STRATEGI PEMASARAN ANTERAJA DI INDUSTRI LOGISTIK DAN PENGIRIMAN BARANG DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi dalam acara APLOG LOGISTICS FORUM, pada tahun 2024, Indonesia diprediksi memiliki potensi besar untuk menjadi 3 besar negara ASEAN dalam industri logistik dan pengiriman barang yang kemudian juga akan membuat Indonesia masuk dalam peringkat 30 besar dunia (Liputan 6, 2021). Diketahui juga oleh Badan Pusat Statistik (2021) bahwa jasa pengiriman barang di Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan dan dampak terhadap PDB negara secara positif bahkan di masa pandemi Covid-19 dengan pertumbuhan sebesar 13,42% pada kuartal 4 tahun 2020. Penggunaan jasa pengiriman barang terbagi menjadi 2 wilayah umum yaitu Jawa (66,3%) dan luar Jawa (33,7%) dimana 74% dari seluruh pengiriman berbasis internet. Dengan semakin berkembangnya industri e-commerce, diketahui bahwa pada tahun 2020, industri ini telah mencapai nilai pasar sebesar 130 miliar USD (Kominfo, 2020). Namun, memasuki tahun 2020, sektor industri jasa pengiriman hanya mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 1,27% sejak mulai terintegrasi dengan e-commerce (Supply Chain Indonesia, 2020). Tentunya dengan banyaknya hambatan yang diciptakan oleh Covid-19, kompetitor, dan lainnya, penting bagi industri jasa pengiriman barang untuk terus berusaha meningkatkan profit dan tingkat pertumbuhannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis pasar dan situasi saat ini untuk menentukan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan awareness dan ketertarikan masyarakat terhadap brand Anteraja di masa pandemi.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andrian, D. (2019, Juli 3). Kecewa dengan jasa pelayanan AnterAja (anteraja.id). Retrieved from Media Konsumen: https://mediakonsumen.com/2019/07/03/surat-pembaca/kecewa-dengan-jasa-pelayanan-anteraja-anteraja-id
Antara. (2020, Oktober 21). Bank Indonesia: transaksi e-commerce Agustus 2020 naik hingga mencapai 140 Juta. Retrieved from Tempo: https://bisnis.tempo.co/read/1398066/bank-indonesia-transaksi-e-commerce-agustus-2020-naik-hingga-mencapai-140-juta
Anteraja. (2019, Juli 22). Lengkapi Sektor E-commerce di Indonesia, Anteraja Siap ‘anter’ di Bulan Maret 2019. Retrieved from Anteraja: https://blog.anteraja.id/anteraja-lengkapi-ecommerce-indonesia/
Anteraja. (2019, Agustus 9). Strategi mengirim barang pesanan tepat waktu. Retrieved from Anteraja: https://blog.anteraja.id/strategi-mengirim-barang-pesanan-tepat-waktu/
Arianto, M. (2020, Desember 3). Jasa kirim Anteraja mengecewakan. Retrieved from Media Konsumen: https://mediakonsumen.com/2020/12/03/surat-pembaca/jasa-kirim-anteraja-mengecewakan
Azka, R. M. (2021, Januari 15). Keren! Kurir AnterAja milik Adi Sarana (ASSA) pakai motor listrik. Retrieved from Bisnis Market: https://market.bisnis.com/read/20210115/192/1343481/keren-kurir-anteraja-milik-adi-sarana-assa-pakai-motor-listrik
Badan Pusat Statistik. (2018, Desember 31). Analisis usaha jasa aktivitas pos dan kurir modern. Retrieved from BPS: https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=NWYzMzMzYWE2M2RmMzc0OWMwYzBlODFj&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMTIvMzEvNWYzMzMzYWE2M2RmMzc0OWMwYzBlODFjL2FuYWxpc2lzLXVzYWhhLWphc2EtYWt0aXZpdGFzLXBvcy1kYW4ta3VyaXItbW9kZXJu
BBMG & GlobeScan. (2020). Radically better future: The next gen reckoning report. New York: BBMG.
Bona, C., Koslow, L., Frantz, R., Nadres, B., & Ratajczak, D. (2020, June 16). How marketers can win with gen z and millennials post-covid-19. Retrieved from BCG: https://www.bcg.com/publications/2020/how-marketers-can-win-with-gen-z-millennials-post-covid
Business Wire. (2019, October 2). Consumers Expect the Brands they Support to be Socially Responsible. Retrieved from Business Wire: https://www.businesswire.com/news/home/20191002005697/en/Consumers-Expect-the-Brands-they-Support-to-be-Socially-Responsible
Butler, A. (2018, November 21). Do customers really care about your environmental impact? Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/forbesnycouncil/2018/11/21/do-customers-really-care-about-your-environmental-impact/?sh=6b4b1667240d
CNN Indonesia. (2019, Desember 2). Orang Indonesia habiskan 15 persen gaji untuk belanja online. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191202140620-206-453373/orang-indonesia-habiskan-15-persen-gaji-untuk-belanja-online
CNN Indonesia. (2020, November 16). Bisnis Logistik dan Jasa Kurir Melejit di Tengah Corona. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201116100845-92-570185/bisnis-logistik-dan-jasa-kurir-melejit-di-tengah-corona
CNN Indonesia. (2021, April 30). Pemerintah pastikan subsidi e-commerce tetap berjalan. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210430191712-532-637173/pemerintah-pastikan-subsidi-e-commerce-tetap-berjalan
David, F. R., & David, F. (2017). Strategic management: A competitive advantage approach. Essex: Pearson Educated Limited.
Dinda, S. (2020, November 22). Industri logistik bangkit 2021. Retrieved from Investor: https://investor.id/business/industri-logistik-bangkit-2021#:~:text=JAKARTA%2C%20investor.id%20%E2%80%93%20Industri,estimasi%20tahun%20ini%20turun%205%25.
Fadillah, M. G. (2021, April 21). Tahun 2020, total pengiriman Anteraja naik 3 kali lipat. Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/ekonomi/763859/tahun-2020-total-pengiriman-anteraja-naik-3-kali-lipat
Fertik, M. (2020, Juli 2). Why is influencer marketing such a big deal right now? Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/michaelfertik/2020/07/02/why-is-influencer-marketing-such-a-big-deal-right-now/?sh=2a41892175f3
Hadi, L. (2021, Februari 11). SCI: Pertumbuhan sektor logistik terus membaik. Retrieved from Indonesia Shipping Gazette: https://indoshippinggazette.com/2021/sci-pertumbuhan-sektor-logistik-terus-membaik/
Hamdani, T. (2020, April 13). PSBB diterapkan, pengiriman barang di Jakarta terhambat. Retrieved from Detik Finance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4974802/psbb-diterapkan-pengiriman-barang-di-jakarta-terhambat
Jayani, D. H. (2021, Januari 29). Nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 266,3 triliun pada 2020. Retrieved from Katadata Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
Jogloabang. (2020, Januari 17). UU 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Retrieved from Jogloabang: https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-8-1999-perlindungan-konsumen
Kargo. (2021, April 14). Jasa pengiriman barang tercepat di Indonesia (update 2021). Retrieved from Kargo: https://kargo.tech/en/blog/jasa-pengiriman-barang-tercepat-di-indonesia/
Kominfo. (2020). Jasa logistik melesat di era e-commerce. Retrieved from Kominfo: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6707/Jasa+Logistik+Melesat+di+Era+e-Commerce+/0/sorotan_media
Kompas. (2021, April 30). Layanan jasa pengiriman Anteraja mengecewakan. Retrieved from Kompas: https://inside.kompas.com/surat-pembaca/read/61113/Layanan-Jasa-Pengiriman-Anteraja-Mengecewakan
Kontan. (2020, Oktober 6). Anteraja dorong digitalisasi layanan logistik di seluruh Indonesia. Retrieved from Kontan: https://industri.kontan.co.id/news/anteraja-dorong-digitalisasi-layanan-logistik-di-seluruh-indonesia
Kontan. (2020, Oktober 20). Survei: Di masa pandemi, 85,2% masyarakat gunakan jasa kurir untuk pengiriman barang. Retrieved from Kontan: https://industri.kontan.co.id/news/survei-di-masa-pandemi-852-masyarakat-gunakan-jasa-kurir-untuk-pengiriman-barang
Kontan. (2021, April 7). Hore! Pemerintah menggelontorkan Rp 500 miliar untuk gratiskan ongkir belanja online. Retrieved from Kontan: https://nasional.kontan.co.id/news/hore-pemerintah-menggelontorkan-rp-500-miliar-untuk-gratsikan-ongkir-belanja-online
Kontan. (2021, Maret 4). Setelah Tokopedia, Blibli.com dan Shopee, Anteraja kini hadir di Bukalapak. Retrieved from Kontan: https://pressrelease.kontan.co.id/release/setelah-tokopedia-bliblicomdan-shopee-anteraja-kini-hadir-di-bukalapak?page=all
Lestari, E. V. (2021, Februari 4). 10 perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, yang mana langgananmu? Retrieved from Cek Aja: https://www.cekaja.com/info/perusahaan-ekspedisi-terpopuler-di-indonesia
Liputan 6. (2021, Februari 6). Intip tren jasa pengiriman barang di masa pandemi. Retrieved from Liputan 6: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4476920/intip-tren-jasa-pengiriman-barang-di-masa-pandemi
Lokernesia. (2021, Mei 14). Lowongan kerja Anteraja Sumatera Utara Mei 2021. Retrieved from Lokernesia: https://www.lokernesia.id/2021/01/lowongan-kerja-anteraja.html
Makki, S. (2020, Mei 24). LIPI: Sampah plastik paket belanja online meningkat saat PSBB. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200524154702-199-506483/lipi-sampah-plastik-paket-belanja-online-meningkat-saat-psbb
McKinsey. (2018, Oktober 19). Sales incentives that boost growth. Retrieved from McKinsey: https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/our-insights/sales-incentives-that-boost-growth
McKinsey. (2020, Agustus 14). Customer loyalty: The new generation. Retrieved from McKinsey: https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/our-insights/customer-loyalty-the-new-generation
Nielsen. (2015). Global trust in advertising. New York: Nielsen. Retrieved from https://www.nielsen.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/04/global-trust-in-advertising-report-sept-2015-1.pdf
Normawati. (2021, Juni 22). Kecewa dengan kurir Anteraja. Retrieved from Media Konsumen: https://mediakonsumen.com/2021/04/26/surat-pembaca/kecewa-dengan-kurir-anteraja
Novika, S. (2020, September 28). Pandemi corona bikin bisnis ekspedisi ketiban untung. Retrieved from Detik Finance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5190800/pandemi-corona-bikin-bisnis-ekspedisi-ketiban-untung?_ga=2.155582075.1718563379.1622736550-1970097362.1616918967
Paketmu. (2021, Maret 6). Ini pemilik ekspedisi Anteraja dan kisah perjalanan bisnisnya. Retrieved from Paketmu: https://paketmu.com/pemilik-ekspedisi-anteraja/
Parker, T. (2020, Agustus 10). The rise and growing importance of sustainable packaging design. Retrieved from NS Packaging: https://www.nspackaging.com/analysis/sustainable-packaging-design-importance/
Pebrianto, F. (2021, January 31). Harapan Sandiaga Uno untuk 30,7 juta pengguna tiktok di Indonesia. Retrieved from Tempo: https://bisnis.tempo.co/read/1428311/harapan-sandiaga-uno-untuk-307-juta-pengguna-tiktok-di-indonesia
Prasetyo, A. (2019, Februari 20). Perdagangan elektronik Indonesia terus tumbuh. Retrieved from Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/ekonomi/218071/perdagangan-elektronik-indonesia-terus-tumbuh
Provoke Insights. (2019, November 21). Why trends are so important in marketing. Retrieved from Provoke Insights: https://provokeinsights.com/why-trends-are-so-important-in-marketing/
Puspa, A. W. (2020, Maret 15). Pertumbuhan sektor logistik nasional bakal terkoreksi. Retrieved from Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200315/98/1213432/pertumbuhan-sektor-logistik-nasional-bakal-terkoreksi
Puspa, A. W. (2021, Maret 4). AnterAja ekspansi pasar ke pengguna Bukalapak. Retrieved from Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210304/98/1363843/anteraja-ekspansi-pasar-ke-pengguna-bukalapak
Putri, A. S. (2020, Mei 22). Letak dan luas Indonesia. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/22/193000869/letak-dan-luas-indonesia?page=all
Rahman, A. (2017, Desember 3). Ini peran industri logistik terhadap kualitas udara. Retrieved from Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20171203/98/714783/ini-peran-industri-logistik-terhadap-kualitas-udara
Santia, T. (2021, Februari 3). Industri logistik Indonesia bisa masuk 30 besar dunia, ini caranya. Retrieved from Liputan6: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4474182/industri-logistik-indonesia-bisa-masuk-30-besar-dunia-ini-caranya
Setiawan, S. R. (2018, Agustus 12). Berkat e-commerce, bisnis logistik diprediksi tumbuh pesat. Retrieved from Kompas: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/12/163414226/berkat-e-commerce-bisnis-logistik-diprediksi-tumbuh-pesat
Setijadi. (2020, Mei 13). Sektor logistik Indonesia pada triwulan I-2020 tumbuh 1,27%. Retrieved from Supply Chain Indonesia: https://supplychainindonesia.com/sektor-logistik-indonesia-pada-triwulan-i-2020-tumbuh-127/
Statista. (2020, Mei). Benefits of social media marketing worldwide 2020. Retrieved from Statista: https://www.statista.com/statistics/188447/influence-of-global-social-media-marketing-usage-on-businesses/
Suastha, R. D. (2016, Juli 21). Riset temukan kualitas CSR perusahaan Indonesia rendah. Retrieved from Asean CSR Network: https://www.asean-csr-network.org/c/news-a-resources/media-coverage/920-riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesia-rendah
Suastha, R. D. (2016, Juli 21). Riset Temukan Kualitas CSR Perusahaan Indonesia Rendah. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160721074144-20-146030/riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesia-rendah/
Utomo, W. P., & Noormega, R. (2020). Indonesia Millenial's Report: 2020. Jakarta: IDN Media. Retrieved from https://cdn.idntimes.com/content-documents/Indonesia-millennial-report-2020-by-IDN-Research-Institute.pdf
Valencia, A. (2020, Maret 10). Why SEO still matters in 2020. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2020/03/10/why-seo-still-matters-in-2020/?sh=5f5e89a734b1
VOI. (2021, April 19). Adi Sarana Armada, pemilik jasa pengiriman Anteraja kepunyaan konglomerat TP Rachmat Ini raup pendapatan Rp3,03 triliun. Retrieved from VOI: https://voi.id/ekonomi/45334/adi-sarana-armada-pemilik-jasa-pengiriman-anteraja-kepunyaan-konglomerat-tp-rachmat-ini-raup-pendapatan-rp3-03-triliun
We Are Social. (2021, February 11). Digital 2021: Indonesia. Retrieved from Data Reportal: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Whitler, K. (2018, January 3). If KOLs Aren't Part Of Your Marketing Strategy, You Need To Read This. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/kimberlywhitler/2018/01/13/if-kols-arent-part-of-your-marketing-strategy-you-need-to-read-this/?sh=560ee65151a6
Winosa, Y. (2018, Mei 11). Strategi pemasaran: Loyalty vs membership. Retrieved from Warta Ekonomi: https://www.wartaekonomi.co.id/read180626/strategi-pemasaran-loyalty-vs-membership