PEMBANGUNAN STRATEGI UNTUK MELAKSANAKAN RENCANA KEBERLANJUTAN LIFEBUOY UNILEVER DI INDIA

Main Article Content

Septihani Michella Wijaya
Nicholas Kevin
Mei Ie

Abstract

Lifebuoy adalah produk yang berawal dari tujuan William Lever untuk menghentikan kolera di Victoria, Inggris. Lifebuoy telah berada di pasar selama lebih dari 100 tahun dan telah berkembang menjadi sabun pelindung kuman nomor satu di dunia, membawa kesehatan dan kebersihan yang lebih baik bagi banyak orang (Lifebuoy) dan telah menerima banyak penghargaan. Namun, pada tahun 2010, pangsa pasar global Lifebuoy mengalami penurunan. Sejak tahun 2008, Lifebuoy telah mengajarkan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada masyarakat (Unilever, 2020). Dengan adanya kesadaran akan kebersihan, Lifebuoy menggencarkan promosinya dengan mengajak masyarakat untuk memerangi COVID-19 dengan menjaga kebersihan tangan. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk India. Jutaan orang di India memiliki akses terbatas terhadap air bersih, mengonsumsi makanan yang tidak bersih, menghirup udara yang tercemar, dan tinggal di lingkungan yang padat (detikNews, 2020). Hal ini menjadikan India sebagai negara yang cocok bagi Lifebuoy untuk memperluas pasarnya. Program perubahan perilaku mencuci tangan di India hanya menjangkau 17 juta orang pada tahun 2012, tetapi kinerjanya masih jauh di bawah target yang dibutuhkan untuk mencapai target perubahan perilaku yang dialokasikan oleh negara sebesar 450 juta pada tahun 2015. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap situasi pasar, pesaing, dan masalah, strategi pemasaran yang akan diterapkan adalah: (1) Carbios Enzymatic Technology; (2) Kemasan Inovasi Baru (ramah lingkungan); (3) Komunikasi Pemasaran Terpadu; (4) Kampanye Lifebuoy #ByePlastic; (5) Talkshow; (6) Bersama Kita Bisa (CSR); (7) Tempat isi ulang Lifebuoy; (8) Tukar sampah, tanpa stres.

Article Details

Section
Artikel

References

Andryanto, S. D. (2021, Oktober 27). 5 Negara ini Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Ke-3. Diambil kembali dari tempo.co: https://tekno.tempo.co/read/1521617/5-negara-ini- penyumbang-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-ke-3

ANTARA. (2019, Juni 21). Survei sebut persaingan produk konsumen di Indonesia kian ketat. Diambil kembali dari ANTARA: https://www.antaranews.com/berita/921620/survei-sebut-persaingan-produk-konsumen- di-indonesia-kian-ketat

Business Wire. (2020, April 16). Analysis of COVID-19-Organic Soap Market 2019-2023. Diambil kembali dari Business Wire: https://www.businesswire.com/news/home/20200416005381/en/Analysis-of-COVID- 19-Organic-Soap-Market-2019-2023-Use-of-Organic-BPC-Products-to-Boost-Growth-Technavio

Business Wire. (2020, December 14). Global Organic Soap Market to Grow by $ 260.23 Million During 2020- 2024. Diambil kembali dari Business Wire: https://www.businesswire.com/news/home/20201214005575/en/Global-Organic-Soap-Market-to-Grow- by-260.23-Million-During-2020-2024-Featuring-EO-Products-Laverana-GmbH-Co.-KG-and-Mountain- Valley-Springs-India-Pvt.-Ltd.-Among-Others-Technavio

CFI Team. (2020, November 1). SCQA. Diambil kembali dari CFI: https://corporatefinanceinstitute.com/resources/careers/how-to-job-guides/scqa/

Citradi, T. (2020, July 6). Data Pengguna E-Commerce Bocor, Ini Bukti RI Rawan Cybercrime. Diambil kembali dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200706140435-37-170521/data- pengguna-e-commerce-bocor-ini-bukti-ri-rawan-cybercrime

detikNews. (2020, November 3). Jutaan Warga India Hidup di Tempat Kotor, Mengapa Mereka Lebih Kebal Corona? Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/bbc-world/d-5239355/jutaan-warga- india-hidup-di-tempat-kotor-mengapa-mereka-lebih-kebal-corona

Dewi, I. R. (2022, June 9). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? Diambil kembali dari CNBC Indonesia: Internet users in Indonesia continue to grow from year to year. Approximately 77 percent of Indonesia's population is already using the internet. This growth is fantastic. Before the pandemic, the figure was only 175 million. At the same time, the latest

Dihni, V. A. (2022, April 12). Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-laki? Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tren- belanja-online-di-kalangan-perempuan-naik-sejak-pandemi-bagaimana-laki-laki

Faresky, R. B. (2021, April 7). MENGENAL LEBIH DALAM PRODUK BODYWASH LIFEBOUY. Diambil

kembali dari Blogspot: https://swotdan4psabunlifebuoy.blogspot.com/2021/04/mengenal-lebih-dalam- produk-bodywash.html

Hartatik, M. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Aspek Sumber Daya Manusia Pada Usaha Pembuatan Sabun Krim di Perusahaan Keluarga UD. Airmas. Agora Vol.1 No.1, 304-314.

Hokianto, H. F. (2021, January 15). Pentingnya CSR (Corporate Social Responsibility) dalam Pelaksanaan Bisnis. Diambil kembali dari Proxsis Group: https://proxsisgroup.com/pentingnya-csr-corporate-social- responsibility-dalam-pelaksanaan-bisnis/

Jaya, I. (2021, December 23). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian COVID-19. Diambil kembali dari Kemenkes: http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/

JICA. (2022, January 19). "Achhi Aadat (Good Habit)" Campaign. Diambil kembali dari JICA: https://www.jica.go.jp/india/english/office/others/campaign.html

Kompasiana. (2022, May 29). Food Service Packaging Innovation : Edible Packaging. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/jessicafausta9734/629237f2ce96e50222761b72/food- service-packaging-innovation?page=1&page_images=1

Krishnan, M. (2020, October 5). Coronavirus: Why hand-washing is a luxury for most Indians. Diambil kembali dari DW: https://www.dw.com/en/coronavirus-why-hand-washing-is-a-luxury-for-most-indians/a- 55286331

Lasono, I. N. (2021, October 8). Persaingan E-commerce Ketat, Shopee Unggul dalam Jumlah Kunjungan Pelanggan. Diambil kembali dari Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul- dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all

Liputan6.com. (2021, November 9). Indonesia Produksi Limbah Plastik 66 Juta Ton per Tahun, Apa Solusinya? Diambil kembali dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4706371/indonesia-produksi- limbah-plastik-66-juta-ton-per-tahun-apa-solusinya

Mahboobeh Rafieepoor Chirani, E. K. (2021, July 10). Environmental impact of increased soap consumption during COVID-19 pandemic: Biodegradable soap production and sustainable packaging. Diambil kembali dari National Library of Medicine: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8272010/

Mahdi, M. I. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diambil kembali dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di- indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Market Dechiper. (2022). India Soap Market size was estimated at $3,085.6 Million in 2019 and is expected to reach $4,763.6 Million by 2027, growing at a CAGR of 6.46% during the forecast period of 2020 to 2027. Diambil kembali dari Market Dechiper: https://www.marketdecipher.com/report/india-soap-market

MyGov. (2020, May 27). Awareness, Cleanliness and social distance are wonder tools to prevent corona infection. Diambil kembali dari MyGov: Inflation Rate In India

National Library of Medicine. (2021, July 10). Environmental impact of increased soap consumption during COVID-19 pandemic: Biodegradable soap production and sustainable packaging. Diambil kembali dari National Library of Medicine: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8272010/

Noor, C. H. (2019, Juni 21). Survei sebut persaingan produk konsumen di Indonesia kian ketat. Diambil kembali dari ANTARA: https://www.antaranews.com/berita/921620/survei-sebut-persaingan-produk-konsumen- di-indonesia-kian-ketat

Nurfadillah, R. (2022, July 2). Perangi Masalah Sampah, India Akhirnya Larang Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Diambil kembali dari Suka Bumi Update: https://sukabumiupdate.com/posts/102412/perangi- masalah-sampah-india-akhirnya-larang-penggunaan-plastik-sekali-pakai

Painted Robot. (2020, November 5). Barriers to E-Commerce Success and How to Overcome Them. Diambil kembali dari Painted Robot: https://paintedrobot.com/barriers-to-e-commerce/

Pradhan, D. (2022, September 28). Inflation Rate In India. Diambil kembali dari Forbes Advisor: https://www.forbes.com/advisor/in/personal-finance/inflation-rate-in- india/#:~:text=Inflation%20Trend%20In%20India,13.93%25%20during%20the%20same%20period

Pujekesuma. (2022, April 4). Belajar tentang Analisis SWOT Lifebuoy. Diambil kembali dari Bisnis Marketing: https://www.bizznet.my.id/2022/04/belajar-tentang-analisis-swot-lifebuoy.html