ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN UMKM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA NEL CRISPY)

Main Article Content

Septihani Michella Wijaya
Nicholas Kevin
Herman Ruslim

Abstract

Nel Crispy merupakan usaha industri kreatif di bidang kuliner berupa sereal yang memanfaatkan bahan lokal yakni ubi jalar dikombinasikan dengan aneka sayuran dan ikan yang dikreasikan dengan cita rasa nusantara sebagai alternatif snack sehat yang bergizi dan berenergi tinggi sehingga dapat memberikan dampak kesehatan kepada konsumen melalui balanced diet. Pengembangan produk sereal ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tuntutan hidup masyarakat yang harus serba cepat sehingga membuat banyak masyarakat sering melewatkan waktu makan maupun menggantinya dengan mengonsumsi produk instan. Di samping itu, pola hidup masyarakat saat ini sudah cenderung menyadari akan pentingnya kesehatan sehingga kebutuhan pangan tidak sebatas pada pemenuhan kebutuhan gizi konvensional bagi tubuh serta pemuas mulut dengan cita rasa enak saja, melainkan pangan diharapkan mampu berfungsi menjaga kesehatan, kebugaran tubuh, aman dikonsumsi, dan praktis dalam penyajiannya. Oleh karena itu, Nel Crispy hadir untuk menyediakan produk snack sehat bergizi tinggi dengan cita rasa nusantara yang praktis dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Produk Nel Crispy merupakan kombinasi ubi jalar, ikan tuna, sayuran, serta superfood lokal Indonesia berupa daun kelor yang membuat produk ini kaya akan gizi dan serat. Pengolahan produk dengan cara pemanggangan untuk meminimalkan kandungan minyak, tanpa gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita gluten intolerance, tanpa penambahan pengawet maupun pewarna buatan dengan lebih menitikberatkan pada penggunaan bahan alami lokal.

Article Details

Section
Artikel

References

BAMAI UMA. (2021, October 11). Starting a Career Becoming a Professional CTO (Chief Technology Officer). (bamai.uma.ac.id) Retrieved February 3, 2023, from https://bamai.uma.ac.id/2021/10/11/merintis-karier-menjadi-cto-chief-technology-officer-professional/

BPPSDMP. (2019, October 24). Cemilan Ubi Jalar Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan lokal. Retrieved from http://cybex.pertanian.go.id/artikel/76766/cemilan-ubi-jalar-sebagai-upaya-diversifikasi-pangan-lokal/#:~:text=Ubi%20jalar%20merupakan%20salah%20satu%20komoditas%20umbi-umbian%20yang,pangan%20dan%20memiliki%20peluang%20yang%20baik%20untuk%20dikembangkan

Fathurrohman, Y. E. (2016). PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UJUNG TOMBAK PEMASARAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). SEMINAR NASIONAL PEMBANGUNAN PERTANIAN. Malang.

Ginting, E., Antarlina, S. S., Utomo, J. S., & Ratnaningsih, R. (2006). Teknologi Pasca Panen Ubi Jalar Mendukung Diversifikasi Pangan dan Pengembangan Agroindustri. Buletin Palawija, 15-28.

Gusti, S. (n.d.). INOVASI SNACK SEHAT BERBAHAN BAKU LOKAL. Retrieved from https://www.polbangtanmedan.ac.id/pdf/inovasisnack.pdf

Halidi, R. (2021, July 15). Survei: Kesadaran Pola Hidup Sehat Orang Indonesia Meningkat Selama Pandemi. (suara.com) Retrieved February 3, 2023, from https://www.suara.com/lifestyle/2021/07/15/181500/survei-kesadaran-pola-hidup-sehat-orang-indonesia-meningkat-selama-pandemi

Hariyanto, B., Sugiatmi, Gantina, A., Tristiyanti, W. F., Riza, Wardhani, J. W., & Rusesta, R. (2020, July). Direktori Perkembangan Konsumsi Pangan. Retrieved from http://repository.pertanian.go.id/bitstream/handle/123456789/12042/DIREKTORI%20KONSUMSI%20PANGAN%20SERI%2020%20REVISI.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Hidayat, W. (2020, November 9). Petani Merapi Budi Daya Ubi Jalar Kualitas Ekspor. (Berita Magelang) Retrieved February 3, 2023, from http://www.beritamagelang.id/petani-merapi-budi-daya-ubi-jalar-kualitas-ekspor

Humam. (n.d.). Chief Technology Officer (CTO): Pengertian, Peran, Tugas, dan Kemampuan yang Harus Dimiliki. (Gramedia) Retrieved February 3, 2023, from https://www.gramedia.com/literasi/chief-technology-officer-cto/#Tugas_CTO

Jayani, D. H. (2021, January 22). Potensi Bisnis Pesan-Antar Makanan Daring Makin Besar. (katadata) Retrieved February 7, 2023, from https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/60093900cb02f/potensi-bisnis-pesan-antar-makanan-daring-makin-besar

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022, January 30). ekon.go.id. (Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia) Retrieved February 7, 2023, from https://ekon.go.id/publikasi/detail/3624/dukungan-program-pemerintah-dalam-pemberdayaan-umkm-untuk-memperkuat-stabilitas-ekonomi-daerah

Kementrian Pertanian Republik Indonesia. (2021, June 28). Ubi Jalar Pating 1. (pustaka.setjen.pertanian.go.id) Retrieved February 3, 2023, from https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/ubi-jalar-pating-1

Marwati. (2017, December 1). Pengolahan Selai Ubi Jalar. (Cyber Extension) Retrieved February 3, 2023, from http://cybex.pertanian.go.id/artikel/55520/pengolahan-selai-ubi-jalar/

Nielsen. (2021, November). Beyond martech: building trust with consumers and engaging where sentiment is high. (Nielsen) Retrieved February 7, 2023, from https://www.nielsen.com/insights/2021/beyond-martech-building-trust-with-consumers-and-engaging-where-sentiment-is-high/#:~:text=This%20is%20where%20brands%2C%20especially%20those%20in%20North,in%20Africa%2C%20the%20Middle%20East%20and%20Latin%20America.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian. (2016). Outlook Komoditas Pertanian Tanaman Pangan Ubi Jalar. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian.

Rifka, I. (2022, January 2). Peran Kewirausahaan dalam Perekonomian Indonesia. (money.kompas.com) Retrieved February 7, 2023, from https://money.kompas.com/read/2022/01/02/215320826/peran-kewirausahaan-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

Safardan, E. F. (2012). Pemanggangan dan Penggorengan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Shaid, N. J. (2023, January 12). Mengenal Perbedaan CEO, COO, CFO, CTO, dan CMO di Perusahaan. (kompas.com) Retrieved February 3, 2023, from https://money.kompas.com/read/2022/03/06/234842526/mengenal-perbedaan-ceo-coo-cfo-cto-dan-cmo-di-perusahaan?page=all

Yanuardi, A., P., Y. I., Wahyudi, W. T., & Nainggolan, B. (2016). ANALISIS OMNICHANNEL CUSTOMER EXPERIENCE MATURITY DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 81-94.

Zuraida, N. (2009). Status Ubi Jalar sebagai Bahan Diversifikasi Pangan Sumber Karbohidrat. Iptek Tanaman Pangan, 4(1), 69-80.