Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB <p>Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis adalah wadah publikasi hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tarumanagara (SERINA dan SENAPENMAS). Jurnal ini juga mempublikasikan hasil penelitian yang berasal dari peneitian Tugas Akhir maupun penelitian penugasan lainnya. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis terbit setahun 2x pada bulan Februari dan September.</p> en-US jseb@untar.ac.id (Frangky Slamet) jseb@untar.ac.id (Lydiawati Soelaiman) Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH CIRI KEPERIBADIAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA BUDDHIS DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27036 <p>Salah satu faktor pendorong tumbuhnya kewirausahaan di suatu negara terletak pada peran universitas melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kepribadian proaktif dan lokus kendali terhadap minat berwirausaha dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. <em>Non-probability sampling</em> merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan jumlah sampel di dalam penelitian sebanyak 142 responden dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data melalui google formulir secara online. Penelitian ini menerangkan bahwa 1) Efikasi diri dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 2) Kepribadian proaktif dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 3) Lokus kendali dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 4) Pendidikan kewirausahaan memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha.</p> Oey Hannes Widjaja, Herlina Budiono, Silviana Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27036 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS WARUNG KOPI LESTARI 11 PADA UMKM DI BEKASI UTARA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27037 <p>Perumusan Strategi Pengembangan Kualitas suatu daerah berkaitan erat dengan potensi ekonomi yang ada pada wilayah tersebut. Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang berpotensi maju. Masing-masing kecamatan mempunyai karakteristik tersendiri dari segi potensi wilayah. Potensi pendirian dan pengembangan kualitas UMKM di Kecamatan Bekasi Utara dapat digambarkan dalam matriks perumusan strategi pengembangan kualitas. Penelitian menggunakan metode deskripsi analitik ini menggambarkan tentang potensi perumusan strategi wilayah kecamatan Bekasi Utara di lihat dari matriks EFI, EFE, SGM, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil dari penelitian menunjukkan potensi untuk sewa tanah baru dan membuka warkop baru yang menjadi alternatif strategis yang unggul jika dibandingkan dengan merenovasi warkop menjadi besar. Sehingga Warkop Lestari 11 disarankan untuk menggunakan strategi agresif untuk melawan para pesaingnya. Warkop Lestari 11&nbsp; harus mematangkan strategi sewa tanah baru dan membuka warkop baru, yaitu kelayakan hasil analisis menguatkan sisi keuangannya dan penetrasi pasar secara berkesinambungan dengan menyewa tanah baru di lokasi strategis.</p> Heni Nastiti, Jenji Gunaedi Argo Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27037 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP KUALITAS BELAJAR MAHASISWA STRATA 1 PKB PADA PTKB SWASTA SE-JABODETABEK https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27038 <p>Terwujud tidaknya tujuan pendidikan ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat dalam pendidikan maupun peran siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajat dan motivasi terhadap kualitas belajar. Non-probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan jumlah sampel didalam penelitian sebanyak 240 responden mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data melalui google formulir secara online. Metode analisis dalam penelitain ini menggunakan SPSS. Penelitian ini menerangkan bahwa 1) Disiplin belajar dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kualitas belajar mahasiswa, 2) Motivasi dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kualitas belajar mahasiswa.</p> Hendri Hermawan, Oey Hannes Widjaya, Lianah The Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27038 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI IKLIM ORGANISASI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA KERJA SAMA PADA KARYAWAN HOTEL FEODORA DI JAKARTA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27039 <p>Penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa kepuasan kerja karyawan agar dapat memiliki sumber daya manusia yang memiliki kualitas agar perusahaan dapat selalu maju secara dinamis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bahwa Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja pada karyawan Hotel Feodora. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Peneliti memperoleh data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada beberapa responden. Penelitian ini menggunakan sampel Hotel Feodora yang disebarkan sebanyak 57 kuesioner. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober – November 2022. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berbasis analisis pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0 yang merupakan sebuah metode yang tidak didasari dengan banyak asumsi dan syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama terhadap Kepuasan Kerja.</p> Rivaldy Bryan Jullian, I Gede Adiputra Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27039 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 DAMPAK DAN TANTANGAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA PASCA PANDEMI COVID-19 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27040 <p>Penelitian ini menganalisis dampak dan tantangan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19, dengan fokus pada DKI Jakarta. Melalui pengumpulan dan analisis data sekunder, termasuk data ekonomi sektor pariwisata dan informasi tentang transformasi digital dan penetrasi pasar pariwisata, penelitian ini mengungkapkan bahwa kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia mengalami penurunan dari 4,7% (2019) menjadi 4,1% (2020). DKI Jakarta menghadapi tantangan dalam implementasi transformasi digital karena pandemi yang berkelanjutan, rendahnya efektivitas pemasaran, serta penggunaan teknologi yang belum optimal. Namun, DKI Jakarta memiliki potensi untuk meningkatkan minat wisatawan dalam memanfaatkan potensi wisata perkotaan Indonesia. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini mengusulkan strategi Grow and Build yang mencakup pengembangan produk, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap wisata perkotaan di DKI Jakarta, merumuskan strategi pemasaran yang tepat, serta meningkatkan popularitas kunjungan wisata perkotaan guna mendukung perkembangan sektor pariwisata DKI Jakarta dan peningkatan pendapatan daerah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata Indonesia dan tantangan yang dihadapi oleh DKI Jakarta dalam transformasi digital. Dengan menyajikan strategi konkret untuk memulihkan sektor pariwisata dan mendorong pertumbuhan industri pariwisata DKI Jakarta, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan kebijakan dan strategi berkelanjutan untuk memperkuat sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Andi Wijaya Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27040 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 GIANT FLAVOURS: STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS YANG SUKSES DI INDUSTRI MAKANAN DAN RESTORAN AUSTRALIA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27041 <p>Seiring dengan semakin terhubungnya dunia, peluang untuk ekspansi internasional menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Bagi Giant Flavours, operator restoran internasional terkemuka dengan beragam penawaran di empat jaringannya, potensi pertumbuhan di pasar-pasar baru sangat menarik dan menguntungkan. Dengan fokus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, kami telah mengembangkan rencana komprehensif untuk memperluas Giant Flavours ke pasar-pasar internasional yang baru. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguraikan beragam strategi untuk meraih kesuksesan, dengan menyoroti faktor-faktor kunci yang membuat Giant Flavours menjadi kandidat yang tepat untuk ekspansi global. Melalui statistik yang telah di analisis, Giant Flavours telah menarik perhatian para pelanggannya melalui empat rantai makanan mereka. Namun, seperti setiap bisnis lainnya, mereka masih kurang dalam memasarkan ke kelompok orang tertentu dengan divisi yang tepat dari CSR dan QSR mereka. Dalam penelitian ini, Giant Flavour akan mendapatkan pengungkapan penuh tentang strategi kami dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi perusahaan ini. Akan ada penjelasan spesifik mengenai strategi pemasaran dan analisis lengkap mengenai pasar mereka. Bersiaplah untuk terpesona dengan visi kami untuk masa depan merek Giant Flavours.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Adeline Putri Kurniawan, Andi Wijaya Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27041 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 MENEMBUS BATASAN DIGITALISASI BISNIS (STUDI KASUS PADA UMKM DI INDONESIA) https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27042 <p>Data penjualan ritel Indonesia menggambarkan situasi yang masih memprihatinkan. Pertumbuhan negatif alias kontraksi masih memberikan warna yang cukup dominan. Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2020 sebesar 117,1. Turun 2,7% setiap bulan (month-to-month/mtm) dan turun 18,1% secara tahunan (year-on-year/yoy). Kemunduran industri ritel di Indonesia tidak terlepas dari mata rantai dan ruang lingkup faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberlangsungan industri ini. Implementasi dan pemanfaatan transformasi digital merupakan tantangan sekaligus peluang bagi keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang. Adanya tantangan ini perlu diteruskan oleh perusahaan dengan penanganan yang strategis dan sistematis untuk bertahan di pasar. Maka untuk mengatasi ancaman dan peluang tersebut, kami telah menyiapkan beberapa langkah strategis dengan tujuan (a) meningkatkan kesadaran dan kepercayaan serta membangun minat pengunjung selama periode standar baru; (b) merumuskan strategi pemasaran yang tepat agar industri ritel Indonesia dapat bertahan dan bangkit dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini; (c) mengembangkan keunggulan kompetitif dan positioning sektor ritel agar mampu bersaing dengan berbagai kemajuan teknologi di era standar baru. Berdasarkan analisis, dapat mencapai tujuan tersebut dengan mengadakan dan mempertahankan strategi yang berkaitan dengan pengembangan produk, penetrasi pasar dan pengembangan pasar.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Herman Ruslim Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27042 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27043 <p>Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah, tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orangtua. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, dapat didapatkan dari pengalaman individu, interaksi dengan lingkungan, dan proses pembelajaran itu sendiri. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat pengaruh brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa sekolah dasar yaitu antara lain penelitian yang dilakukan oleh Pramesti pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara didapatkan hasil penelitan terhadap kelompok intervensi mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu sebuah sintesa dari literatur tentang topik penelitian, literature review disusun dengan bersumber pada buku, jurnal serta publikasi lainnya terkait dengan topik yang diteliti Swarjana. Penelitian Wahyu Nur Pratiwi dan Yuan Guruh Pratama dengan judul Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students menghubungkan akal (mind) dan tubuh (body). Hasil penelusuran dari 7 jurnal yang sudah didapatkan, terdapat pengaruh meningkatkan konsentrasi siswa melalui brain gym, dan dari 7 penelitian mampu menunjukkan hasil yang signifikan.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Herman Ruslim Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27043 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN UMKM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA NEL CRISPY) https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27044 <p>Nel Crispy merupakan usaha industri kreatif di bidang kuliner berupa sereal yang memanfaatkan bahan lokal yakni ubi jalar dikombinasikan dengan aneka sayuran dan ikan yang dikreasikan dengan cita rasa nusantara sebagai alternatif snack sehat yang bergizi dan berenergi tinggi sehingga dapat memberikan dampak kesehatan kepada konsumen melalui balanced diet. Pengembangan produk sereal ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tuntutan hidup masyarakat yang harus serba cepat sehingga membuat banyak masyarakat sering melewatkan waktu makan maupun menggantinya dengan mengonsumsi produk instan. Di samping itu, pola hidup masyarakat saat ini sudah cenderung menyadari akan pentingnya kesehatan sehingga kebutuhan pangan tidak sebatas pada pemenuhan kebutuhan gizi konvensional bagi tubuh serta pemuas mulut dengan cita rasa enak saja, melainkan pangan diharapkan mampu berfungsi menjaga kesehatan, kebugaran tubuh, aman dikonsumsi, dan praktis dalam penyajiannya. Oleh karena itu, Nel Crispy hadir untuk menyediakan produk snack sehat bergizi tinggi dengan cita rasa nusantara yang praktis dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Produk Nel Crispy merupakan kombinasi ubi jalar, ikan tuna, sayuran, serta superfood lokal Indonesia berupa daun kelor yang membuat produk ini kaya akan gizi dan serat. Pengolahan produk dengan cara pemanggangan untuk meminimalkan kandungan minyak, tanpa gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita gluten intolerance, tanpa penambahan pengawet maupun pewarna buatan dengan lebih menitikberatkan pada penggunaan bahan alami lokal.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Herman Ruslim Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27044 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI INOVASI DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA BOJJO CAFÉ AND EATRY https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27045 <p>Pandemi Covid-19 mengubah perekonomian dunia yang signifikan mempengaruhi perubahan kebutuhan masyarakat. Salah satu nya berdampak pada Bojjo Cafe &amp; Eatery di bidang F&amp;B khususnya kopi. Masyarakat cenderung meminum kopi untuk nongkrong, belajar, dan nyantai yang menyebabkan tingginya minat konsumsi terhadap kopi. Oleh sebab itu, munculnya banyak persaingan di bidang ini sehingga diperlukan strategi dan inovasi baru untuk mempertahankan identitas usaha. Maka dari itu jurnal ini bertujuan untuk 1) meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty Bojo Cafe &amp; Eatery dengan strategi marketing dan teknik industri yang tepat 2) membangun competitive advantage dan positioning pada Bojo Cafe &amp; Eatery. Paper ini diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi yang bermanfaat untuk menerapkan strategi yang efektif serta dapat memberikan referensi dan dukungan kepada UMKM yang sedang berjuang. Dalam menganalisis, jurnal ini menggunakan analisa PESTLE (Politic, Ekonomic, Sosial, Technology, Legal, Enviroment) untuk menentukan strategi terbaik serta pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi untuk pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan, strategi yang diterapkan diantaranya 1) Bojjo Cafe &amp; Eatery Level Up 2) SuperB-card (Membership Bojjo Card) 3) It’s Bojjo Time (Signature Exclusive Menu) 4) Xperience with Bojjo dan 5) Human Resource Empowerment. Hasil jurnal ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty serta membangun competitive advantage dan positioning Bojo Cafe &amp; Eatery.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Herman Ruslim Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27045 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 DAMPAK PERTUMBUHAN, STRUKTUR MODAL, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27046 <p>Penerapan kebijakan lockdown di Indonesia telah menekan peningkatan jumlah kasus Covid-19, berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja dan kapasitas debitur sehingga dapat mengganggu operasional perbankan dan stabilitas perbankan. sistem keuangan perbankan. Karena itu, OJK mengeluarkan kebijakan agar debitur yang kondisinya baik, namun, kinerjanya melemah akibat dampak Covid-19, bisa mendapatkan bantuan melalui opsi pinjaman melalui bank. Dengan demikian, debitur dapat bernapas sedikit dan bank dapat secara proaktif membantu peminjam yang bereputasi baik mengelola arus kas mereka. Tindakan yang dapat dilakukan bank untuk meningkatkan kinerja/nilai bisnis. Pasca pandemi, bank dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis, membuat kebijakan struktur permodalan dan meningkatkan profitabilitas operasi perbankan di masa depan agar operasinya berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan secara empiris bagaimana pertumbuhan perusahaan, struktur modal dan profitabilitas dapat meningkatkan nilai suatu bank di mata masyarakat/investor. Sampel penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan manufaktur dalam kurun waktu 2018-2021. Hasilnya adalah (1) Pertumbuhan perbankan dapat meningkatkan nilai perusahaan; (2) Struktur modal yang dimiliki perbankan dapat meningkatkan nilai perusahaan; dan (3) Profitabilitas perbankan tidak dapat meningkatkan nilai perusahaan.</p> Herni Kurniawati, Yustina Peniyanti Jap Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27046 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PROFITABILITAS PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICAL DENGAN FAKTOR PENGARUH SIZE, LEVERAGE, GROWTH DAN EFEK PANDEMI COVID-19 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27047 <p>Kinerja perusahaan umumnya dinilai melalui pendekatan keuangan yaitu bersumber dari laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan kinerja keuangan menyajikan aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana. Pandemi Covid-19 yang terjadi berakibat sangat serius pada perekonomian Indonesia, termasuk operasional perusahaan serta kesejahteraan masyarakat. Studi ini memilih perusahan-perusahaan dari sektor <em>consumer non-cyclical</em> yang menghasilkan kebutuhan pokok masyarakat dan tidak terpengaruh oleh gejolak ekonomi. Namun nyatanya kondisi pandemi Covid-19 mengakibatkan perusahaan menghadapi kondisi penurunan pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan informasi yang dapat menjelaskan keterkaitan antar setiap faktor yaitu <em>Size, Leverage, Growth</em> dan pandemi Covid-19 dengan kinerja keuangan perusahaan. Objek pada studi ini adalah data sekunder sejumlah 33 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan dipilih dengan metode simple random sampling. Data diobservasi pada kurun waktu 4 tahun yaitu tahun 2018-2021, sehingga total 132 sampel. Data dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan diolah dengan Eviews versi 10. Melalui analisis diperoleh hasil <em>size</em>, <em>leverage</em>, <em>growth</em> dan Covid-19 berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Studi ini juga mendapati bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel <em>size</em>, <em>leverage</em> dan Covid-19 terhadap profitabilitas. Sebaliknya tidak ditemukan pengaruh yang signifikan pada variabel <em>sales growth</em>.</p> Emillia Sastrasasmita, Elsa Imelda Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27047 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PRESIDENSI G20 INDONESIA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27048 <p>Dengan terpilihnya menjadi pemegang Presidensi G20 maka Indonesia memiliki nilai strategis dalam rangka pemulihan ekonomi sera dalam pencapaian Indonesia maju apabila indonesia mampu mengkapitalisasi segala peluang maupun tantangan dengan kemanfaatan yang optimal bagi kepentingan Negara Indonesia. Dengan mengambil tema presidensi G20 tahun 2022 yaitu “Recover Together, Recover Stronger”, hal ini mengandung makna akan tercipta suatu pertumbuhan ekonomi yang inklusif, people centered, serta ramah lingkungan, dan berkesinambungan. Adapun penulis melakukan penelitian ini memiliki tujuan bahwa dengan presidensi Indonesia dalam G20 tahun 2022 akan menjadikan Indonesia sebagai negara penghubung bagi negara berkembang dikawasan Asia Pasifik. Situasi pandemi ini semakin layak Indonesia untuk menjadi sebagai bridge builder dalam memimpin pemulihan ekonomi untuk negara anggota G20. Adapun variabel yang digunakan dalam studi ini yaitu indicator dari pertumbuhan ekonomi diantaranya: IHSG, Inflasi, GDP dan PDB yang diperoleh dari publikasi Kementerian Keuangan RI dan Badan Pusat Statistik. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Paired t-test, dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan secara signifikan terhadap kinerja Ekonomi Indonesia sebelum dan setelah presidensi G20 Indonesia dengan mengamati data Produk Domestik Bruto, Pertumbuhan Ekonomi, Indek harag Sahan Gabungan (IHSG), Inflasi, dan Neraca perdagangan sera Indek Angkatan Kerja. Juga Melalui Uji Satatistik Wilcopxon Dan Uji Rata-rata dua Sampel.</p> I Gede Adiputra, Nataherwin Nataherwin Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27048 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMASARAN ANTERAJA DI INDUSTRI LOGISTIK DAN PENGIRIMAN BARANG DI TENGAH PANDEMI COVID-19 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27049 <p>Menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi dalam acara APLOG LOGISTICS FORUM, pada tahun 2024, Indonesia diprediksi memiliki potensi besar untuk menjadi 3 besar negara ASEAN dalam industri logistik dan pengiriman barang yang kemudian juga akan membuat Indonesia masuk dalam peringkat 30 besar dunia (Liputan 6, 2021). Diketahui juga oleh Badan Pusat Statistik (2021) bahwa jasa pengiriman barang di Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan dan dampak terhadap PDB negara secara positif bahkan di masa pandemi Covid-19 dengan pertumbuhan sebesar 13,42% pada kuartal 4 tahun 2020. Penggunaan jasa pengiriman barang terbagi menjadi 2 wilayah umum yaitu Jawa (66,3%) dan luar Jawa (33,7%) dimana 74% dari seluruh pengiriman berbasis internet. Dengan semakin berkembangnya industri e-commerce, diketahui bahwa pada tahun 2020, industri ini telah mencapai nilai pasar sebesar 130 miliar USD (Kominfo, 2020). Namun, memasuki tahun 2020, sektor industri jasa pengiriman hanya mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 1,27% sejak mulai terintegrasi dengan e-commerce (Supply Chain Indonesia, 2020). Tentunya dengan banyaknya hambatan yang diciptakan oleh Covid-19, kompetitor, dan lainnya, penting bagi industri jasa pengiriman barang untuk terus berusaha meningkatkan profit dan tingkat pertumbuhannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis pasar dan situasi saat ini untuk menentukan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan awareness dan ketertarikan masyarakat terhadap brand Anteraja di masa pandemi.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Mei Ie Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27049 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 POTENSI DAN HAMBATAN PEMASARAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA: DAMPAK EKONOMI DAN TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27050 <p>dengan mengurangi impor bahan bakar fosil (CNBC, 2021). Namun, harga kendaraan listrik yang mahal dan ketersediaan stasiun pengisian daya yang terbatas menghambat perkembangannya. Namun demikian, sumber daya alam Indonesia yang melimpah dan sumber daya manusia yang terampil memberikan peluang besar untuk menjadi produsen utama kendaraan listrik. Untuk memanfaatkan peluang ini, kami telah mengembangkan beberapa strategi pemasaran dengan tujuan (a) meningkatkan kesadaran dan minat terhadap merek; (b) merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menjadi pemimpin pasar dan memasuki pasar internasional; (c) meningkatkan popularitas kendaraan listrik. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan Strategi Tumbuh dan Berkembang (Grow and Build Strategy), yang dapat dilakukan dengan serangkaian strategi, yaitu: (a) pengembangan produk; (b) pengembangan pasar; (c) penetrasi pasar.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Mei Ie Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27050 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PEMBANGUNAN STRATEGI UNTUK MELAKSANAKAN RENCANA KEBERLANJUTAN LIFEBUOY UNILEVER DI INDIA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27051 <p>Lifebuoy adalah produk yang berawal dari tujuan William Lever untuk menghentikan kolera di Victoria, Inggris. Lifebuoy telah berada di pasar selama lebih dari 100 tahun dan telah berkembang menjadi sabun pelindung kuman nomor satu di dunia, membawa kesehatan dan kebersihan yang lebih baik bagi banyak orang (Lifebuoy) dan telah menerima banyak penghargaan. Namun, pada tahun 2010, pangsa pasar global Lifebuoy mengalami penurunan. Sejak tahun 2008, Lifebuoy telah mengajarkan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada masyarakat (Unilever, 2020). Dengan adanya kesadaran akan kebersihan, Lifebuoy menggencarkan promosinya dengan mengajak masyarakat untuk memerangi COVID-19 dengan menjaga kebersihan tangan. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk India. Jutaan orang di India memiliki akses terbatas terhadap air bersih, mengonsumsi makanan yang tidak bersih, menghirup udara yang tercemar, dan tinggal di lingkungan yang padat (detikNews, 2020). Hal ini menjadikan India sebagai negara yang cocok bagi Lifebuoy untuk memperluas pasarnya. Program perubahan perilaku mencuci tangan di India hanya menjangkau 17 juta orang pada tahun 2012, tetapi kinerjanya masih jauh di bawah target yang dibutuhkan untuk mencapai target perubahan perilaku yang dialokasikan oleh negara sebesar 450 juta pada tahun 2015. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap situasi pasar, pesaing, dan masalah, strategi pemasaran yang akan diterapkan adalah: (1) Carbios Enzymatic Technology; (2) Kemasan Inovasi Baru (ramah lingkungan); (3) Komunikasi Pemasaran Terpadu; (4) Kampanye Lifebuoy #ByePlastic; (5) Talkshow; (6) Bersama Kita Bisa (CSR); (7) Tempat isi ulang Lifebuoy; (8) Tukar sampah, tanpa stres.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Mei Ie Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27051 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI BHEALTHY UNTUK GENERASI Y DAN Z AGAR MENGADOPSI GAYA HIDUP YANG LEBIH SEHAT https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27052 <p>BHealthy adalah perusahaan yang menciptakan aplikasi dan platform kebugaran dan gaya hidup sehat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2023 untuk membantu masyarakat mempertahankan gaya hidup sehat dan mengikuti pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan gaya hidup masing-masing. Meskipun memiliki fitur-fitur yang inovatif, BHealthy menghadapi tantangan seperti persaingan dari aplikasi sejenis dan rendahnya awareness di kalangan masyarakat, khususnya Gen Z. Untuk mengatasi tantangan tersebut, BHealthy berencana untuk mengimplementasikan serangkaian strategi, termasuk komunikasi pemasaran terpadu, program kemitraan, keanggotaan uji coba gratis, dan pemasaran acara untuk membangun citra dan positioning merek. Logo BHealthy berupa lingkaran dengan gambar buah-buahan dan sayuran, yang melambangkan pentingnya pola makan yang sehat. Huruf "B" pada BHealthy diletakkan di belakang kata "Healthy" sebagai pesan halus untuk mendorong masyarakat agar memperhatikan kesehatan mereka. Berdasarkan analisa pasar, pasar potensial BHealthy terdiri dari Gen Y dan Z yang ingin mengubah kebiasaan tidak sehat, mengkonsumsi makanan sehat, dan memiliki gaya hidup modern serta aktif di media sosial. Oleh karena itu, BHealthy berencana untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk memperkenalkan BHealthy kepada masyarakat luas melalui digital content marketing.</p> Septihani Michella Wijaya, Nicholas Kevin, Mei Ie Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27052 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MEREK MELALUI KEGIATAN PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN XYZ) https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27053 <p>Public Relations (PR) merupakan suatu seni komunikasi atau kegiatan komunikasi untuk mencapai kesamaan persepsi dan membangun citra yang positif. Public Relations sebagai jembatan penghubung antara organisasi dan publiknya harus bisa berkomunikasi dengan baik agar tercipta hubungan baik yang berlandaskan pemahaman dan kepercayaan bersama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan suatu perusahaan. Marketing merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta membangun hubungan baik dengan masyarakat sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholder-nya. Brand awareness merupakan kemampuan seorang pelanggan untuk mengingat suatu merek tertentu atau iklan tertentu secara spontan atau setelah dirangsang dengan kata-kata kunci. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang tidak mengandalkan bukti berdasarkan logika matematis, prinsip angka atau metode statistik. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan tentang suatu permasalahan atau situasi tertentu. Perusahaan XYZ adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. Perusahaan XYZ adalah suatu inisiatif yang terfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi di Indonesia. Dengan adanya platform kursus online Perusahaan XYZ, sangat mempermudah masyarakat dalam memperoleh ilmu secara gratis dan dapat diakses yang mudah.</p> Nicholas Kevin, Septihani Michella Wijaya, Mei Ie Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27053 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAMASE DI JAKARTA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27054 <p>Permintaan terhadap pakaian muslim meningkat pesat. Hal ini berlangsung karena kenaikan populasi umat Islam setiap tahunnya, sehingga perusahaan <em>fashion</em> harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Samase, sebagai perusahaan <em>fashion</em>, memiliki komitmen yang kuat dalam memenuhi hak-hak konsumen, khususnya dalam memenuhi permintaan konsumen Muslim. Indikasi dari tekad ini dapat diamati melalui jumlah mitra/jaringan distribusi Samase yang tersebar di area DKI Jakarta. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh <em>brand awareness</em>, <em>brand image</em>, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Samase di Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>purposive sampling</em>, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi SmartPLS (V.3.29). Hasil dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) <em>Brand awareness</em> memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,515. (2) <em>Brand image</em> juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,286. (3) Selain itu, harga juga mempengaruhi keputusan pembelian secara positif &amp; signifikan, dengan pengaruh jalur sebesar 0,141. Secara keseluruhan, <em>brand awareness</em>, <em>brand image</em>, dan harga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 0,733 (73,3%) terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 0,267 (26,7%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.</p> Rifqi Febriansyah, Heni Nastiti Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27054 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH FLEKSIBILITAS KOGNITIF DAN KESADARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27337 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fleksibilitas kognitif terhadap kesadaran kewirausahaan dan intensi berwirausaha pada mahasiswa di Indonesia yang dimediasi oleh kesadaran kewirausahaan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden yang merupakan mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan <em>Software Smart Partial Least Square (</em>PLS<em>)</em> versi 3.3.3 sebagai alat analisis data. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fleksibilitas kognitif berpengaruh terhadap mencari dan memindai, asosiasi dan koneksi, serta evaluasi dan penilaian. Variabel mencari dan memindai, asosiasi dan koneksi, kemudian evaluasi dan penilaian juga berpengaruh pada intensi berwirausaha. Variabel fleksibilitas kognitif tidak memiliki pengaruh pada intensi berwirausaha. Dalam pengujian model mediasi, variabel mencari dan memindai tidak memediasi pengaruh fleksibilitas kognitif pada intensi berwirausaha, tetapi asosiasi dan koneksi serta evaluasi dan penilaian mampu memediasi pengaruh fleksibilitas kognitif pada intensi berwirausaha. Hasil penelitian ini memperluas teori mengenai intensi berwirausaha, khususnya di kalangan mahasiswa Indonesia. Pada implementasinya, hasil penelitian dapat memberi masukan bagi berbagai pihak yang tengah berupaya untuk menumbuhkan intensi berwirausaha.</p> Cecilia Sabella, Hetty Karunia Tanjungsari Copyright (c) 2023 Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untar.ac.id/index.php/JSEB/article/view/27337 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000