PENGARUH CIRI KEPERIBADIAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA BUDDHIS DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Oey Hannes Widjaja
Herlina Budiono
Silviana

Abstract

Salah satu faktor pendorong tumbuhnya kewirausahaan di suatu negara terletak pada peran universitas melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kepribadian proaktif dan lokus kendali terhadap minat berwirausaha dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Non-probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan jumlah sampel di dalam penelitian sebanyak 142 responden dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data melalui google formulir secara online. Penelitian ini menerangkan bahwa 1) Efikasi diri dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 2) Kepribadian proaktif dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 3) Lokus kendali dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 4) Pendidikan kewirausahaan memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha.

Article Details

Section
Artikel

References

Annisa, D. N., Tentama, F., & Bashori, K. (2021). The role of family support and internal locus of control in entrepreneurial intention of vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). http://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20934

Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2019). Pengaruh Kepribadian Proaktif Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Variabel Moderasi. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2019.v13.i01.p02

Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus of Control Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7424

Ciuchta, M. P., & Finch, D. (2018). The mediating role of self-efficacy on entrepreneurial intentions: Exploring boundary conditions. Journal of Business Venturing Insights. DOI: 10.1016/j.jbvi.2019.e00128

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(1). Doi: 10.21831/jep.v18i1.40035

Dusak, I. K., & Sudiksa, I. B. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Parental, Dan Locus. E-Jurnal Manajemen Unud, 5, 5184-5214.

Dwijayanti, R. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus Of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180

Farida, A. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kepribadian Proaktif Terhadap Intensi Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan Sebagai Variabel Moderasi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

Gani, N., Awaluddin, M., & Mutakallim. (2022). Adversity Quotient, Self Efficacy dan Lingkungan Bagi Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Teknologi. Al-Mashrafiyah. Doi: 10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.27973

Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. New York: Statistical Publishing Associates.

Ghozali, I. (2020). 25 GRAND THEORY 25teori Besar Ilmu Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis. Semarang: Yoga Pratama.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis, 7th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Hansfel, L., & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh Attitude, Subjective Norm dan Perceived Behavior Control terhadap Entrepreneurial Intention. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 985-993. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9881

Hastini, L. Y., Mariyanti, E., & Mustika, M. S. (2017). Pengaruh Locus Of Control Dan Kepribadian Proaktif Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Informatika. https://doi.org/10.34010/jamika.v7i1.633

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship.

Hong, L. M., Sha’ar, M. A., Zulkiffli, W. F., Aziz, R. C., & Ismail, M. (2020). Determinant Factors That Influence Entrepreneurial. JMK, 22(1), 80-86. DOI: 10.9744/jmk.22.1.80–86

Indriyani, R., & Kristanto. (2021). The Role of Entrepreneurship Education to Increase Entrepreneurial Intention among University Students. Journal Of Education. https://doi.org/10.29138/educatio.v6i3.514

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2001). Organizational Behavior 5th Edition. McGraw-Hill/Irwin.

Lestari, E. D., Purnamaningsih, P., & Rizkalla, N. (2022). The Effect of Perceived University Support, Entrepreneurial Self-Efficacy and Proactive Personality in Promoting Student Entrepreneurial Intention In Indonesia. Journal of Management and Business Education. https://doi.org/10.35564/jmbe.2022.0011

Lestari, N. A., & Djamilah, S. (2020). Solusi Peningkatan Minat Wirausaha Dan Pengurangan Hambatan Minat Wirausaha Mahasiswa. PRAGMATIS Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1).

Liputan6.com. (2022). Kejar Rasio Kewirausahaan 3,95 Persen, Kemenkop UKM Luncurkan Patenpreneur 2022. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4889047/kejar-rasio-kewirausahaan-395-persen-kemenkop-ukm-luncurkan-patenpreneur-2022

Liputan6.com. (2022). Pengusaha Muda Prediksi Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5 Persen di 2022. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4871153/pengusaha-muda-prediksi-ekonomi-indonesia-bisa-tumbuh-5-persen-di-2022

Lukito, C. D. (2020). Determinasi Kepribadian Proaktif Terhadap Kesuksesan Karir. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1).

Martin, N., & Widjaja, H. O. (2019). The Effect of Entrepreneurial Self Efficacy and Entrepreneurial Creativity To Entrepreneurial Intention From Students in Tarumanagara University. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6589

Merdeka.com. (2021). Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di Bawah Malaysia dan Thailand. https://www.merdeka.com/uang/jumlah-wirausaha-indonesia-jauh-di-bawah-malaysia-dan-thailand.html

Notoatmojo, S. (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Odoardi, C., Galletta, M., Battistelli, A., & Cangialos, N. (2018). Effects of Beliefs, Motivation and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intentions: The Moderating Role of Family Support. ROCZNIKI PSYCHOLOGICZNE/ANNALS OF PSYCHOLOGY. https://doi.org/10.18290/rpsych.2018.21.3-1

Pan, J., Liu, S., Ma, B., & Qu, Z. (2018). How does proactive personality promote creativity? A multilevel examination of the interplay between formal and informal leadership. Journal of Occupational and Organizational Psychology.

Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students’ entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (Ed 7). United Kingdom: Wiley.

Shah, I. A., S. A., & Jaboob, S. (2020). The moderating role of entrepreneurship education in shaping entrepreneurial intentions. Economic Structures. https://doi.org/10.1186/s40008-020-00195-4

Shahab, Y., Ye, P. C., Arbizu, A. D., & Haider, M. J. (2019). Entrepreneurial Self-Efficacy and Intention: Do Entrepreneurial Creativity and Education Matter? International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 259-280.

Smith, R. M., Sardeshmukh, S. R., & Syed, I. (2019). Building self-efficacy for entrepreneurial careers: New resource skill. Journal of Small Business Strategy, 29(3), 1-15.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.

Supranto, P. D., & Limakrisna, P. N. (2019). Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi (Ed. 5). Bogor: Mitra Wacana Media.

Vanessa, & Sienatra, K. B. (2020). Effects Of Entrepreneurship Education As An Entrepreneurial Personality Trait Model Under Entrepreneurial Intention For The Future In Surabaya. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 9(1), 29-42. https://doi.org/10.37715/jee.v9i1.1191

Widjaja, O. H., & Ekawati, S. (2017). Faktor Internal Sebagai Penentu Niat Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.24912/jmieb.v1i2.895

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2).

Wijangga, J., & Sanjaya, E. L. (2019). The Relationship between Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial. Journal of Entrepreneur and Entrepreneurship.

Willison, & Rodhiah. (2021). Pengaruh Creativity, Proactive Personality, Dan Entrepreneurial Alertness Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 548-558. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11901

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283.

Yuritanto, & Armansyah. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Stie Pembangunan Tanjungpinang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.426

Zhao, H., Seibert, S. E., & Seibert, S. E. (2005). The Mediating Role of Self-Efficacy in the Development of Entrepreneurial Intentions. Journal of Applied Psychology. https://doi.org/10.1037/0021-9010.90.6.1265