PENGARUH KEPEMIMPINAN AFIRMATIF, ORIENTASI PASAR, DAN INTELIJEN PEMASARAN TERHADAP KINERJA UMKM

Main Article Content

Michael
Rodhiah

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of affirmative leadership, market orientation and marketing intelligence on the performance of MSMEs in North Jakarta. In making decisions in an MSME business there is a problem that the suggestions or input of employees are often not heard by MSME owners. To support this problem, it is necessary to conduct research on the influence of affirmative leadership, market orientation, and marketing intelligence on the performance of MSMEs in North Jakarta. The sample in this study were MSME owners in the culinary field in North Jakarta, namely 80 respondents and the data collection technique used a questionnaire. The sample selection technique used was purposive sampling. The results of this study indicate that affirmative leadership has no significant effect on the performance of MSMEs and the results of research on market orientation and marketing intelligence have a significant and positive influence on the performance of MSMEs.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh kepemimpinan afirmatif, orientasi pasar dan intelijen pemasaran terhadap kinerja UMKM di Jakarta Utara. Dalam pengambilan keputusan dalam sebuah usaha UMKM terdapat masalah saran atau masukan karyawan sering tidak didengar oleh pemilik UMKM. Untuk mendukung untuk membuktikan masalah tersebut maka perlu melakukan penelitian pengaruh kepemimpinan afirmatif, orientasi pasar, dan intelijen pemasaran terhadap kinerja UMKM di Jakarta Utara. Sampel pada penelitian ini adalah pemilik UMKM dibidang kuliner yang berada di daerah Jakarta Utara yaitu 80 responden dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa kepemimpinan affirmative tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM dan hasil penelitian dari orientasi pasar dan intelijen pemasaran memiliki pengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja UMKM.

Article Details

Section
Artikel

References

Alhakimi, W., & Mahmoud, M. (2020). The impact of market orientation on innovativeness: Evidence from Yemeni SMEs. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship.

Alwi, I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Asad, M., Chethiyar, S., & Ali, A. (2020). Total quality management, entrepreneurial orientation, and market orientation: Moderating effect of environment on performance of SMEs. Paradigms; A Research Journal of Commerce, Economics, and Social Sciences, 14(1), 102-108.

Asari, A., Toloh, B. H., & Sangari, J. R. (2018). Pengembangan ekowisata bahari berbasis masyarakat di desa Bahoi, kecamatan Likupang Barat, kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Platak, 6(1), 29-41.

Cacciolatti, L., Donnelly, C., Fearne, A., Ugwushi, I., Yawson, D., & Simmons, G. (2009). Use of supermarket panel data amongst small and medium sized business in the food industry: Academy of Marketing Conference. In Academy of Marketing, Leeds Metropolitan University.

Chinomona, R. (2013), “Business owner’s expertise, employee skills training and business performance: a small business perspective”, Journal of Applied Business Research, Vol. 29 No. 6, pp. 1-14.

Halin, H., Wijaya, H., & Yusilpi, R. (2017). Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver Terhadap Nilai Penjualan Pada Cv. Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2015. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 2(2), 49-56.

Kim, S., Krishna, A., & Plowman, K. D. (2018). Winning in the court of public opinion: Exploring public relations–legal collaboration during organizational crisis. Corporate Communications: An International Journal, 24(1), 96-114.

Mutmainah, I. N. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah). Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Neck, C. P., Houghton, J. D., Sardeshmukh, S. R., Goldsby, M., & Godwin, J. L. (2013). Self-leadership: A cognitive resource for entrepreneurs. Journal of small business & entrepreneurship, 26(5), 463-480.

Ramadhani, N. S. (2018). Analisis Pengaruh Keterampilan Mengajar, Emosi Mahasiswa, Tekanan Akademik dan Perceived Academic Control terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Trenggonowati, D. L. & Kulsum. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia. Journal Industrial Services, 4(1), 48–56.

Wanto, A. H. (2017). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep smart city. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39-43.

Winata, W., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Hubungan Dimensi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis Keluarga Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(4), 707-716.

Wiraguna, E. S. (2022). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Market Intelligence Dan Market Oriented Dengan Specialized Marketing Capabilities Sebagai Mediasi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.