures that coexist and always carry out interaction and communication at all times, along with the development of the communication era, not only two or more people exist in the same environment, but currently can communicate remotely using social media, social media is growing rapidly following the times, behind the rapid progress,  not balanced with the people who use it or we call netizens perilaku netizens Indonesia is the worst in the Southeast Asian region, very concerning indeed. With this situation, the author wants to examine how the ethics of the Indonesian people in social media. This research uses normative research methods the basic data used is library material which in research science is classified as secondary / indirect data. The deviant behavior and inaccuracy of the Indonesian people became a common pr to be eliminated, and began to implement a good and polite way of social media.


 


Keywords: Ethics, social media, community


 


ABSTRAK 


Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup secara berdampingan dan selalu melakukan interaksi dan komunikasi setiap waktu, seiring perkembangan zaman komunikasi tidak hanya dua orang atau lebih yang ada dalam satu lingkungan yang sama, melainkan saat ini bisa berkomunikasi dengan jarak jauh dengan menggunakan media sosial, media sosial berkembang begitu pesat mengikuti perkembangan jaman, dibalik kemajuan yang cukup pesat, tidak diimbangi dengan masyarakat yang menggunakannya atau kita sebut netizen perilaku netizen Indonesia merupakan yang terburuk di kawasan Asia Tenggara, sangat memprihatinkan memang. Dengan keadaan tersebut penulis ingin meneliti bagaimana etika masyarakat Indonesia dalam bermedia sosial, penelitian ini menggunakan metode penelitian Normatif data dasar yang digunakan adalah bahan pustaka yang dalam ilmu penelitian tergolong sebagai data sekunder/tidak langsung. Perilaku yang menyimpang dan tidak telitinya masyarakat Indonesia menjadi Pr bersama untuk dihilangkan, dan mulai menerapkan cara bermedia sosial yang baik dan santun.


 


Kata kunci: Etika, media sosial, masyarakat

Article Details

Section
Artikel

References

Allstars. (2021, Maret 02). Tahukan kamu, media sosial pertama kali diluncurkan? https://www.allstars.id/blog/2021/03/02/media-sosial-pertama/

Bertens, K. (2007). Etika. Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, I. R. (2022, Juni 09). CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022

Haryatmoko. (2007). Etika komunikasi: Manipulasi media, kekerasan, dan pornografi. Kanisius.

Rizky, A. (2022, Juli 24). 10 Negara teramah di dunia, indonesia nomor berapa?. Detik. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6196080/10-negara-teramah-di-dunia-indonesia-nomor-berapa

Rizaty, M. A. (2022, Agustus 10). Pengguna twitter di indonesia capai 18,45 juta pada 2022. DataIndonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-twitter-di-indonesia-capai-1845-juta-pada-2022.

Rosa, M. C. (2022, Maret 26). Penyebab netizen indonesia disebut paling tidak sopan se-asia tenggara. Kompas. https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/26/110500081/penyebab-netizen-indonesia-disebut-paling-tidak-sopan-se-asia-tenggara?page=all

Soekanto, S. (2006). Sosiologi suatu pengantar. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S., Mamudji, S. (2007). Penelitian hukum normatif : suatu tinjauan singkat. Raja Grafindo Persada.

Taprial, V. & Kanwar, P. (2012). Understanding social media. Ventus Publishing.

Utami, S. P. (2014). Modal sosial arisan motor cv sehati di dusun plataran desa banyurejo kecamatan tempel kabupaten sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21866

Yayan. (2022, July 29). Survei membuktikan, netizen indonesia paling tidak sopan. Ruzka Republika. https://ruzka.republika.co.id/posts/168390/survei-membuktikan-netizen-indonesia-paling-tidak-sopan