UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MEREK MELALUI KEGIATAN PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN XYZ)

Main Article Content

Nicholas Kevin
Septihani Michella Wijaya
Mei Ie

Abstract

Public Relations (PR) merupakan suatu seni komunikasi atau kegiatan komunikasi untuk mencapai kesamaan persepsi dan membangun citra yang positif. Public Relations sebagai jembatan penghubung antara organisasi dan publiknya harus bisa berkomunikasi dengan baik agar tercipta hubungan baik yang berlandaskan pemahaman dan kepercayaan bersama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan suatu perusahaan. Marketing merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta membangun hubungan baik dengan masyarakat sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholder-nya. Brand awareness merupakan kemampuan seorang pelanggan untuk mengingat suatu merek tertentu atau iklan tertentu secara spontan atau setelah dirangsang dengan kata-kata kunci. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang tidak mengandalkan bukti berdasarkan logika matematis, prinsip angka atau metode statistik. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan tentang suatu permasalahan atau situasi tertentu. Perusahaan XYZ adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. Perusahaan XYZ adalah suatu inisiatif yang terfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi di Indonesia. Dengan adanya platform kursus online Perusahaan XYZ, sangat mempermudah masyarakat dalam memperoleh ilmu secara gratis dan dapat diakses yang mudah.

Article Details

Section
Artikel

References

Abadi, S. (1994). Marketing Public Relations Upaya Memenangkan Persaingan . Jakarta: Lembaga Management Feui.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.

Alifahmi, H. (2005). Sinergi Komunikasi Pemasaran: Integrasi Iklan, Public Relations, dan Promosi. Jakarta: Quantum.

Almira, S. K., & Suharyanti. (2014). IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN CITRA MEREK. Journal Communication Spectrum, 4(1), 57-71.

Fahri, L. M. (n.d.). Strategi Marketing Public Relations Go-Food dalam Pembentukan Citra Perusahaan di Kota Surabaya.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harris, T. L. (2016). The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. Canada: Toronto Public Library.

Hendriyana, A. (2019, March 4). Manusia Harus Tetap Unggul dari Teknologi. (Universitas Padjajaran) Retrieved February 8, 2023, from https://www.unpad.ac.id/2019/03/manusia-harus-tetap-unggul-dari-teknologi/

Keller. (2003). Strategic Brand Management: Building Measurement and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education International.

Kurniawan, R. (2009). Membangun Media Ajar Online Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Margianto, J. H., Monggilo, Z. M., Adzkia, A., & Yudiawan, D. (2021). Memahami Bencana Alam di Indonesia (Peran Media dan Cara Melawan Hoaks Bencana). Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen 2021.

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

S. , B. R., & Jimmy. (2008). Memasuki Dunia E-Learning. Jakarta: Informatika.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, U. (2005). Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surjono, H. D. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Pers.

Wahyuningsih, D. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika.