ANALISIS TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI IKLIM ORGANISASI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA KERJA SAMA PADA KARYAWAN HOTEL FEODORA DI JAKARTA

Main Article Content

Rivaldy Bryan Jullian
I Gede Adiputra

Abstract

Penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa kepuasan kerja karyawan agar dapat memiliki sumber daya manusia yang memiliki kualitas agar perusahaan dapat selalu maju secara dinamis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bahwa Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja pada karyawan Hotel Feodora. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Peneliti memperoleh data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada beberapa responden. Penelitian ini menggunakan sampel Hotel Feodora yang disebarkan sebanyak 57 kuesioner. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober – November 2022. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berbasis analisis pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0 yang merupakan sebuah metode yang tidak didasari dengan banyak asumsi dan syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama terhadap Kepuasan Kerja.

Article Details

Section
Artikel

References

Aziri, B. 2011. Job Satisfication: A Literature Review. Management Research and Practice Vol 3, 77-86.

Bari, M., Fanchen, M., & Baloch, M. (2016). TQM Soft Practices and Job Satisfaction; Mediating Role of Relational Psychological Contract. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Brown Sp, & Leigh Tw. (1996). A New Look At Psychological Climate And Its Relationship To Job Involvement, Effort And Performance. Journal Of Applied Psychology. Vol 81, 358-368.

Cooper, & Prajogo, D. (2010). The effect of people-related TQM practices on job satisfaction: a. Production Planning and Control.

Cronley, Courtney, & Kim, Youn kyoung. (2017). Intentions to turnover Testing the moderated effects of organizational culture, as mediated by job satisfaction, within the Salvation Army. Journal of Business and Management, 38 (2), 194-209.

Della Kristianinggar. 2021. Pengaruh Kerja Tim Dan Pelatihan Terhadap Kepuasan Kerja Di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika. Universitas Atma Jaya YogyakartaDessler, G. (2020). Human Resource Management.

Darmawangsa, A. M., Suriyanti, & Ramlawati. (2021, Januari). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap, 4, 263-273.

Hanaysha, J. (2016). Examining the Effects of Employee Empowerment, Teamwork, and Employee Training on Organizational Commitment, Science Direct.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books

Henry Simamora, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta

Hussin, A. d. (2016) Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Sekolah Menengah Dalam Daerah Kuala Terengganu.

Idris, A. O. (2019). Examining the relationship between soft total quality management (TQM) aspects and employees’ job satisfaction in “ISO 9001” Sudanese oil companies. Emerald Insight.

Investment, I. (2020). Retrieved from https://www.indonesiainvestments.com/id/bisnis/industri-sektor/pariwisata/item

Ivancevich, John. 2007. Perilaku & Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga

Koesmono, H. T. (2014). The influence of organizational culture, servant leadership, and job satisfaction toward organizational commitment and job performance through work motivation as moderating variables for lecturers in economics and management of private universities in east Surabaya. Educational Research International, 3(4), 25-39.

Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA, 747-755.

Masyithah et al. (2018). Analisis Pengaruh Kompensasi, Kerjasama Tim dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan PT. Bank Muamalat Cabang Banda Aceh. SIMEN STIES, 50-59.

Moekijat. 1991. Motivasi dan Pengembangan Management. Bandung: Alumni 1981.

Mortocchio, R. W. (2016). Human Resources Management.

Nainggolan et al. (2020). Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Pegawai UPT SDA Bah Bolon Sumber Daya Air Cipta Karya Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara. Al Tijarah, 181-192.

Nargis et al. (2018). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan PT. (PERSERO) PLN Di Palembang. Jurnal Kompetitif, 65-77.

Pramudyo, G. N. (2017). Etika Ilmiah dan Penelitian. Malang: Universitas Brawijaya.

Riana et al. (2017). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Remunerasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Dit Reskrimsus Polda Riau. Jurnal Psikologi, 94-114.

Riana, L. W. (2019). Pengaruh Kerjasama Tim Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan. Psikoborneo, 76-82.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sudharma, P. d. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Hotel Asana Agung Putra Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 5524-5553.

Sugiono et al. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Mantab Al Hamid. Jurnal Ilmiah MEA.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.

Suwandana, R. d. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud, 2904-2932.

Tarricone, P., Luca, J., 2002. Successful teamwork: A case study 7.

Watkin C, & Hubbard B, 2003. Leadership motivation and the drivers of share price: The businesscase for meansuring organizational climate. Leaderships and organization developmentjournal, 24, 380-386.

Wiramartha, P. N. H, & Karmini, N. (2019). Analisis Faktor - Faktor Pengaruh Minimarket Terhadap Pendapatan Warung Tradisional Di Kecamatan Petang. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 8(2), 389-419.