DAMPAK DAN TANTANGAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA PASCA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Septihani Michella Wijaya
Nicholas Kevin
Andi Wijaya

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak dan tantangan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19, dengan fokus pada DKI Jakarta. Melalui pengumpulan dan analisis data sekunder, termasuk data ekonomi sektor pariwisata dan informasi tentang transformasi digital dan penetrasi pasar pariwisata, penelitian ini mengungkapkan bahwa kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia mengalami penurunan dari 4,7% (2019) menjadi 4,1% (2020). DKI Jakarta menghadapi tantangan dalam implementasi transformasi digital karena pandemi yang berkelanjutan, rendahnya efektivitas pemasaran, serta penggunaan teknologi yang belum optimal. Namun, DKI Jakarta memiliki potensi untuk meningkatkan minat wisatawan dalam memanfaatkan potensi wisata perkotaan Indonesia. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini mengusulkan strategi Grow and Build yang mencakup pengembangan produk, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap wisata perkotaan di DKI Jakarta, merumuskan strategi pemasaran yang tepat, serta meningkatkan popularitas kunjungan wisata perkotaan guna mendukung perkembangan sektor pariwisata DKI Jakarta dan peningkatan pendapatan daerah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata Indonesia dan tantangan yang dihadapi oleh DKI Jakarta dalam transformasi digital. Dengan menyajikan strategi konkret untuk memulihkan sektor pariwisata dan mendorong pertumbuhan industri pariwisata DKI Jakarta, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan kebijakan dan strategi berkelanjutan untuk memperkuat sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi.

Article Details

Section
Artikel

References

Adi, T. (2018, Juli 16). Sisi lain pengembangan pariwisata. (Kontan) Retrieved from https://analisis.kontan.co.id/news/sisi-lain-pengembangan-pariwisata

Aditya, M. &. (2020, Juni 28). Upaya Memulihkan Sektor Pariwisata Indonesia Pascapandemi Covid-19. (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/06/28/161137527/upaya-memulihkan-sektor-pariwisata-indonesia-pascapandemi-covid-19?page=all

Antony, J. S. (2021). Conceptualizing Industry 4.0 readiness model dimensions: an exploratory sequential mixed-method study. The TQM Journal.

Ardhi, B. M. (2020). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Website Bukalapak Tahun 2019).

Association, A. M. (2020, Juni 7). Millennials, Gen Z, and the Rising Demand for Corporate Social Responsibility. (AMA) Retrieved from https://www.ama.org/2020/07/06/millennials-gen-z-and-the-rising-demand-for-corporate-social-responsibility/

Bahurekso, P. R. (2021, Januari 4). Melihat Peluang Pariwisata Pasca-Pandemi. (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2021/01/04/164735527/melihat-peluang-pariwisata-pasca-pandemi?page=all

Ballina, F. V. (2019). Pengalaman phygital di tujuan wisata cerdas. Jurnal Internasional Kota Pariwisata. 651-671.

Buhalis, D. (2019). Teknologi dalam pariwisata-dari teknologi komunikasi informasi ke eTourism dan pariwisata cerdas menuju pariwisata intelijen ambien: artikel perspektif. Tourism Review, 267-272.

Caiado, R. S.-R. (2021). A fuzzy rule-based industry 4.0 maturity model for operations and supply chain management. International Journal of Production Economics.

Chen, Y. Y. (2018). Consumer’s intention to use self-service parcel delivery service in online retailing: An empirical study. Internet Research, 500-519.

Darmanto, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli di Bukalapak.com . Jurnal Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 20-33.

DW. (2020, September 6). Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Corona. (Tempo) Retrieved from https://www.tempo.co/dw/3266/bagaimana-sektor-pariwisata-indonesia-bertahan-di-tengah-pandemi-corona

Gilbran, S. Y. (2021, April 10). Urban Tourism di Jakarta: Akankah Bisa Bertahan di Masa Depan? (Kompasiana) Retrieved from https://www.kompasiana.com/saifyusuf/6070a1b88ede482f84368362/urban-tourism-di-jakarta-akankah-bisa-bertahan-di-masa-depan

Harususilo, Y. E. (2020, Desember 10). Mahasiswa Jadi Agen Penggerak Ekonomi Pascapandemi Covid-19. (Kompas) Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/10/143656071/mahasiswa-jadi-agen-penggerak-ekonomi-pascapandemi-covid-19?page=all

Jakarta, P. D. (2019, November 8). Tiga Jurus Disparbud DKI Bangkitkan Pariwisata Jakarta. (CNN Indonesia) Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191108200157-275-446785/tiga-jurus-disparbud-dki-bangkitkan-pariwisata-jakarta

Johnson, A.-G. &. (2019). A bibliometric analysis of knowledge development in smart tourism research. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 600-623.

Kelly, P. L. (2019). Self-service Technologies in the Travel, Tourism, and Hospitality Sectors: Principles and Practice. Robots, Artificial Intelligence, and Service Automation in Travel, Tourism and Hospitality, Emerald Publishing Limited, Bingley, 57-78.

Kemenparekraf. (2019). Journey for Healthy Life. (Kemenparekraf) Retrieved from https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1593566358_Buku_Skenario_Perjalanan_Wisata_Kebugaran_Joglosemar,_Bali_dan_Jakarta.pdf

Kemenparekraf. (2020, Juli). Rencana Strategis Kemenkraf. (Kemenparekraf) Retrieved from https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598887965_Rencana_strategis_2020-2024.pdf

Kemenparekraf, B. R. (2021, April 16). Jelajah Pesona Indonesia Lewat Acara Televisi. (kemenparekraf) Retrieved from https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Jelajah-Pesona-Indonesia-Lewat-Acara-Televisi

Khairunnisa, S. N. (2020, Desember 30). Pandemi, Kunjungan Wisman Tahun 2020 Turun hingga 74,7 Persen. (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/12/30/120500627/pandemi-kunjungan-wisman-tahun-2020-turun-hingga-74-7-persen

Kim, J. H. (2021). How interactivity and vividness influence consumer virtual reality shopping experience: the mediating role of telepresence. Journal of Research in Interactive Marketing, 502-525.

Kotler, P. &. (2004). Principles of marketing (10th ed). New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kurniawan, R. K. (2018). Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce. Jurnal Administrasi Bisnis.

Kuswaraharja, D. (2021, Maret 27). Sandiaga Uno Ingin Program Prakerja Masuk ke Desa Wisata. (Detik) Retrieved from https://travel.detik.com/travel-news/d-5510281/sandiaga-uno-ingin-program-prakerja-masuk-ke-desa-wisata

Lama, R., & Rai, A. (2021). Challenges in Developing Sustainable Tourism Post COVID-19 Pandemic. Tourism Destination Management in a Post-Pandemic Context, 233-244.

Lee, H. L. (2018). Tourists’ happiness: are there smart tourism technology effects? Asia Pacific Journal of Tourism Research, 486-501.

Lyu, J. L. (n.d.). Hotel virtual reality advertising: a presence-mediated model and gender effects. Journal of Hospitality and Tourism Technology.

Mustika, S. (2020, Februari 28). Dongkrak Wisatawan Milenial, Infrastruktur Diperbaiki, Dong. (Detik) Retrieved from https://travel.detik.com/travel-news/d-4919038/dongkrak-wisatawan-milenial-infrastruktur-diperbaiki-dong

Mustika, S. (2020, Mei 8). Meramal Sektor Pariwisata Usai Pandemi Corona. (Detik) Retrieved from https://travel.detik.com/travel-news/d-5007244/meramal-sektor-pariwisata-usai-pandemi-corona/2

Nabila, M. (2020, Oktober 29). Mudik dan Piknik, Jangan Lupa Protokol Kesehatan. Retrieved from kabar 24. (Bisnis) Retrieved from https://kabar24.bisnis.com/read/20201029/15/1311304/mudik-dan-piknik-jangan-lupa-protokol-kesehatan

Neuburger, L. B. (2018). The ‘Phygital’ Tourist Experience: The Use of Augmented and Virtual Reality in Destination Marketing. Tourism Planning and Destination Marketing, Emerald Publishing Limited, Bingley, 183-202.

Novilda, L. (2019). Analisis Pengaruh Usefulness, Enjoyment, dan Ability to Use terhadap Willingness to Use Telaah pada Vending Machine Bluemart. Universitas Multimedia Nusantara.

Park, J.-S. H. (2021). Consumer acceptance of self-service technologies in fashion retail stores. Journal of Fashion Marketing and Management, 371-388.

Perwtiwi, W. K. (2020, Februari 20). Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen. (Kompas) Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen

Pontoh, R. A. (2021, Juli 15). Peran Industri Pariwisata bagi Indonesia. (Kompasiana) Retrieved from https://www.kompasiana.com/angelratu/60f03aa7804b947107387492/peran-industri-pariwisata-bagi-indonesia

Pooya, A. A. (2020). Investigating the effect of perceived quality of self-service banking on customer satisfaction. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 263-280.

Putra, I. G. (2020). Penerapan customer relationship management pada rancang bangun sistem informasi request pick up berbasis website (Studi kasus PT. Nusantara Card Semesta cabang Denpasar. Syntax Idea, 389-405.

Ramadhian, N. (2020, April 11). 17 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Setelah Pandemi Corona. (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/04/11/105000527/17-cara-untuk-bantu-industri-pariwisata-setelah-pandemi-corona?page=all

Ramadhian, N. (2020, September 17). Apakah PSBB Jakarta Berdampak pada Pariwisata Jabar? (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/09/17/130500027/apakah-psbb-jakarta-berdampak-pada-pariwisata-jabar

Ramli, R. R. (2021, Februari 17). Ragam Upaya Pemerintah Selamatkan Sektor Pariwisata. (Kompas) Retrieved from https://money.kompas.com/read/2021/02/17/104029326/ragam-upaya-pemerintah-selamatkan-sektor-pariwisata

Sebayang, R. (2020, Maret 12). WHO Nyatakan Wabah COVID-19 jadi Pandemi, Apa Maksudnya? (CNBC Indonesia) Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya

Selamat, F. (2020, Januari 21). Motivasi Mengunjungi Destinasi Sport Tourism, Apa yang Wisatawan Cari? (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2021/01/21/103223827/motivasi-mengunjungi-destinasi-sport-tourism-apa-yang-wisatawan-cari?page=all

Senja, A. M. (2019, Maret 26). Alasan Utama Turis Asing Berwisata ke Indonesia. (Kompas) Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2019/03/26/171100327/alasan-utama-turis-asing-berwisata-ke-indonesia

signal, p. (2020, Mei 4). For the Future of Retail, Look to Asia. (pgsignal) Retrieved from https://pgsignal.com/2021/05/04/for-the-future-of-retail-look-to-asia/

Taufiqqurrahman, M. (2021, Juni 19). Sandiaga Uno: Jika Covid Meningkat, Tempat Wisata Tutup! (Detik) Retrieved from https://travel.detik.com/travel-news/d-5612051/sandiaga-uno-jika-covid-meningkat-tempat-wisata-tutup

Tolok, A. D. (2020, Juni 12). New Normal, Begini Strategi Pemerintah Bangkitkan Sektor Pariwisata. (Bisni) Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20200612/9/1252006/new-normal-begini-strategi-pemerintah-bangkitkan-sektor-pariwisata

Umara, B. S. (2021). Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Nilai Pasca Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Vending Machine Blue Mart. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis.

Váně, J. K. (2021). Engineering companies and their readiness for Industry 4.0. International Journal of Productivity and Performance Management.

Wei, W. T. (2017). The power of self-service technologies in creating transcendent service experiences: The paradox of extrinsic attributes. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 1599-1618.

Wresti, C. (2019, September 6). Promosi Dinilai Kurang, Pengembangan Tak Fokus. (Kompas) Retrieved from https://www-beta.kompas.id/baca/utama/2019/09/06/pariwisata-8

Xu, Y. J. (2020). Investigating onsite restaurant interactive self-service technology (ORISST) use: customer expectations and intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 3335-3360.

Yohannes, M. (2020, Januari 29). 16 Keindahan Alam Indonesia Terbaik dan Menakjubkan. (Traveloka) Retrieved from https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/keindahan-alam-indonesia-yang-mendunia-acc/19116

Yoo, C. G. (2017). Meningkatkan kepuasan pendukung keputusan perjalanan dengan teknologi pariwisata cerdas: kerangka kemungkinan elaborasi turis dan kemanjuran diri. Teknologi Peramalan dan Perubahan Sosial, 330-341.