PENGARUH PRESIDENSI G20 INDONESIA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Main Article Content

I Gede Adiputra
Nataherwin Nataherwin

Abstract

Dengan terpilihnya menjadi pemegang Presidensi G20 maka Indonesia memiliki nilai strategis dalam rangka pemulihan ekonomi sera dalam pencapaian Indonesia maju apabila indonesia mampu mengkapitalisasi segala peluang maupun tantangan dengan kemanfaatan yang optimal bagi kepentingan Negara Indonesia. Dengan mengambil tema presidensi G20 tahun 2022 yaitu “Recover Together, Recover Stronger”, hal ini mengandung makna akan tercipta suatu pertumbuhan ekonomi yang inklusif, people centered, serta ramah lingkungan, dan berkesinambungan. Adapun penulis melakukan penelitian ini memiliki tujuan bahwa dengan presidensi Indonesia dalam G20 tahun 2022 akan menjadikan Indonesia sebagai negara penghubung bagi negara berkembang dikawasan Asia Pasifik. Situasi pandemi ini semakin layak Indonesia untuk menjadi sebagai bridge builder dalam memimpin pemulihan ekonomi untuk negara anggota G20. Adapun variabel yang digunakan dalam studi ini yaitu indicator dari pertumbuhan ekonomi diantaranya: IHSG, Inflasi, GDP dan PDB yang diperoleh dari publikasi Kementerian Keuangan RI dan Badan Pusat Statistik. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Paired t-test, dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan secara signifikan terhadap kinerja Ekonomi Indonesia sebelum dan setelah presidensi G20 Indonesia dengan mengamati data Produk Domestik Bruto, Pertumbuhan Ekonomi, Indek harag Sahan Gabungan (IHSG), Inflasi, dan Neraca perdagangan sera Indek Angkatan Kerja. Juga Melalui Uji Satatistik Wilcopxon Dan Uji Rata-rata dua Sampel.

Article Details

Section
Artikel

References

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business A SkillBuilding Approach.

Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Seto, A. A. dan D. Septianti. 2019. Dampak Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ter- hadap Return dan Harga Saham pada PT. Garuda Indonesia Tbk di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 10(1): 1–7.

Silaen, S. (2018). Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. IN MEDIA.

Sunariyah. 2006. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius. Yogyakarta.

Todaro P. Michael. 2000. Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga Jilid I, Jakarta Penerbit : Erlangga

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5.