STRATEGI BHEALTHY UNTUK GENERASI Y DAN Z AGAR MENGADOPSI GAYA HIDUP YANG LEBIH SEHAT
Main Article Content
Abstract
BHealthy adalah perusahaan yang menciptakan aplikasi dan platform kebugaran dan gaya hidup sehat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2023 untuk membantu masyarakat mempertahankan gaya hidup sehat dan mengikuti pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan gaya hidup masing-masing. Meskipun memiliki fitur-fitur yang inovatif, BHealthy menghadapi tantangan seperti persaingan dari aplikasi sejenis dan rendahnya awareness di kalangan masyarakat, khususnya Gen Z. Untuk mengatasi tantangan tersebut, BHealthy berencana untuk mengimplementasikan serangkaian strategi, termasuk komunikasi pemasaran terpadu, program kemitraan, keanggotaan uji coba gratis, dan pemasaran acara untuk membangun citra dan positioning merek. Logo BHealthy berupa lingkaran dengan gambar buah-buahan dan sayuran, yang melambangkan pentingnya pola makan yang sehat. Huruf "B" pada BHealthy diletakkan di belakang kata "Healthy" sebagai pesan halus untuk mendorong masyarakat agar memperhatikan kesehatan mereka. Berdasarkan analisa pasar, pasar potensial BHealthy terdiri dari Gen Y dan Z yang ingin mengubah kebiasaan tidak sehat, mengkonsumsi makanan sehat, dan memiliki gaya hidup modern serta aktif di media sosial. Oleh karena itu, BHealthy berencana untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk memperkenalkan BHealthy kepada masyarakat luas melalui digital content marketing.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANANTERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA APLIKASI DANA DI SURABAYA, 8(No. 3 Tahun 2020), 1011. Retrieved March 10, 2023, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/45517/38513
Annur, C. M. (2023, Februari 13). 63,5 Juta Warga Indonesia Belum Terhubung Internet hingga Awal 2023, Urutan ke-8 Terbanyak Dunia. Databoks. Retrieved Maret 8, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/13/635-juta-warga-indonesia-belum-terhubung-internet-hingga-awal-2023-urutan-ke-8-terbanyak-dunia
Asykiya, S., & Gustini, D. R. (2023, January 2). Analisis Pandemi Covid Pada Laba Perusahaan PT Pertamina TBK., (Vol. 1 No. 01 (2022): Post Pandemic Recovery: Analysis of Legal & Society During Pandemic (In Progress)), 7. Retrieved March 10, 2023, from https://journal.forikami.com/index.php/dassollen/article/view/85
Aviat. (2022, January 6). Fenomena Transformasi Digital Layanan Kesehatan saat Pandemi. Aviat. Retrieved March 8, 2023, from https://aviat.id/fenomena-transformasi-digital-layanan-kesehatan-saat-pandemi/
Baskoro, D. (2023, Maret 3). Inovasi Produk Gaya Hidup yang Bakal Diminati Gen Z dan Milenial. Retrieved from Kompas.Com: https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/03/100220620/inovasi-produk-gaya-hidup-yang-bakal-diminati-gen-z-dan-milenial?page=all
bdc. (2023). The 5 most common pricing strategies. BDC. Retrieved Maret 8, 2023, from https://www.bdc.ca/en/articles-tools/marketing-sales-export/marketing/pricing-5-common-strategies
Bestsennyy, O., Gilbert, G., Harris, A., & Rost, J. (2021, Juli 9). Telehealth: A post-COVID-19 reality? McKinsey. Retrieved Maret 9, 2023, from https://www.mckinsey.com/industries/healthcare/our-insights/telehealth-a-quarter-trillion-dollar-post-covid-19-reality
Brakus, J. J. ˘., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009, Mei). “Brand experience: what is it? How is it measured? Does it affect loyalty? Journal of Marketing, 73(3), 52-68.
Breuer, R., Fanderl, H., Hedwig, M., & Meuer, M. (2020, April 30). Prioritizing digital customer experience in the service industry. McKinsey. Retrieved Maret 8, 2023, from https://www.mckinsey.com/capabilities/mckinsey-digital/our-insights/service-industries-can-fuel-growth-by-making-digital-customer-experiences-a-priority
DeVries, H. (2019, April). Home. YouTube. Retrieved Maret 9, 2023, from https://www.forbes.com/sites/henrydevries/2019/04/16/how-branding-provides-a-competitive-advantage/?sh=24a76c9855cf
Fikri, M. E., Ahmad, R., & Harahap, R. (2020, Juni). STRATEGI MENGEMBANGKAN KEPUASAN PELANGGAN ONLINE SHOPDALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS SABUN PYARI). Jurnal Manajemen Tools, 12(1), 93. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/871/824
Fitra, S. (2021, August 26). Pandemi Covid-19 Memicu Lonjakan Pengguna Platform Kesehatan Digital - Suci Arumsari - Wawancara Katadata.co.id. Katadata. Retrieved March 8, 2023, from https://katadata.co.id/safrezifitra/indepth/611ff6afa0f43/pandemi-covid-19-memicu-lonjakan-pengguna-platform-kesehatan-digital
GANDHAWANGI, S. (2021, Maret 1). Layanan Telemedik Meningkat Selama Pandemi Covid-19. Kompas.id. Retrieved Maret 8, 2023, from https://www.kompas.id/baca/kesehatan/2021/03/01/halodoc-layanan-telemedik-meningkat-selama-pandemi
Holder, C. (2022, Februari 22). Why business must heed customer reviews. McKinsey. Retrieved Maret 10, 2023, from https://www.mckinsey.com/capabilities/operations/our-insights/why-business-must-heed-customer-reviews
Khairan, K. (2018). Strategi Membangun Jaringan Kerjasama Bisnis Berbasis Syariah. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 265~288.
Kirkman, A. (2017, August 4). The Big, Booming Business of Wellness. The Big, Booming Business of Wellness | SELF. Retrieved March 8, 2023, from https://www.self.com/story/the-big-booming-business-of-wellness
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo.
Kurnia, E. (2020, Juni 24). Ketergantungan Meningkat, Teknologi Komunikasi Dituntut Terus Berkembang. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2020/06/24/ketergantungan-meningkat-teknologi-komunikasi-dituntut-terus-berkembang
Margarini, E., & Anindita, M. (2022, Februari 23). Mulai Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi dengan Aktivitas Sederhana. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Retrieved Maret 9, 2023, from https://promkes.kemkes.go.id/mulai-pola-hidup-sehat-di-masa-pandemi-dengan-aktivitas-sederhana
Mintarsih, C., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Event Marketing Terhadap Minat Studi Lanjut Siswa SLTA Pada IBI Kesatuan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 125 - 136.
Nanda, A. M. (2019). Perencanaan Strategis Dan Perencanaan Operasional Dalam Pengembangan Bisnis Oryza Gym Fitness Center Semarang. Masters Thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening, (Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Volume 3 No. 1 Edisi Maret 2019), 34. Retrieved March 10, 2023, from https://www.ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/JRIMK/article/view/48/38
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.
Pratama, Y. A., & Tunjungsari, H. K. (2022, April). PENGARUH PENGALAMAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK PRODUK MERCHANDISE KLUB SEPAK BOLA BALI UNITED DENGAN MEDIASI KEPUASAN DAN KETIDAKPASTIAN. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 224-234.
Purnomo, T. (2018). PENGARUH KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI PADA KONSUMEN HERBALIFE DI SURABAYA, (AGORA Vol 6. No: 1), 4. Retrieved March 10, 2023, from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6490/5906
Putri, D. C. (2021, Januari 30). Home. "Strategi Promosi dan Komunikasi dalam Pemasaran Era Digital Marketing pada Masa Pandemi Covid-19 Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Strategi Promosi dan Komunikasi dalam Pemasaran Era Digital Marketing pada Masa Pandemi Covid-19". Retrieved Maret 8, 2023, from https://www.kompasiana.com/dewi67265/6015428c8ede4863cb78ddb4/strategi-promosi-dan-komunikasi-dalam-pemasaran-era-digital-marketing-pada-masa-pandemi-covid-19?page=1&page_images=1
Putri, M. R. (2023, Maret 7). Aplikasi kesehatan ini bantu menilai risiko kesehatan bagi pengguna. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/3430257/aplikasi-kesehatan-ini-bantu-menilai-risiko-kesehatan-bagi-pengguna#mobile-src
Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). ANALISIS PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta), 6(Nomor 3), 4-5. Retrieved March 10, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17323
Rizaty, M. A. (2021, Januari 27). Desa di Kalimantan Utara Paling Banyak Tak Tersambung Internet. Databoks. Retrieved Maret 8, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/27/desa-di-kalimantan-utara-paling-banyak-tak-tersambung-internet
Rizaty, M. A. (2022, Januari 17). Unduhan Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran Global Melesat Sejak Pandemi Covid-19. Retrieved from Databooks1: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/17/unduhan-aplikasi-kesehatan-dan-kebugaran-global-melesat-sejak-pandemi-covid-19
Rizaty, M. A. (2023, February 2). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Data Indonesia. Retrieved March 9, 2023, from https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023
Rokom. (2021, Maret 25). Pandemi COVID-19 Tingkatkan Risiko Obesitas Pada Anak. Sehat Negeriku. Retrieved Maret 9, 2023, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20210324/4037345/pandemi-covid-19-tingkatkan-risiko-obesitas-pada-anak/
Sandra, A., & Purwanto, E. (2015, Maret). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI JAKARTA, 11(Nomor 1), 102. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v11i1.623
Silalahi, L. M. (2022, Januari). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Literature Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 259.
Siswanti, T. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 61-76.
Tamon, G., Mandey, S., & Wenas, R. (2019, Januari 1). Strategi Promosi. Strategi Promosi, Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota (Studi Pada Konsumen Mobil Toyota di Manado), 7(1), 709.
Technavio. (2022, Oktober). Health and Wellness Market - Size, Share, Industry Analysis 2027. Technavio. Retrieved March 9, 2023, from https://www.technavio.com/report/health-and-wellness-market-industry-analysis
UNICEF. (2022, Maret 4). Indonesia: Angka orang yang kelebihan berat badan dan obesitas naik di semua kelompok usia dan pendapatan. UNICEF. Retrieved Maret 9, 2023, from https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-angka-orang-yang-kelebihan-berat-badan-dan-obesitas-naik-di-semua-kelompok