Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Online Mahasiswa

Main Article Content

Wira Puttananda
Nur Hidayah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan kewirausahaan, kebijakan pemerintah dan media sosial terhadap niat berwirausaha online mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa manajemen FEB UNTAR sebanyak 138 responden. Analisis data menggunakan SEM dengan perangkat lunak Smart PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, kebijakan pemerintah dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha online mahasiswa manajemen FEB UNTAR.


This study aims to determine the influence of entrepreneurship education, government policies and social media on students' online entrepreneurial intentions. The data analysis method used is quantitative data analysis. The sample selection technique used in this study is non-probability sampling, namely the purposive sampling method. The sample used was 138 respondents from FEB UNTAR management students. Data analysis used SEM with Smart PLS software. The results of this study indicate that entrepreneurship education, government policies and social media have a positive and significant effect on the online entrepreneurial intentions of FEB UNTAR management students.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wira Puttananda, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Abdelfattah, F., Halbusi, H. A., & Al-Brwani, R. M. (2022). Influence of self-perceived creativity and social media use in predicting E-entrepreneurial intention. International Journal of Innovation Studies, 6(3), 119-127. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2022.04.003

Abegaz, M. B., Debela, K. L., & Hundie, R. M. (2023). The effect of govarnance on entrepreneurship: from all income economies perspective. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1), 1-18.

Adu, I. N., Boakye, K. O., Suleman, A. R., & Bingab, B. B. (2020). Exploring the factors that mediate the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial intentions among undergraduate students in Ghana. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 14(2), 215-228. https://doi.org/10.1108/APJIE-07-2019-0052

Agusni, D. Y., & Nuringsih, K. (2024). Efek pendidikan kewirausahaan dan media sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa manajemen UNTAR. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(3), 762-769. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i3.31609

Aisyah, S., Rahmani, N. A., & Hasibuan, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Muslim. Journal on Education, 05(04), 11740-11757.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Akter, S., D'Ambra, J., & Ray, P. (2011). An Evaluation of PLS Based Complex Models: The Roles of Power Analysis, Predictive Relevance and GOF Index. AMCIS 2011 Proceedings.

Alammari, K., Newberry, R., Haddoud, M. Y., & Beaumont, E. (2019). Post-materialistic values and entrepreneurial intention - the case of Saudi Arabia. Journal of Small Business and Enterprise Development, 26(1), 158-179.

Asari, A., Astuti, T. W., Saleh, M. S., Purba, S., Rachmatiyah, Fariati, W. T., Hendarsyah, D., Arifin, Nova, M., & Fakhri, N., & Anna, N. E. V. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Bacigalupo, M., Kampylis, P., Punie, Y., & Brande, L. V. (2016). The Entrepreneurship Competence Framework. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

Badan Pusat Statistik. (2024, August 2). Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan tingkat pendidikan. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan locus of control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7424

Bustan, J. (2014). Pengaruh prestasi, locus of control, resiko, toleransi ambiguitas, percaya diri, dan inovasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Orasi Bisnis, XI, 60-67.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295-336.

Farooq, M. S., Salam, M., Rehman, S., Fayolle, A., Jaafar, N., & Ayupp, K. (2018). Impact of support from social from social network on entrepreneurial intention of fresh business graduates: A structural equation modelling approach. Education and Training, 60(4), 335-353.

Google, Termasek, Bain & Company. (2023). e-Conomy SEA 2023. Singapore: Termasek.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2013). Multivariate Data Analysis. Harlow: Pearson.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. The Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139-151.

Igirisa, I. (2022). Kebijakan Publik: Suatu Tinjauan Teoritis dan Empiris. Yogyakarta: Penerbit Tanah Air Beta.

Katadata. (2023, Desember 18). Mayoritas Wirausaha Indonesia Lulusan SD. Diakses pada tanggal September 23, 2024 dari KataData: https://databoks.katadata.co.id/ketenagakerjaan/statistik/039f3a910b9bbdd/mayoritas-wirausaha-indonesia-lulusan-sd.

Kintoko, Rahmawati, N. D., & Saputra, R. K. (2023). Kewirausahaan. Yogyakarta: UPY Press.

Kong, F., Zhao, L., & Tsai, C. H. (2020). The relationship between entrepreneurial intention and action: the effects of fear failure and role model. Frotiers in Psychology, 11(229), 1-9.

Kusumadewi, A. N., & Fitriani, H. N. (2020). Implementasi Jiwa Wirausaha dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Purwakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 87-94.

Le, Q. H., & Loan, N. T. (2022). Role of entrepreneurial competence, entrepreneurial education, family support and entrepreneurship policy in forming entrepreneurial intention and entrepreneurial decision. Pakistan Journal of Commerce and Social Science, 16(1), 204-221.

Li, S., Bu, Y., Zhang, Z., & Huang, Y. (2024). Digital entrepreneurship intention and digital entrepreneurship behaviour: the mediating role of managing learning and entrepreneurship education. Education + Training, 66(2/3), 195-212.

Mala, I. K., Pratikto, H., & Winarno, A. (2019). The Effect Of Family Environment, Entrepreneurship Education And Self-Efficacy On Entrepreneurial Intention In Pondok Pesantren At Throughout Malang, Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 20(5), 112-119.

Meutia, I. F. (2017). Analisis kebijakan publik. Bandar Lampung: AURA.

Paliwal, M., Rajak, B. K., Kumar, V., & Singh, S. (2022). Assessing the role of creativity and motivation to measure entrepreneurial education and entrepreneurial intention. International Journal of Educational Management, 36(5), 854-874.

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(1), 35-46.

Prihantoro, W. S., & Hadi, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 705-717.

Putri, A. A., & Handoyo, S. E. (2024). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, dukungan sosial dan locus of control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(3), 665-662. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i3.31598

Rukmana, A. Y., Priyana, Y., Rahayu, M., Jaelani, E., & Manik, D. E. (2023). Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Ekosistem Kewirausahaan: Studi Kasus Inkubator Bisnis di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 216-225.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business Seventh Edition. Chicester: John Wiley & Sons Ltd.

Suparno, Suwatno, Saptono, A., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors Influencing Students' Intention to Establish a Digital Business (Start-up). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(8), 73-91.

Surokim. (2017). Internet, Media Sosial & Perubahan Sosial di Madura. Bangkalan: Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura.

Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 74-79.

Wijaya, F., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, pengambilan resiko, dan efikasi diri terhadap niat berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 348-357. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18230

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Lotus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283.