STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS WARUNG KOPI LESTARI 11 PADA UMKM DI BEKASI UTARA

Main Article Content

Heni Nastiti
Jenji Gunaedi Argo

Abstract

Perumusan Strategi Pengembangan Kualitas suatu daerah berkaitan erat dengan potensi ekonomi yang ada pada wilayah tersebut. Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang berpotensi maju. Masing-masing kecamatan mempunyai karakteristik tersendiri dari segi potensi wilayah. Potensi pendirian dan pengembangan kualitas UMKM di Kecamatan Bekasi Utara dapat digambarkan dalam matriks perumusan strategi pengembangan kualitas. Penelitian menggunakan metode deskripsi analitik ini menggambarkan tentang potensi perumusan strategi wilayah kecamatan Bekasi Utara di lihat dari matriks EFI, EFE, SGM, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil dari penelitian menunjukkan potensi untuk sewa tanah baru dan membuka warkop baru yang menjadi alternatif strategis yang unggul jika dibandingkan dengan merenovasi warkop menjadi besar. Sehingga Warkop Lestari 11 disarankan untuk menggunakan strategi agresif untuk melawan para pesaingnya. Warkop Lestari 11  harus mematangkan strategi sewa tanah baru dan membuka warkop baru, yaitu kelayakan hasil analisis menguatkan sisi keuangannya dan penetrasi pasar secara berkesinambungan dengan menyewa tanah baru di lokasi strategis.

Article Details

Section
Artikel

References

Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen (1st ed.). ALFABETA.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Penerbit Salemba Empat.

Fred, D., & Forest, D. (2015). Strategic Management : A Competitive Advantage Apporach, Concepts, and Cases (15th ed.). Pearson Education.

Hariance, R. Febriansyah, R. & Tanjung. (2016).Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robbusta di Kabupaten solok. Jurnal AGRISEP, 15(1), 111-126

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2017). No Title. 2014, 6–21.

Karyoto, 2021. Proses Pengembangan Usaha. Yogyakarta; Karyoto

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Kurniasih, D., Rochdiani, D., & Sstia, B. (2020). Strategi Pemasaran Kedai Kopi Angkringan Irdan Coffee Di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. 729–738.

Muhammad, S.A., Winarno, A., Hermawan, A., & Malang, U. N. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369-376.

Riyanto, Setyo. (2022). Analisis Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Strategis berbasis EFAS/IFAS/SFAS dan AHP. Jakarta. Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Sari, I. D. O. (n.d.). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bisnis Ud Sekar Jati Star JOMBANG. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Sedjati,R.,S. (2012). Manajemen Strategis.CV. Budi Utama

Sjaroni,B.E.D dan N. (2019). Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Deep Publisher

Wulan, A.,C, Ariyani,A.,H.,M. Sunyigono, A.,K. Subari, S.(2022). Analisis Strategi Pengembangan UKM Rubath Coffee Jombang Jawa Timur. Journal of Integrated Agribusiness, 4(2), 21-36

ManajemenKualitas.(n.d.).https://sites.google.com/site/operasiproduksi/manajemen-kualitas