ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAMASE DI JAKARTA

Main Article Content

Rifqi Febriansyah
Heni Nastiti

Abstract

Permintaan terhadap pakaian muslim meningkat pesat. Hal ini berlangsung karena kenaikan populasi umat Islam setiap tahunnya, sehingga perusahaan fashion harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Samase, sebagai perusahaan fashion, memiliki komitmen yang kuat dalam memenuhi hak-hak konsumen, khususnya dalam memenuhi permintaan konsumen Muslim. Indikasi dari tekad ini dapat diamati melalui jumlah mitra/jaringan distribusi Samase yang tersebar di area DKI Jakarta. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh brand awareness, brand image, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Samase di Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi SmartPLS (V.3.29). Hasil dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) Brand awareness memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,515. (2) Brand image juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,286. (3) Selain itu, harga juga mempengaruhi keputusan pembelian secara positif & signifikan, dengan pengaruh jalur sebesar 0,141. Secara keseluruhan, brand awareness, brand image, dan harga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 0,733 (73,3%) terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 0,267 (26,7%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Article Details

Section
Artikel

References

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2020). Pengaruh brand awareness, Brand image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian. Sumber, 2, 5-532.

Anastasia, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Buah Jambu Air (Syszygium Samarangeese Aqueum) di Pasar Modern Kawasan Semarang Tengah (Doctoral dissertation, Progam Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian).

Dihni (2022) Survei: Anggaran Belanja Fesyen Pria Lebih Mahal ketimbang Perempuan. Dikutip dari : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/16/survei-anggaran-belanja-fesyen-pria-lebih-mahal-ketimbang-perempuan. Pada tanggal 18 November 2022 pukul 15.40 WIB

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (7th ed.). Universitas Diponegoro.

https://www.google.com/

https://www.topbrand -award.com/

Kusnandar (2022). Sebanyak 86,93% Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 31 Desember 2021 Dikutip dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/12/sebanyak-8693-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-31-desember-2021. Pada tanggal 19 Septedharmamber 2022 pukul 21.40 WIB.

Riyanto S (2021) Mengenal Karakter Generasi | Dominasi Gen X, Z dan Milenial Dalam Komposisi Penduduk DIY. Dikutip dari: https://karangsari-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2021/6/15/mengenal-karakter-generasi-dominasi-gen-x-z-dan-milenial-dalam-komposisi-penduduk-diy. Pada tanggal 25 November 2022 pukul 13.30 WIB

Saifuddin, M., & Rahmayanti, N. M. (2021). Pengaruh Brand image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Brand ed Preloved Di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala Management Business Journal, 4(2), 847-868

Setyaningsih, T. (2021). Pengaruh Islamic Brand ing, Brand image, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya Oleh Masyarakat Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Shafitri, R. (2022). Pengaruh Brand image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian:(Survei pada Konsumen Toko QueenzaBella Fashion Ciawi Tasikmalaya). J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 345-348.

Tritama, A., Syarief, N., & Pusporini, P. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pull&Bear Di Grand Indonesia, Jakarta. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 447-463.

Tumangger, Y., Daulay, A., & Surbakti, S. B. (2022). Pengaruh citra merek, kalitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Nibras House Mini Johor di kota Medan. BONANZA: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan, 2(1), 61-66.

Zia, K., Rafidah, R., & Kurniawan, B. (2018). Analisis Pengaruh Brand awareness dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Rabbani di Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).