Pengaruh Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Pada Ukm Batik Di Gedung Smesco Jakarta
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of learning orientation and entrepreneurial orientation on the growth of batik SME companies in Smesco Jakarta building. This study uses a reference to the theory of "the theory of growth of the firm" made by Penrose. The subjects used in this study were batik SMEs in Smesco in the Java province. This research is a quantitative research with a descriptive approach and the sample selection technique used is "purposive sampling". The number of samples used was 40 respondents, with 15 West Java batik SMEs, 17 Central Java batik SMEs, and 8 East Java batik SMEs. Then their responses were obtained by distributing online questionnaires with google form which was distributed by sending e-mail. After the data is collected, it is processed with SmartPLS 3 software. The results of this study reveal that learning orientation positively and significantly influences the company's growth and entrepreneurial orientation positively and significantly influences the company's growth in batik SMEs in Smesco Jakarta building
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan terhadap pertumbuhan perusahaan UKM batik di gedung Smesco Jakarta. Penelitian ini menggunakan acuan teori “the theory of the growth of the firm” yang dibuat oleh Penrose. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UKM batik di Smesco pada provinsi Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah “purposive sampling”. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 responden, dengan 15 UKM batik Jawa Barat, 17 UKM batik Jawa Tengah, dan 8 UKM batik Jawa Timur. Kemudian tanggapan mereka didapat dengan cara penyebaran kuesioner online dengan google form yang disebar dengan cara mengirimkan email. Setelah data dikumpulkan maka diolah dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan pada UKM batik di gedung Smesco Jakarta.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
References
Ariyanti, Fiki. (2017, Mei 24). Bos BCA: Banyak pengusaha kaya jatuh miskin akibat krisis
Liputan6.com:
Diakses (2018, September 20) dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/2963541/bosbca-banyak-pengusaha-kaya-jatuh-miskin-akibat-krisis-1998.
Wicaksono, Pebrianto Eko. (2016, Februari 28). Bertahan Saat Krisis, UKM Jadi Tulang
Punggung Ekonomi RI. Liputan6.com: Diakses (2018, September 21) dari
https://www.liputan6.com/bisnis/read/2446953/bertahan-saat-krisis-ukm-jadi-tulangpunggung-ekonomi-ri.
Meryana, Ester. (2012, Maret 28). Tiga Hal yang Buat UMKM Tahan Krisis. Jakarta,
Kompas.com: Diakses (2018, September 23) dari
https://megapolitan.kompas.com/read/2012/03/28/11093274/tiga.hal.yang.buat.umkm
.tahan.krisis.
Wolff, J. A., Pett, T. L., and J, K. R. (2015). Small firm growth as a function of both learning
orientation and entrepreneurial orientation. International Journal of Entrepreneurial
Behaviour & Research, 21(5), 709-730.
Lumpkin, G.T. and Dess, G.G. (2001). Linking two dimensions of entrepreneurial orientation
to firm performance: the moderating role of environment and industry life cycle. Journal
of Business Venturing. Vol. 16 No. 5, pp. 429-451.
Viet, Le. (2009). Small firm growth theory and models. A Review: 22nd SEAANZ Annual
Conference. Diakses dari https://researchbank.swinburne.edu.au/file/40498863-25af4bc7-9924-2d0bcf40ece1/1/PDF%20%28Published%20version%29.pdf.
Pitelis, Christos. (2009). Edith penrose’s the theory of the growth of the firm’ fifty years later.
Munich Personal RePEc Archive. Diakses dari http://mpra.ub.uni-muenchen.de/23180/.
Pakes, A., and Ericson, R. (1998). Empirical Implications of Alternative Models of Firm
Dynamics. Journal of Economic Theory, 79(1), 1-45.
Sinkula, J.M., Baker, W.E. and Noordewier, T. (1997). A framework for market-based
organizational learning: linking values, knowledge and behavior. Journal of the Academy
of Marketing Science, 25(4), 305-318.
Wardi, Y., Susanto, P., dan Abdullah, N. L. (2017). Orientasi kewirausahaan pada kinerja usaha
kecil dan menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas
Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Journal of Technology Management, 16(1),
-61.
Hakala, H. (2012). Entrepreneurial and learning orientation: Effects on growth and profitability
in the software sector. Baltic Journal of Management, 8(1), 102-118.
Lin. Chien-Huang, Ching-Huai Peng, and Kao, D. T. (2008). The innovativeness effect of
market orientation and learning orientation on business performance. International
Journal of Manpower, 29 (8), 752-772.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Astika. (2018). Subjek penelitian pada UKM batik di Smesco pada provinsi Jawa Barat, Jawa
Tengah, dan Jawa Timur. Diwawancara pada (2018, Desember 5) di Jalan Jendral Gatot
Subroto Kav. 94, Jakarta 12780.
Soekidjo, Notoatmodjo. (2005). Metodologi penelitian kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : PT.
Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Hock, C. and Ringle, C. M. (2006). Management of multi-purpose stadiums: Importance and
performance measurement of service interfaces. International Journal of Services
Technology and Management, 14(2), 188-207.
Ghozali, Imam dan Latan. (2015). Partial Least Squares: konsep, teknik dan aplikasi
menggunakan SmartPLS 3.0, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro